A. Etimologi Kata Komunikasi
Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”), secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.
Komunikasi secara terminologis merujuk pada
adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang
lain. Jadi dalam pengertian ini yang terlibat dalam komunikasi adalah
manusia. Ruben dan Steward(1998:16) menegaskan komunikasi manusia sebagai
berikut ini.
Human communication is the process through
which individuals –in relationships, group, organizations and societies—respond
to and create messages to adapt to the environment and one another.
Komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan. Melibatkan kelompok, organisasi dan masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain. Effendy(1994:10) menjelaskan bahwa para peminat komunikasi sering kali mengutip paradigma yang dikemukakan oleh Harold Lasswell dalam karyanya, The Structure and Function of Communication in Society. Lasswell mengatakan bahwa cara yang baik untuk untuk menjelaskan komunikasi ialah dengan menjawab pertanyaan sebagai berikut: " Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect?". Ringkasnya, Lasswell menunjukkan bahwa komunikasi meliputi lima unsur sebagai jawaban dari pertanyaan yang diajukannya yaitu berikut ini.
1.
Komunikator, sumber (siapa yang mengatakan?)
2.
Pesan, message (mengatakan apa?)
3.
Media, channel (melalui saluran/media
apa?)
4.
Komunikan, receiver (kepada siapa?)
5.
Efek (apa efeknya?) proses pembacaan/pengartian.
• Sumber atau Source adalah orang atau kelompok orang pengirim pesan (massage).Sebagai contoh, dalam konteks komunikasi visual, sumber adalah seniman, arsitek, atau perancang. Yang termasuk kategori sumber lainnya adalah owner atau pemilik desain, yang kedua steakholder atau sponsor terhadap proyek desain. Dalam kampanye capres Jokowi adalah ownner , dia menentukan apa pesan yang boleh dan tidak boleh dibuat oleh desainer dalam kampanye capres. Sedangkan relawan pendukungnya dapat disebut steakholder. Gagasan sumber (source) umumnya berasal dari faktor
eksternal seperti nilai-nilai budaya, kreativitas, pengetahuan, pendidikan,
sikap, kemahiran menanda visual, dan asosiasi-asosiasinya dari source.
• Message atau Pesan adalah statemen yang diinginkan, gagasan, atau komunikasi perasaan. Umumnya yang dirancang oleh desainer adalah pesan melalui medium tertentu. Misalnya ada jenis desain pesan yang berbentuk iklan, desain pesan instruksi, desain pesan grafis, desain pesan informasi seperti WEB dan sebagainya.
• Encoder adalah cara pesan dibuat atau di desain. hasilnya adalah gambaran fisik atau bentuk dari penggunaan pesan tunggal, atau dalam kombinasinya dari, bahasa
lisan atau bahasa visual terdiri atas tanda, lambang, terminologi dan definisi,
struktur atau sintaksis, dan seterusnya. Pesan yang visual dapat terdiri
dari lambang, merek dagang, foto, ilustrasi, gambaran kreatif, object, produk,
lingkungan, dan seterusnya
• Saluran/ Channel. Saluran adalah cara/gaya pesan
dikirim kepada penerima (receiver), dengan kata lain (rasa, bau, penampakan,
sentuhan, atau pendengaran) hal ini diungkap melalui media dan material
(cetakan, film, televisi, buku, surat kabar, dan seterusnya).
. Decoder, decoding adalah cara pesan dibaca, hal ini tergantung konteks, seperti waktu, tempat, lamanya pesan dibaca, jenis pembaca dan sebagainya. Misalnya bilboard di pinggir jalan dibaca dan ditafsirkan hanya dalam waktu sekejap oleh pengendara mobil.
. Decoder, decoding adalah cara pesan dibaca, hal ini tergantung konteks, seperti waktu, tempat, lamanya pesan dibaca, jenis pembaca dan sebagainya. Misalnya bilboard di pinggir jalan dibaca dan ditafsirkan hanya dalam waktu sekejap oleh pengendara mobil.
• Receiver. Orang atau kelompok para orang
buat siapa pesan dimaksudkan dikenal sebagai penerima itu. Sebagai contoh,
penerima suatu komunikasi visual bisa jadilah suatu pendengar umum yang
mencakup berbagai orang-orang, atau suatu kelompok yang lebih spesifik dengan
karakteristik pengetahuan umum dan. Penerima, seperti sumber, dipengaruhi oleh
faktor eksternal seperti nilai-nilai budaya, kreativitas, pengetahuan,
pendidikan, sikapnya, kiat dalam memecahkan kode/ tanda, dan
asosiasi-asosiasinya.
Dapat disimpulkan bahwa proses komunikasi
adalah adanya komunikator membentuk (encode) pesan dan
menyampaikannya melalui suatu saluran tertentu kepada pihak penerima yang
menimbulkan efek tertentu.
Komunikasi, adalah suatu proses berbagi
gagasan, informasi, dan pesan dengan (orang) lain pada waktu dan tempat tertentu. Kegiatan tulis-menulis
dan berbicara (komunikasi verbal) termasuk
bidang Komunikasi, seperti halnya komunikasi
nonverbal (ekspresi wajah, bahasa tubuh, atau isyarat tubuh), atau komunikasi visual seperti penggunaan gambar atau menggambar, seperti
lukisan, fotografi, video, atau film), dan komunikasi elektronik (percakapan
telepon, pos elektronik, televisi kabel, atau siaran satelit).Komunikasi adalah
suatu bagian penting dari kehidupan
pribadi dan juga penting dalam bidang bisnis
dan pendidikan, dan dalam menghadapi
berbagai situasi dengan orang lain.
Sebagai contoh, kegiatan bisnis terkait dengan
komunikasi dengan beberapa cara. Misalnya,
beberapa kegiatan bisnis membangun dan menginstal peralatan komunikasi, seperti
fax (facsmile) mesin, kamera video,
CD Players, mesin cetak, komputer pribadi, dan telepon. Lain perusahaan
menciptakan sebagian dari pesan atau isi pesan yang berkaitan dengan teknologi
seperti gambar hidup (movies), buku,
dan perangkat lunaknya (sofware komputer).Berbagai
perusahaan kemudian berkembang menjadi bagian dari media atau industri
telekomunikasi. Hal ini memperlihatkan pentingnya mengorganisir komunikasi pada
tiap bidang bisnis. Dalam organisasi, manusia membutuhkan pengkomunikasian dan
pengkoordinasian pekerjaan mereka dan kebutuhan untuk memberi informasi kepada orang lain di
luar kegiatan bisnisnya; misalnya tentang produk dan jasa yang mereka
lakukan. Beberapa bentuk kegiatan komunikasi ini ada yang disebut pengiklanan dan atau humas.
