Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis blog ini

Sabtu, 02 April 2011

Why art Education is Important (video)

Why Art Education Is Important


Umumnya pemerintah dan institusi menganggap bahwa jika para pengajar telah melakukan sebuah prosedur (metode, aturan, dan prinsip pembelajaran), pendidikan itu akan terlaksana dengan baik, padahal pendidikan adalah sebuah aksi (action) manusia (pelaku) yang bermutu di lapangan, berdasarkan waktu dan situasi yang berlainan. Aspek prosedur itu memang penting dan akan lebih bermakna jika hal-hal yang terkait dengan materi pembelajaran itu dikuasai oleh pelakunya. Pelaksanaan pendidikan di tingkat dasar dan menengah dilaksanakan enam hari, sedangkan di tingkat pendidikan tinggi mahasiswa hanya belajar sampai hari Jumat. Bagaimana calon guru atau calon dosen dapat menguasai materi kuliah jika hari sabtu dan minggu hanya untuk berleha-leha. Maksud pemerintah mungkin untuk mengurangi biaya operasional seperti biaya listrik dan sebagainya.




Di luar itu semua, ternyata peringkat pendidikan Indonesia menurun dari indek 65 ke-69. Indeks pembangunan pendidikan untuk semua atau education for all di Indonesia menurun. Jika pada 2010 lalu Indonesia berada di peringkat 65, tahun ini merosot ke peringkat 69. Berdasarkan data dalam Education For All (EFA) Global Monitoring Report 2011: The Hidden Crisis, Armed Conflict and Education yang dikeluarkan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) yang diluncurkan di New York, Senin (1/3/2011) waktu setempat, indeks pembangunan pendidikan atau education development index (EDI) berdasarkan data tahun 2008 adalah 0,934. Nilai itu menempatkan Indonesia di posisi ke-69 dari 127 negara di dunia (http://edukasi.kompas.com/read/2011/03/02/18555569/Indeks.Pendidikan.Indonesia.Menurun)
Ada teori yang mengatakan bahwa Indonesia memiliki  kebudayaan yang besar yang berbeda dengan kebudayaan Barat.  Jadi tidak heran jika pendidikan seni di Indonesia digandeng dengan budaya, yang penuh dengan aturan lokal dan disebut dengan pendidikan Seni dan Budaya ? Apakah pandangan seperti ini tidak akan mereduksi  materi pendidikan seni yang sebenarnya sudah standar di mancanegara ?
 
Ada pula pendapat bahwa pendidikan budaya seharusnya digandeng dengan pariwisata, sebab konflik dan apresiasi budaya ada pada core ini. Sedangkan pendidikan seni digandeng dengan teknologi dan sains, baru pas, atau implisit ada di dalamnya.

Sekarang ini di Indonesia akan bermunculan ahli seni dan budaya sebab ada penjurusan di S2 di bidang ini, dan dapatkah dijamin mereka yang akan memajukan industri seni sebagai ujung tombak modal industri masa depan Indonesia?  Wallaualam. Sebab pendidikan seni masih tersisih jauh dari perhatian ketimbang matematik, bahasa dan lainnya.

Dapat diramalkan konflik dua pandangan tentang pentingnya guru menguasai materi ajar dengan guru yang menguasai proses pembelajaran akan berlanjut terus, akibat dualisme pandangan ini yang menjadi korban adalah generasi penerus.

Pada entri ini Anda dapat melihat dan mempelajari beberapa video tentang paradigma baru dalam dunia pendidikan, pentingnya pendidikan kreatif, dan pentingnya pendidikan seni bagi dunia pendidikan secara umum. Video-video ini cukup banyak jumlahnya namun, yang dimuat pada entri ini adalah beberapa contoh saja. Informasi ini ada yang berasal dari pemikir dan penulis dari dalam negeri dan juga dari mancanegara. Silahkan Anda untuk menikmatinya.

A. EDUCATION AND CREATIVITY
For ARTE 342 Song by the Verve "Bittersweet Symphony" Don't own the music, it belongs to its respective company
57 Permainan Kreatif untuk Mencerdaskan Anak memberikan alternatif pendidikan bagi anak usia 2-5 tahun di rumah. Dengan hanya memanfaatkan barang sederhana yang ada di sekitar rumah, para orang tua dapat bermain bersama anak dengan mudah, murah , dan meriah. Tentu saja tidak hanya itu, Anda juga dapat meningkatkan kemampuan visual-spasial, verbal-language, berhitung, kinestetik, dan komunikasi interpersonal anak Anda.Lalu dengan seringnya orang tua bermain bersama anak, diharapkan juga dapat memberikan hasil positif bagi tumbuh kembang anak, membuat hubungan keduanya semakin hangat, dan mampu mengenal kemampuan serta bakat anak sejak dini.Buku ini dilengkapi video permainan yang inspiratif guna memandu orang tua dan anak ketika bermain. Judul : 57 Permainan Kreatif untuk Mencerdaskan Anak Penulis : Umi Kayvan Tebal : XII + 144 hlm Ukuran : 15 x 23 cm ISBN : 979-794-174-4 Harga : Rp39.500,- Orang tua pasti menginginkan anaknya pintar dan kreatif. Namun, bagaimanakah cara mewujudkannya? Salah satunya bisa melalui permaian
(Beberapa video ini adalah kiriman Prof.Dr. Agus Sachari, M.Sn, dari ITB)
Child's creativity is enormous, but what's the boundary? What about rules?
B. LEARNING AND EDUCATION 

TEKNOLOGI DAN INOVASI DALAM PENDIDIKANhttp://www.youtube.com/watch?v=FKI570Tfe4o
Potret Buram Dunia Pendidikan
http://www.youtube.com/watch?v=v5c0hxIvsMk&feature=related

Mirip dengan kisah Laskar Pelangi. Hanya saja ini bukan cerita lama, namun masih dan sedang terjadi. Jadi bagaimana mau mimpi jadi bangsa yang besar, dan menantang globalisasi kalau dunia pendidikan kita tidak pernah diurus dengan baik (Agus Sachari)
Contoh Video Guru Mengajar Solohttp://www.youtube.com/watch?v=FrAN8SVj3hw&feature=related
Pengajaran solo ini mengimplementasikan RPP Pembelajaran Aktif dengan Satu Komputer di Kelas. Mata pelajaran yang disampaikan adalah Sains kelas 4. Model pembelajaran yang digunakan mengadaptasi model Stasiun Berangkai. Di mana komputer dimanfaatkan sebagai stasiun kerja siswa di salah satu stasiun (Agus Sachari)
It is an initiative taken by Sarva Shiksha Abhiyan, Chennai. This is an approach of teaching where individual engagement and group disussion are followed by summarization of the subject through Mind Maps. This initiative has been the result of the inputs fro
Welcome to the LSIS YouTube video site. This Video shows how the Teaching and Learning Programme promotes active learning approaches, and shows how the programme resources can help. Education establishments can download resources from the Teaching and Learning Programme repository on the Excellen
Changing Education Paradigm Sir Ken Robinson
This animate was adapted from a talk given at the RSA by Sir Ken Robinson, world-renowned education and creativity expert and recipient of the RSA's Benjamin Franklin award. For more information on Sir Ken's work
This animate was adapted from a talk given at the RSA by Sir Ken Robinson, world-renowned education and creativity expert and recipient of the RSA's Benjamin Franklin award. For more information on Sir Ken's work visit
http://www.youtube.com/watch?v=DUcMFg2tAOQ&feature=related
Think out of the Box! An example of thinking out of the box. Marketing and advertising example video. Be creative - think out of the box.

Sering dilihat, yang lain mungkin penting