Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis blog ini

Kamis, 11 April 2013

Pergeseran Kriteria Desain, pada Desain Komunikasi Visual


Oleh Nasbahry Couto
(Revisi February 2014)


(sumber Google, 2013)


Dalam bidang desain banyak hal yang telah ditemukan dan diteliti, penemuan-penemuan di bidang desain itu kemudian di bukukan, dan tidak jarang dijadikan standarisasi desain
Seorang desainer dalam mendesain, tidak perlu meneliti hal yang sama, hal ini akan membuang waktu dan dana. Umumnya data desain diperlukan untuk menyusun konsep dan kriteria desain, dan pertimbangan desain. 
Seorang mahasiswa desain dapat menggunakan data standar itu untuk dipakai dalam mendesain. Misalnya di bidang arsitektur, Neufert (Ernst Neufert dan Peter Neufert) meneliti ukuran-ukuran untuk bangunan dan engineering, kemudian mengarang buku "Neufert Architects' Data." dibidang engineering terdapat standar-standar dan satuan ukuran yang berlaku sama untuk benda yang sama, misalnya ukuran pipa, ukuran baut dsb. Julius Panero meneliti tubuh manusia/ antropometri dan aplikasinya untuk benda dan ruang, mengarang buku tentang Human Dimension & Interior Space (1979). Umumnya data ini berisi data fisik dan elemen desain.Data-data desain dalam buku ini kemudian dipakai bukan hanya untuk arsitektur dan interior tetapi juga oleh berbagai bidang-bidang desain lainnya termasuk DKV. Misalnya untuk mendesain label pajangan (merchandising design), data-data desain dari Panero ini secara tidak langsung bermanfaat untuk desainer DKV sebagai kriteria desain.

Baca selengkapnya> (Pdf)

Sering dilihat, yang lain mungkin penting