1. Asal-Usul Komunikasi
Berabad lamanya, metoda komunikasi antar dua
orang telah dikembangkan di beberapa negara, melalui bahasa ekspresi/ungkapan. Pengembangan
ungkapan berkomunikasi, terlihat dalam berbagai bentuk bahasa isyarat dan semua
kebutuhan berbahasa. Perkembangan komunikasi itu dipercaya sesuai dengan tahap evolusi
manusia sampai ke bentuk manusia moderen ini.
2. Komunikasi Antar Binatang
Manusia bukanlah satu-satunya makhluk yang
membutuhkan komunikasi; banyak makhluk lain seperti binatang, berkomunikasi
melalui saling tukar isyarat dan tanda untuk membantu mereka untuk menemukan
makanan, berpindah tempat, atau untuk bereproduksi. Pada abad ke 19 Ahli ilmu
biologi Charles Darwin menunjukkan bahwa kemampuan jenis binatang untuk menukar
informasi atau isyarat di lingkungannya adalah suatu faktor penting dalam teori
biologi, terutama untuk mempertahankan hidup. Misalnya, lebah madu menari dalam
pola yang spesifik sebagi cara untuk menjelaskan kepada lebah madu lainnya
tentang dimana dapat ditemukan makanan.
Serangga secara teratur menggunakan bau-bauan
dan atau semacam hormon khusus untuk
menarik pasangannya. Gajah berteriak dengan nada yang sangat rendah dan di bawah
daya tangkap pendengaran manusia untuk
memanggil anggota kelompoknya, dalam radius yang bermil-mil jauhnya.
Simpanse menggunakan guratan ekspresi dan bahasa tubuh untuk menyatakan
kekuasaan atau kasih sayang antar satu dengan lainnya. Ikan paus dan Dolfin menyuarakan
suara klik, memekik, atau bernyanyi untuk menukar informasi tentang pemberian
makan dan migrasi, dan atau memberitahu tentang lokasi antara satu dengan
lainnya.
3.Bahasa
Manusia
Jika binatang menggunakan isyarat atau bunyi
untuk berkomunikasi. Manusia, lebih jauh lagi sudah mengembangkan sistem bahasa
yang kompleks untuk digunakan dalam perjuangan hidupnya. Misalnya untuk
menyatakan gagasan, emosi, dan untuk menceritakan kisah dan catatan masa lalu,
untuk berunding satu sama lainnya.
Percakapan bahasa lisan memiliki kekhasan pada tiap masyarakat manusia atau
kebudayaan tertentu.
Ahli antropologi
yang mempelajari kebudayaan masa lampau mempunyai beberapa teori tentang
bagaimana awal manusia mulai berbahasa dan mengembangkannya. Sistem bahasa
manusia yang paling awal yang mungkin adalah melalui kombinasi suara; yang
berkenaan dengan suara, isyarat tangan atau isyarat badan untuk menyatakan
suatu pesan (massage).
Beberapa kata yang diucapkan mungkin tiruan
bunyi alami. Lainnya mungkin berupa ungkapan emosi, seperti suara ketawa atau
tangis. Bahasa, menurut beberapa teori ahli bahasa, adalah suatu perkembangan
aktivitas kelompok manusia, seperti bekerja atau menari bersama.
Lebih 6000 bahasa dan berbagai dialek utama
dipakai pada percakapan di dunia pada hari ini. Beberapa bahasa, dapat tumbuh,
dan dapat hilang lenyap atau tak dipakai
lagi. Pertumbuhan bahasa juga meningkat dan berubah sejalan dengan adanya
kelas-kelas sosial, jenis kelamin, profesi, kelompok umur, dan lain-lain
kekuatan dalam masyarakat. Bahasa Latin misalnya dulu dipakai, sekarang tidak
lagi menjadi bahasa percakapan namun survive dalam bentuk bahasa tulis/ ilmiah.
Bahasa Ibrani adalah suatu bahasa masa lampau yang akhirnya lenyap, tetapi
sekarang berubah dalam bentuk lain dalam bahasa percakapan hari ini.[2]
4. Lambang dan Abjad
Kebanyakan bahasa juga mempunyai suatu bentuk
tertulis. Arsip tulisan dengan bahasa yang paling tua diperkirakan sekitar 5000
tahun usianya. Bagaimanapun juga, bahasa komunikasi tertulis pada awalnya
banyak berbentuk gambar atau tanda yang dibuat untuk menandai adanya informasi
penuh makna tentang dunia mereka. Gambaran visual yang diciptakan paling awal
ditemukan dalam bentuk lukisan beruang, gajah purba (mammonth),
badak berbulu, dan binatang lainnya di jaman
Es pada dinding gua dekat Avignon, Perancis. Lukisan ini dibuat
kira-kira 30,000 tahun yang lalu. Gambar
binatang paling tua yang terkenal adalah gambar seekor kuda di atas gading
gajah purba atau mammotht yang usianya
kira-kira 30,000 tahun SM dan ditemukan di kawasan Vogelhard sekarang
ini di Negara Jerman. Gambar lain pada
masa lampau adalah rekaman sistem
lambang. Sebagai contoh, suatu sistem tanda yang berumur 30,000 di Cro-Magnon
di Perancis, sebagai suatu tanda peringatan pada tulang; sistem tanta ini
diukir dalam bentuk rangkaian 29 tanda; beberapa peneliti percaya tanda ini
adalah berhubungan dengan sistem tanda peringatan penanggalan pada saat itu.
Suatu potongan rusa kutub Antler kira-kira
15,000 tahun usia juga ditemukan di Perancis, diukir/ digambarkan antara gambar
binatang dan tanda "hitungan". Pada masyarakat Inca di Negara Peru,
yang hidup antara pada abad 11 sd ke 15, menggunakan suatu sistem tanda simpul
yang diwarnai dan diikat yang disebut Quipu, untuk mengkomunikasikan jumlah
populasi, mencatat jumlah makanan dan produksi tambang emas saat itu.
Barangkali tanda yang paling awal dipakai untuk menulis adalah suatu sistem
tanda hitungan tanah liat digunakan di Timur Tengah pada masa lampau. Tanda ini
dibuat sekitar 8000- 3000 BC dalam bentuk lingkaran, kerucut, lapisan dan
bentuk-bentuk lainnya. Tulisan ini ditulis pada lempengan tanah liat dan
ditorehkan dalam bentuk tulisan paku(Cuneiform), dan ini adalah salah satu
bentuk awal tulisan dalam bentuk tanda.
Tulisan paku (Cuneiform) dan juga pictografi
(huruf-gambar) adalah salah satu dari bentuk tulisan pertama dengan bahasa
lambang yang mewakili objek-objek yang diwakilinya. Salah satu bentuk tulisan
awal ini dikembangkan di Assyria, dan dikenal sebagai suatu negeri Asia masa
lampau di kawasan Irak sekarang ini, yang berasal dari 3000 sd 1000 SM. Tulisan paku lambat laun
berkembang dan berubah menjadi ideographic,
yaitu lambang yang tidak hanya menghadirkan obyek tetapi juga gagasan dan
sifat-sifat yang berhubungan dengan objek itu (ide).
Contoh gaya script terkenal paling tua adalah
tulisan tentang penanggalan sekitar 3000
BC; yang dibuat pada lembaran daun papyrus (semacam kertas paling awal yang dibuat buat dari daun
alang-alang) dari sekitar 2700 sd 2500 SM
Tulisan ini ditemukan di Delta Sungai Nil, yaitu suatu daerah di Mesir
yang mengembangan tulisan hieroglyphs,
dalam bentuk tulisan
pictographic-ideographic yang lain. Cina mulai mengenal bahasa tulis
pictographic-ideographic barangkali sejak abad ke 15 SM.
Sekarang tulisan Cina juga meliputi
unsur-unsur fonetik (lambang yang menandakan pengucapan kata-kata). Sistem
Penulisan Cina disebut logo-graphic, karakter simbol, masing-masing
menghadirkan suatu kata, ada ratusan simbol yang harus di hafal dalam tulisan Cina. Tulisan berbentuk paku dan Huruf Hieroglyph mesir kuno
berkembang dengan menyatukan unsur-unsur berkenaan ilmu fonetik. Di dalam
sistem suku kata, seperti bahasa Jepang dan Korea, lambang yang tertulis
mewakili bunyi; sesuai dengan suku kata percakapan.
Abjad, ditemukan di daerah Timur Tengah, yang
dibawa oleh orang Phoenicia (orang dari suatu wilayah pada kawasan pantai timur
Laut Tengah ke Yunani, yaitu kawasan yang sekarang meliputi sebagian besar
daerah Lebanon modern sekarang. Abjad ini mewakili bunyi; huruf hidup, atau
vokal yang dituliskan. Karakter Abjad mewakili bunyi; terkait dengan fonetik
dan dapat dikombinasikan dalam berbagai variasi kata tanpa batas. Banyak bahasa
modern, seperti bahasa Inggris, Jerman, Perancis, dan Rusia berasal dari bahasa alfabetis.
Berangkat dari paradigma Lasswell, Effendy
(1994:11-19) membedakan proses komunikasi menjadi dua tahap, yaitu berikut
ini.
1. Proses Komunikasi Primer
Proses
komunikasi secara primer adalah proses penyampaian pikiran dan atau perasaan
seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang (symbol) sebagai
media. Lambang sebagai media primer dalam proses komunikasi adalah pesan verbal
(bahasa), dan pesan nonverbal (kial/gesture, isyarat, gambar, warna, dan
lain sebagainya) yang secara langsung dapat/mampu menerjemahkan pikiran dan
atau perasaan komunikator kepada komunikan.
Seperti
disinggung di muka, komunikasi berlangsung apabila terjadi kesamaan makna dalam
pesan yang diterima oleh komunikan. Dengan kata lain, komunikasi adalah proses membuat pesan yang
setala bagi komunikator dan komunikan. Prosesnya sebagai berikut, pertama-tama
komunikator menyandi (encode) pesan yang akan disampaikan disampaikan
kepada komunikan. Ini berarti komunikator memformulasikan pikiran dan atau
perasaannya ke dalam lambang (bahasa) yang diperkirakan akan dimengerti oleh
komunikan. Kemudian giliran komunikan untuk menterjemahkan (decode)
pesan dari komunikator. Ini berarti ia menafsirkan lambang yang mengandung
pikiran dan atau perasaan komunikator tadi dalam konteks pengertian. Yang
penting dalam proses penyandian (coding) adalah komunikator dapat
menyandi dan komunikan dapat menerjemahkan sandi tersebut (terdapat kesamaan
makna).
Wilbur
Schramm (dalam Effendy, 1994) menyatakan bahwa komunikasi akan berhasil
(terdapat kesamaan makna) apabila pesan yang disampaikan oleh komunikator cocok
dengan kerangka acuan (frame of reference), yakni paduan pengalaman dan
pengertian (collection of experiences and meanings) yang diperoleh oleh
komunikan. Schramm menambahkan, bahwa bidang (field of experience) merupakan
faktor penting juga dalam komunikasi. Jika bidang pengalaman komunikator sama
dengan bidang pengalaman komunikan, komunikasi akan berlangsung lancar.
Sebaliknya, bila bidang pengalaman komunikan tidak sama dengan bidang
pengalaman komunikator, akan timbul kesukaran untuk mengerti satu sama lain.
Sebagai contoh seperti yang diungkapkan oleh Sendjaja(1994:33)yakni : Si A
seorang mahasiswa ingin berbincang-bincang mengenai perkembangan valuta asing
dalam kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi. Bagi si A tentunya akan lebih mudah
dan lancar apabila pembicaraan mengenai hal tersebut dilakukan dengan si B yang
juga sama-sama mahasiswa. Seandainya si A tersebut membicarakan hal tersebut
dengan si C, sorang pemuda desa tamatan SD tentunya proses komunikaasi tidak
akan berjalan sebagaimana mestinya seperti yang diharapkan si A. Karena antara
si A dan si C terdapat perbedaan yang menyangkut tingkat pengetahuan,
pengalaman, budaya, orientasi dan mungkin juga kepentingannya.
Contoh
tersebut dapat memberikan gambaran bahwa proses komunikasiakan berjalan baik
atau mudah apabila di antara pelaku (sumber dan penerima) relatif sama. Artinya
apabila kita ingin berkomunikasi dengan baik dengan seseorang, maka kita harsu
mengolah dan menyampaikan pesan dalam bahasa dan cara-cara yang sesuai dengan
tingkat pengetahuan, pengalaman, orientasi dan latar belakang budayanya. Dengan
kata lain komunikator perlu mengenali karakteristik individual, sosial dan
budaya dari komunikan.
2.Proses Komunikasi Sekunder
Proses
komunikasi secara sekunder adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator
kepada komunikan dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua
setelah memakai lambang sebagai media pertama. Seorang komunikator menggunakan
media ke dua dalam menyampaikan komunikasike karena komunikan sebagai sasaran
berada di tempat yang relatif jauh atau jumlahnya banyak. Surat, telepon,
teleks, surat kabar, majalah, radio, televisi, film, dsb adalah media kedua
yang sering digunakan dalam komunikasi. Proses komunikasi secara sekunder itu
menggunakan media yang dapat diklasifikasikansebagai media massa (surat kabar,
televisi, radio, dsb.) dan media nirmassa (telepon, surat, megapon, dsb.).
Deddy
Mulyana (2005:61-69) mengkategorikan definisi-definisi komunikasi dalam tiga
konseptual yaitu berikut ini.
1. Komunikasi Satu
Arah
Suatu
pemahaman komunikasi sebagai penyampaian pesan searah dari seseorang (atau
lembaga) kepada seseorang (sekelompok orang) lainnya, baik secara langsung
(tatap muka) ataupun melalui media, seperti surat (selebaran), surat kabar,
majalah, radio, atau televisi. Pemahaman komunikasi sebagai proses searah
sebenarnya kurang sesuai bila diterapkan pada komunikasi tatapmuka, namun tidak
terlalu keliru bila diterapkan pada komunikasi publik (pidato) yang tidak
melibatkan tanya jawab. Pemahaman komunikasi dalam konsep ini, sebagai definisi
berorientasi-sumber. Definisi seperti ini mengisyaratkan komunikasi semua
kegiatan yang secara sengaja dilakukan seseorang untuk menyampaikan rangsangan
untuk membangkitkan respon orang lain. Dalam konteks ini, komunikasi dianggap
suatu tindakan yang disengaja untuk menyampaikan pesan demi memenuhi
kebutuhan komunikator, seperti menjelaskan sesuatu sesuatu kepada orang lain
atau membujuk untuk melakukan sesuatu.
Beberapa
definisi komunikasi dalam konseptual tindakan satu arah:
- Everet M. Rogers: komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku.
- Gerald R. Miller: komunikasi terjadi ketika suatu sumber menyampaikan suatu pesan kepada penerima dengan niat yang disadari untuk mempengaruhi perilaku penerima.
- Carld R. Miller: komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan (biasanya lambang-lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain (komunkate).
- Theodore M. Newcomb: Setiap tindakan komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi terdiri dari rangsangan yang diskriminatif, dari sumber kepada penerima.
Bentuk yang paling umum dari komunikasi sehari-hari adalah komunikasi interpersonal, face-to-face, pada waktu yang sama dan di tempat yang sama.Hal-Hal paling mendasar bentuk komunikasi antar pribadi adalah bentuk komunikasi diadik ( suatu percakapan antar dua orang). Beberapa diadik dapat dilaksanakan pada suatu periode waktu, seperti di suatu perkawinan atau pada persekutuan.
2. Komunikasi sebagai interaksi
Pandangan
ini menyetarakan komunikasi dengan suatu proses sebab-akibat atau aksi-reaksi,
yang arahnya bergantian. Seseorang menyampaikan pesan, baik verbal atau
nonverbal, seorang penerima bereaksi dengan memberi jawaban verbal atau
nonverbal, kemudian orang pertama bereaksi lagi setelah menerima respon atau
umpan balik dari orang kedua, dan begitu seterusnya.
Contoh
definisi komunikasi dalam konsep ini, Shanon dan Weaver (dalam
Wiryanto, 2004), komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling
mempengaruhi satu sama lain, sengaja atau tidak sengaja dan tidak terbatas pada
bentuk pada bentuk komunikasi verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka,
lukisan, seni, dan teknologi.
3. Komunikasi Sebagai Transaksi
Pandangan
ini menyatakan bahwa komunikasi adalah proses yang dinamis yang secara
sinambungan mengubah phak-pihak yang berkomunikasi. Berdasrkan pandangan ini,
maka orang-orang yang berkomunikasi dianggap sebagai komunikator yang secara
aktif mengirimkan dan menafsirkan pesan. Setiap saat mereka bertukar pesan
verbal dan atau pesan nonverbal.
Beberapa definisi yang sesuai dengan konsep transaksi.
- Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss: Komunikasi adalah proses pembentukan makna di antara dua orang atau lebih.
- Judy C. Pearson dan Paul E. Nelson: Komunikasi adalah proses memahami dan berbagi makna.
- William I. Gordon : Komunikasi adalah suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan.
- Donald Byker dan Loren J. Anderson: Komunikasi adalah berbagi informasi antara dua orang atau lebih.
E. Fungsi Komunikasi
William
I. Gorden (dalam Deddy Mulyana, 2005:5-30) mengkategorikan fungsi komunikasi
menjadi empat, yaitu
1.
Fungsi
Komunikasi Sebagai Komunikasi Sosial
Fungsi komunikasi sebagai komunikasi
sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk
membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk
memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain
lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan hubungan orang
lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga,
kelompok belajar, perguruan tinggi, RT, desa, negara secara keseluruhan)
untuk mencapai tujuan bersama.
- Pembentukan konsep diri. Konsep
diri adalah pandangan kita mengenai diri kita, dan itu hanya bisa kita
peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada
kita. Melalui komunikasi dengan orang lain kita belajar bukan saja
mengenai siapa kita, namun juga bagaimana kita merasakan siapa
kita. Anda mencintai diri anda bila anda telah dicintai; anda
berpikir anda cerdas bila orang-orang sekitar anda menganggap anda cerdas;
anda merasa tampan atau cantik bila orang-orang sekitar anda juga
mengatakan demikian. George Herbert Mead (dalam Jalaluddin Rakhmat, 1994)
mengistilahkansignificant others (orang lain yang sangat
penting) untuk orang-orang disekitar kita yang mempunyai peranan penting
dalam membentuk konsep diri kita. Ketika kita masih kecil, mereka adalah
orang tua kita, saudara-saudara kita, dan orang yang tinggal satu rumah
dengan kita. Richard Dewey dan W.J. Humber (1966) menamai affective
others, untuk orang lain yang dengan mereka kita mempunyai ikatan
emosional. Dari merekalah, secara perlahan-lahan kita membentuk
konsep diri kita. Selain itu, terdapat apa yang disebut dengan reference
group (kelompok rujukan) yaitu kelompok yang secara emosional mengikat
kita, dan berpengaruh terhadap pembentukan konsep diri kita. Dengan
melihat ini, orang mengarahkan perilakunya dan menyesuaikan dirinya dengan
ciri-ciri kelompoknya. Kalau anda memilih kelompok rujukan anda
Ikatan Dokter Indonesia, anda menjadikan norma-norma dalam Ikatan ini
sebagai ukuran perilaku anda. Anda juga meras diri sebagai bagian dari
kelompok ini, lengkap dengan sifat-sifat doketer menurut persepsi anda.
- Pernyataan eksistensi diri. Orang
berkomunikasi untuk menunjukkan dirinya eksis. Inilah yang disebut
aktualisasi diri atau lebih tepat lagi pernyataan eksistensi diri. Fungsi
komunikasi sebagai eksistensi diri terlihat jelas misalnya pada penanya
dalam sebuah seminar. Meskipun mereka sudah diperingatkan moderator untuk
berbicara singkat dan langsung ke pokok masalah, penanya atau komentator
itu sering berbicara panjang lebarm mengkuliahi hadirin, dengan
argumen-argumen yang terkadang tidak relevan.
- Untuk kelangsungan hidup,
memupuk hubungan, dan memperoleh kebahagiaan. Sejak lahir, kita tidak
dapat hidup sendiri untuk mempertahankan hidup. Kita perlu dan harus
berkomunikasi dengan orang lain, untuk memenuhi kebutuhan biologis kita
seperti makan dan minum, dan memnuhi kebutuhan psikologis kita seperti
sukses dan kebahagiaan. Para psikolog berpendapat, kebutuhan utama kita
sebagai manusia, dan untuk menjadi manusia yang sehat secara rohaniah,
adalah kebutuhan akan hubungan sosial yang ramah, yang hanya bisa
terpenuhi dengan membina hubungan yang baik dengan orang lain. Abraham
Moslow menyebutkan bahwa manusia punya lima kebutuhan dasar: kebutuhan
fisiologis, keamanan, kebutuhan sosial, penghargaan diri, dan aktualisasi
diri. Kebutuhan yang lebih dasar harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum
kebuthan yang lebih tinggi diupayakan. Kita mungkin sudah mampu kebuthan
fisiologis dan keamanan untuk bertahan hidup. Kini kita ingin memenuhi
kebutuhan sosial, penghargaan diri, dan aktualisasi diri. Kebutuhan ketiga
dan keempat khususnya meliputi keinginan untuk memperoleh rasa lewat rasa
memiliki dan dimiliki, pergaulan, rasa diterima, memberi dan menerima
persahabatan. Komunikasi akan sangat dibutuhkan untuk memperoleh dan
memberi informasi yang dibutuhkan, untuk membujuk atau mempengaruhi orang
lain, mempertimbangkan solusi alternatif atas masalah kemudian mengambil
keputusan, dan tujuan-tujuan sosial serta hiburan.
2. Fungsi Komunikasi Sebagai Komunikasi
Ekspresif
Komunikasi
berfungsi untuk menyampaikan perasaan-perasaan (emosi) kita. Perasaan-perasaan
tersebut terutama dikomunikasikan melalui pesan-pesan nonverbal. Perasaan
sayang, peduli, rindu, simpati, gembira, sedih, takut, prihatin, marah dan
benci dapat disampaikan lewat kata-kata, namun bisa disampaikan secara lebih
ekpresif lewat perilaku nonverbal. Seorang ibu menunjukkan kasih sayangnya
dengan membelai kepala anaknya. Orang dapat menyalurkan kemarahannya dengan
mengumpat, mengepalkan tangan seraya melototkan matanya, mahasiswa memprotes
kebijakan penguasa negara atau penguasa kampus dengan melakukan demontrasi.
3. Fungsi Komunikasi Sebagai Komunikasi
Ritual
Suatu
komunitas sering melakukan upacara-upacara berlainan sepanjang tahun dan
sepanjang hidup, yang disebut para antropolog sebaga rites of passage, mulai
dari upacara kelahiran, sunatan, ulang tahun, pertunangan, siraman, pernikahan,
dan lain-lain. Dalam acara-acara itu orang mengucapkan kata-kata atau
perilaku-perilaku tertentu yang bersifat simbolik. Ritus-ritus lain seperti
berdoa (salat, sembahyang, misa), membaca kitab suci, naik haji, upacara
bendera (termasuk menyanyikan lagu kebangsaan), upacara wisuda, perayaan
lebaran (Idul Fitri) atau Natal, juga adalah komunikasi ritual. Mereka yang
berpartisipasi dalam bentuk komunikasi ritual tersebut menegaskan kembali
komitmen mereka kepada tradisi keluarga, suku,bangsa. Negara, ideologi, atau
agama mereka.
4. Sebagai Komunikasi Instrumental
Komunikasi
instrumental mempunyai beberapa tujuan umum, yaitu: menginformasikan,
mengajar, mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.
Sebagai
instrumen, komunikasi tidak saja kita gunakan untuk menciptakan dan membangun
hubungan, namun juga untuk menghancurkan hubungan tersebut. Studi komunika
membuat kita peka terhadap berbagai strategi yang dapat kita gunakan dalam
komunikasi kita untuk bekerja lebih baik dengan orang lain demi keuntungan
bersama. Komunikasi berfungsi sebagi instrumen untuk mencapai tujuan-tujuan
pribadi dan pekerjaan, baik tujuan jangka pendek ataupun tujuan jangka panjang.
Tujuan jangka pendek misalnya untuk memperoleh pujian, menumbuhkan kesan yang
baik, memperoleh simpati, empati, keuntungan material, ekonomi, dan politik,
yang antara lain dapat diraih dengan pengelolaan kesan (impression
management), yakni taktik-taktik verbal dan nonverbal, seperti
berbicara sopan, mengobral janji, mengenakankan pakaian necis, dan sebagainya
yang pada dasarnya untuk menunjukkan kepada orang lain siapa diri kita seperti
yang kita inginkan.
Sementara
itu, tujuan jangka panjang dapat diraih lewat keahlian komunikasi, misalnya
keahlian berpidato, berunding, berbahasa asing ataupun keahlian menulis. Kedua
tujuan itu (jangka pendek dan panjang) tentu saja saling berkaitan dalam arti
bahwa pengelolaan kesan itu secara kumulatif dapat digunakan untuk mencapai
tujuan jangka panjang berupa keberhasilan dalam karier, misalnya untuk
memperoleh jabatan, kekuasaan, penghormatan sosial, dan kekayaan.
Berkenaan
dengan fungsi komunikasi ini, terdapat beberapa pendapat dari para ilmuwan yang
bila dicermati saling melengkapi. Misal pendapat Onong Effendy (1994), ia
berpendapat fungsi komunikasi adalahmenyampaikan informasi, mendidik,
menghibur, dan mempengaruhi. Sedangkan Harold D Lasswell (dalam Nurudin, 2004
dan Effendy, 1994:27) memaparkan fungsi komunikasi sebagai berikut.
- Penjajagan/pengawasan lingkungan (surveillance of the information) yakni penyingkapan ancaman dan kesempatan yang mempengaruhi nilai masyarakat.
- Menghubungkan bagian-bagian yang terpisahkan dari masyarakat untuk menanggapi lingkungannya .
- Menurunkan warisan sosial dari generasi ke generasi berikutnya.
F. Ragam Tingkatan Komunikasi Atau Konteks-
Beberapa figur penting dapat disebut seperti Noam Chomsky, Herbert Schiller, Ben Bagdikian, C. Wright Mills, dan sebagainya yang pemikiran mereka menyoroti tentang media. Varian dari Tradisi ini adalah :
Kelompok teori-teori dalam tradisi ini cenderung komunikasi sebagai suatu tatanan sosial yang menyangkut kekuasaan dan penindasan. Teori-teori kritis menanggapi permasalahan tentang ideologi, kekuasaan, dan dominasi. Wacana kritis meliputi ideologi, dialektika, penindasan, kebangkitan kesadaran, resistansi, dan emansipasi. Tradisi ini mendorong pendekatan kepada teori yang meliputi mengekalkan kekuasaan diri sendiri, nilai kebebasan antara kemerdekaan dan persamaan, dan pentingnya diskusi.
TUJUAN
KOMUNIKASI
Komunikasi mempunyai dasar sebagai berikut: Niat, Minat, Pandangan, Lekat,
Libat.
Faktor obyektif : merupakan rangsang yang kita terima
Faktor subyektif : merupakan faktor yang menyangkut diri si penerima stimulus
Pandangan, merupakan makna dari informasi yang disampaikan pada sasaran, menafsirkan informasi yang diterima tergantung pada pendidikan, pekerjaan, pengalaman dan kerangka pikir seseorang.
Biasanya menggunakan alat dan mekanisme untuk melipat
gandakan jumlah penerima penerima pesan
(sasaran) ataupun untuk menghadapi hambatan geografis, waktu misalnya menggunakan
radio, buku, dll.
Contoh : seorang gurumenerangkan melalui tulisan di papan tulis tanpa berkata
b.
Komunikasi timbal balik.
a) Hambatan dari pengirim pesan, misalnya pesan yang akan disampaikan belum jelas bagi dirinya atau pengirim pesan, hal ini dipengaruhi oleh perasaan atau situasi emosional.
b) Hambatan dalam penyandian/simbol.Hal ini dapat terjadi karena bahasa yang dipergunakan tidak jelas sehingga mempunyai arti lebih dari satu, simbol yang dipergunakan antara si pengirim dan penerima tidak sama atau bahasa yang dipergunakan terlalu sulit.
c) Hambatan media, adalah hambatan yang terjadi dalam penggunaan media komunikasi, misalnya gangguan suara radio dan aliran listrik sehingga tidak dapat mendengarkan pesan.
d) Hambatan dalam bahasa sandi. Hambatan terjadi dalam menafsirkan sandi oleh si penerima
e) Hambatan dari penerima pesan, misalnya kurangnya perhatian pada saat menerima /mendengarkan pesan, sikap prasangka tanggapan yang keliru dan tidak mencari informasi lebih lanjut.
f) Hambatan dalam memberikan balikan. Balikan yang diberikan tidak menggambarkan apa adanya
2. Hambatan Fisik.Hambatan fisik dapat mengganggu komunikasi yang efektif, cuaca gangguan alat komunikasi, dan lain lain, misalnya: gangguan kesehatan, gangguan alat komunikasi dan sebagainya.
Konteks Komunikasi
Wilayah Pemetaan (Tujuh Tradisi Dalam Teori Komunikasi)
1. Tradisi Cybernetic (Tradisi Sibernetika)
Secara
umum ragam tingkatan komunikasi adalah sebagai berikut.
- Komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) yaitu komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang yang berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera dan sistem syaraf manusia.
- Komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain dengan corak komunikasinya lebih bersifat pribadi dan sampai pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yang memandang pribadi sebagai unik. Dalam komunikasi ini jumlah perilaku yang terlibat pada dasarnya bisa lebih dari dua orang selama pesan atau informasi yang disampaikan bersifat pribadi.
- Komunikasi kelompok (group communication) yaitu
komunikasi yang berlangsung di antara anggota suatu kelompok. Menurut
Michael Burgoon dan Michael Ruffner dalam Sendjaja,(1994) memberi batasan
komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih
individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti
berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua
anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan
akurat.
- Komunikasi organisasi (organization communication) yaitu
pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok
formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005:52).
- Komunikasi massa (mass
communication). Komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai
suatu jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah audien yang
tersebar, heterogen, dan anonim melalui media massa cetak atau elektrolik
sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.
Kemudian Mulyana (2005:74) juga menambahkan konteks komunikasi publik. Pengertian
komunikasi publik adalah komunikasi antara seorang pembicara dengan
sejumlah besar orang (khalayak). Yang tidak bisa dikenali satu persatu.
Komunikasi demikian sering juga disebut pidato, ceramah atau kuliah
(umum). Beberapa pakar komunikasi menggunakan istilah komunikasi kelompok
besar (large group communication) untuk komunikasi.
Prof. Robert Craig dari Komunikasi,
Universitas Colorado berusaha menggambarkan secara teoristis sebuah komunikasi
kedalam bentuk lanskap. Craig beranggapan bahwa teori komunikasi, adalah suatu
disiplin yang praktis yang didasari oleh kehidupan yang nyata dengan masalah
sehari – hari melalui praktek komunikasi. Craig menjelaskan bahwa semua
teori-teori komunikasi yang relevan dengan kehidupan dunia praktis yang umum di
mana komunikasi sudah menjadi istilah yang memiliki banyak makna.
Dia mengidentifikasi tujuh tradisi teori
komunikasi. Beberapa pendekatan yang bersifat aktual, yang biasa digunakan oleh
para peneliti untuk mempelajari pelatihan dan masalah komunikasi. Craig
mengatakan bahwa komunikasi merupakan proses primer menyangkut pengalaman
kehidupan manusia, yaitu bahwa komunikasi membentuk kenyataan. Bagaimana kita
mengkomunikasikan pengalaman kita justru membentuk pengalaman kita. Banyaknya
bentuk pengalaman terbentuk dari banyaknya bentuk komunikasi. Maksud kita pun
berubah dari satu kelompok ke kelompok lainnya, dari satu latar belakang ke
latar belakang lainnya, dari satu periode waktu ke periode waktu lainnya. Hal
tersebut disebabkan oleh karakteristik komunikasi itu sendiri yang bergerak
dinamis.Berikut
adalah tujuh tradisi dalam kajian teori komunikasi menurut Prof. Robert Craig,
antara lain.
Komunikasi sebagai Pengolahan Informasi
b) General System Theory, sistem ini menggunakan prinsip untuk melihat bagaimana sesuatu pada banyak bidang yang berbeda menjadi selaras antara satu dengan yang lain.
c) Second Order Cybernetic, dikembangkan sebagai sebuah alternative dari dua tradisi Cybernetic sebelumnya.
2. The Rhetorical Tradition (Tradisi Retorika)
Teori ini memandang komunikasi sebagai suatu
sistem dimana berbagai elemen yang terdapat di dalamnya saling berinteraksi dan
saling mempengaruhi satu sama lain. Dalam hal ini komunikasi sebagai proses
informasi dan masalah yang banyak dihubungkan dengan keramaian, kelebihan
beban, dan malfungsi. Tradisi ini berkaitan dengan proses pembuatan keputusan.
Sistem ini bersifat terbuka, sehingga perkembangan dan dinamika yang terjadi
dilingkungan akan diproses didalam internal sistem. Sibernetika digunakan dalam
topik-topik tentang diri individu, percakapan, hubungan interpersonal,
kelompok, organisasi, media, budaya dan masyarakat.
Tradisi ini juga nampak paling masuk akal
ketika muncul isu tentang otak dan pikiran, rasionalitas, dan sistem-sistem
kompleks. Teori informasi berada dalam kontek ini. Demikian pula konsep
feedback menjadi penting dalam hal ini. Perkembangannya dapat pula disebut
teori-teori yang dikembangkan dari teori informasi seperti yang dilakukan
Charles Berger untuk komunikasi antar personal dan Guddykunt untuk komunikasi
antar budaya.
Contoh lain adalah proses pembuatan kebijakan
publik oleh lembaga pemerintahan dimana tradisi cybernetic dapat menjelaskan.
Terdapat proses sosialisasi untuk mendapatkan feedback dari publik sebelum
suatu kebijakan ditetapkan secara permanen.
Ilmuan dari MIT, Norbert Wiener
menggunakan kata Cybernet untuk mendiskripsikan bidang intelektual yang
bersifat semu. Tidak bisa dipungkiri tradisi cybernetic yang berangkat dari
Norbert Wiener ini dan dikombinasikan dengan Shannon – Wiever menjadi penting
sebagai salah satu tradisi dalam kajian komunikasi. Beberapa tokoh penting
disini adalah Wiener, Shannon-Weaver, Charles Berger, Guddykunts, Karl Deutch,
dan sebagainya.
Dalam tradisi cybernetic terdapat beberapa
varian, diantaranya:
a) Basic System Theory, ini adalah format dasar. Pendekatan ini melukiskan seperti sebuah struktur yang nyata dan bisa di analisa dan diamati dari luar.b) General System Theory, sistem ini menggunakan prinsip untuk melihat bagaimana sesuatu pada banyak bidang yang berbeda menjadi selaras antara satu dengan yang lain.
c) Second Order Cybernetic, dikembangkan sebagai sebuah alternative dari dua tradisi Cybernetic sebelumnya.
2. The Rhetorical Tradition (Tradisi Retorika)
Komunikasi Sebagai Seni Berbicara di Depan Publik
a) Membenarkan (corrective)
b) Memerintah (instructive)
c) Mendorong (suggestive)
d) Mempertahankan (devensive)
Retorika atau dalam bahasa Inggris rhetoric,
bersumber dari perkataan latinRhetorica yang berarti ilmu bicara.
Cleanth Brooks dan Robert Penn Warren dalam bukunya “Modern Rhetoric”
mendefinisikan retorika sebagai the art of using language effectively atau
seni penggunaan bahasa secara efektif.
Kedua pengertian itu menunjukkan bahwa
retorika mempunyai pengertian sempit: mengenai bicara, dan pengertian luas:
penggunaan bahasa baik lisan maupun tulisan. Oleh karena itu ada sementara
orang yang mengartikan retorika sebagai Public Speaking atau pidato di depan
umum; banyak juga yang beranggapan bahwa retorika bukan saja berarti pidato di
depan umum, tetapi juga termasuk seni menulis.
Salah satu tokoh retorika pada zaman Yunani,
adalah Aristoteles yang sampai kini pendapatnya banyak dikutip. Berlainan
dengan tokoh–tokoh lainnya yang memandang retorika sebagai suatu seni. Aristoteles
memasukkannya sebagai bagian dari filsafat. Dalam bukunya “Retorika” dia
mengatakan: “Anda, para penulis retorika terutama menggelorakan emosi ini
memang baik, tetapi ucapan–ucapan anda lalu tidak dapat dipertanggungjawabkan.
Tujuan retorika yang sebenarnya, adalah membuktikan maksud pembicaraan atau
menampakkan pembuktiannya. Ini terdapat pada logika. Retorika hanya menimbulkan
perasaan pada suatu ketika, kendatipun lebih efektif daripada silogisme.
Pernyataan yang menjadi pokok bagi logika dan juga bagi retorika akan benar,
bila telah di uji oleh dasar-dasar logika”. Demikian Aristoteles, selanjutnya
ia berkata bahwa keindahan bahasa hanya dipergunakan untuk empat hal, yaitu
yang bersifat berikut ini.
b) Memerintah (instructive)
c) Mendorong (suggestive)
d) Mempertahankan (devensive)
Dalam membedakan bagian-bagian struktur
pidato, Aristoteles hanya membaginya menjadi tiga bagian, yakni pendahuluan,
badan,dan kesimpulan. Bagi Aristoteles, retorika adalah the art of persuasion.
Lalu ia mengajarkan bahwa dalam retorika suatu uraian harus singkat, jelas, dan
meyakinkan.
Tradisi retorika memberi perhatian pada aspek
proses pembuatan pesan atau simbol. Prinsip utama disini adalah bagaimana
menggunakan simbol yang tepat dalam menyampaikan maksud. Dalam media berkaitan
dengan proses pembuatan kebijakan keredaksian, merancang program acara,
penentuan grafis. Prinsip bahwa pesan yang tepat akan dapat mencapai maksud
komunikator. Kemampuan dalam merancang pesan yang memadai menjadi perhatian
yang penting dalam kajian komunikasi. Faktor-faktor nilai, ideologi, budaya,
dan sebagainya yang hidup dalam suatu organisasi media atau dalam diri individu
merupakan faktor yang menentukan dalam proses pembuatan pesan. Bahwa pesan
dihasilkan melalui proses yang melibatkan nilai-nilai, kepentingan, pandangan
hidup tertentu dari manusia yang menghasilkan pesan.
Tradisi retorika dapat menjelaskan baik dalam
kontek komunikasi antar personal maupun komunikasi massa. Sepanjang memberi
perhatian terhadap bagaimana proses-proses merancang isi pesan yang memadai
sehingga proses komunikasi dapat berlangsung secara efektif.
Daya tarik logis dan emosional menjadi ciri
khusus teori-teori retorika. Tradisi ini memandang bahwa aktivitas seorang
komunikator diatur oleh seni dan metode. Hal ini didasarkan pada anggapan bahwa
kita itu sangat kuat dan berkuasa. Karena itulah, informasi memang penting
dalam pembuatan keputusan sehingga komunikasi dapat dievaluasi dan diperbaiki.
Adapun varian dari tradisi ini dapat dibagi menajdi beberapa era yaitu berikut ini.
- a) Era klasik, dimana terjadi pertarungan antara dua aliran, yaitu sophis dan filosof yang mana aliran sophis beranggapan bagaimana kita dapat berargumen untuk memenangkan suatu perkara melalui retorika tidak peduli apakah itu benar atau tidak dan berlawanan dengan aliran filosif yang menganggap bahwa Retorika hanya digunakan untuk berdialog untuk mendapatkan kebenaran yang absolute.
- b) Era Abad pertengahan, dimana studi tentang retorika berfokus pada pengaturan gaya, namun retorika pada abad pertengahan dicela sebab dianggap sebagai ilmu kaum penyembah berhala dan tidak perlu dipelajari sebab agama Kristen dapat memperlihatkan kebenarannya sendiri.
- c) Era Renaisan, dimana masa ini dianggap sebagai kelahiran kembali retorika sebagai suatu seni.
- d) Masa Pencerahan, dimana retorika menjadi sarana untuk menyampaikan suatu kebenaran. Hal ini menjadikan retorika kembali menjadi citra yang baik seperti saat ini.
- e) Era Kontemporer, era ini ditandai dengan pemanfaatan media massa untuk menyampaikan suatu pesan baik secara verbal maupun visual pada media massa.
- f) Postmodernisme, dimana aliran ini merupakan alternatif yang dimulai dari asumsi dan nilai- nilai acuan yang berbeda, untuk menghasilkan suatu retorika yang berbeda pula.
3.Tradisi Semiotik, Komunikasi sebagai Proses Pertukaran Simbol
Semiotika (semiotics) berasal dari bahasa
Yunani “semeion”, yang berarti tanda. Tanda-tanda tersebut
menyampaikan suatu informasi sehingga bersifat komunikatif, mampu menggantikan
suatu yang lain (stand for something else) yang dapat dipikirkan atau
dibayangkan (Broadbent, 1980). Ilmu yang mempelajari tentang tanda-tanda atau
kode. Tanda –tanda yang dimaksud, adalah segala sesuatu yang mewakili sesuatu
yang lainnya.
Tradisi ini memfokuskan pada tanda-tanda dan
simbol-simbol. Komunikasi dipandang sebagai sebuah jembatan utama kata-kata
yang bersifat pribadi. Tanda-tanda atau simbol-simbol yang ada mendatangkan
sesuatu yang mungkin dan tidak mungkin dibagi. Tradisi ini memang cocok untuk
memecahkan masalah, kesalahpahaman, dan respon-respon subyektif. Tradisi ini
juga banyak memperdebatkan bahasa yang meliputi tanda, simbol, makna,
referensi, kode, dan pemahaman. Contoh: suhu tubuh yang panas bahwa
tubuh itu terkena infeksi.
Dalam Little John disebut secara lebih rinci
landasan teoritis dari kalangan ahli linguistik seperti Ferdinand de Saussure,
Charles S. Pearce, Noam Chomsky, Benjamin Whorlf, Roland Barthes, dan lainnya.
Mencoba membahas tentang hakekat simbol. Jadi terdapat banyak teori komunikasi
yang berangkat dari pembahasan seputar simbol. Keberadaan simbol menjadi
penting dalam menjelaskan fenomena komunikasi. Simbol merupakan produk budaya
suatu masyarakat untuk mengungkapkan ide-ide, makna, dan nilai-nilai yang ada
pada diri mereka. Mengkaji aspek ini merupakan aspek yang penting dalam
memahami komunikasi.Teori-teori komunikasi yang berangkat dari tradisi semiotik
menjadi bagian yang penting untuk menjadi perhatian. Analisis-analisis tentang
iklan, novel, sinetron, film, lirik lagu, video klip, fotografi, dan semacamnya
menjadi penting.
Tradisi Semiotika itu sendiri terbagi atas
tiga varian, yaitu:
- Semantic (bahasa), merujuk pada bagaimana hubungan antara tanda dengan objeknya atau tentang keberadaan dari tanda itu sendiri.
- Sintagmatic, atau kajian tentang hubungan antar tanda . Tanda hampir tidak dapat berdiri sendiri.
- Paradigmatic, yang melihat bagaimana sebuah tanda membedakan antara satu manusia dengan yang lain atau sebuah tanda bisa saja dimaknai berbeda oleh masing-masing orang sesuai dengan latar belakang budayanya.
Keunggulan semiotika terletak pada ide-ide
tentang kebutuhan akan bahasa umum dan identifikasinya tentang subyektifitas
sebagai penghalang untuk memahami. Selain itu, juga kesepakatan yang multi
makna dari simbol-simbol teori semiotika sering berseberangan dengan teori-teori
yang menyarankan bahwa kata-kata tersebut memiliki makna benar, tanda-tanda
yang menunjukkan obyek yang ada dan akhirnya dikatakan bahwa bahasa itu netral.
4. The Socio – Cultural Tradition ( Tradisi Sosial – Budaya)
Komunikasi Sebagai Penciptaan dari Realitas Sosial
Tradisi sosial budaya berangkat dari kajian
antropologi. Bahwa komunikasiberlangsung dalam kontek budaya tertentu karenanya
komunikasi dipengaruhi dan kebudayaan suatu masyarakat. Media massa, atau
individu ketika melakukan aktivitas komunikasi ikut ditentukan faktor-faktor
situasional tertentu. Beberapa figur penting disini adalah James Lull, Geertz,
Erving Goffman, George H. Mead, dan sebagainya.
Teori sosiokultural lebih menekankan gagasan
dan tertarik untuk mempelajari pada cara bagaimana masyarakat secara
bersama-sama menciptakan realitas dari kelompok sosial, organisasi dan budaya
mereka. Sosiokultural digunakan dalam topik-topik tentang diri individu,
percakapan, kelompok, organisasi, media, budaya dan masyarakat.
Model ini menjadikan tatanan sosial sebagai
pusatnya dan memandang komunikasi sebagai perekat masyarakat. Tantangan dan
permasalahan yang dituju meliputi konflik, perebutan, dan kesalahan
mengartikan. Dalam rangka berargumentasi, para ilmuan dalam tradisi ini akan
menggunakan bahasa yang mencirikan unsur-unsur seperti masyarakat, struktur,
ritual, peraturan dan budaya. Tradisi ini juga sependapat dengan pemisahan
interaksi manusia dari struktur sosial.
Pendekatan interaksi simbolik, konstruktivisme
merupakan hal yang penting disini. Interaksi simbolik menekankan pada bagaimana
manusia aktif melakukan pemaknaan terhadap realitas yang dihadapi. Hal ini
dapat membantu menjelaskan dalam proses komunikasi antar personal. Sedangkan
konstruktivisme menekankan pada proses pembentukan realitas secara simbolik.
Maka komunikasi baik bermedia maupun antar pribadi sesungguhnya dapat dilihat
sebagai proses pembentukan realitas. Adapun varian dari tradisi ini adalah:
- Interaksi symbolic, merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam ilmu sosiologi oleh George Herbert Mead dan Z Herbert Blumer yang menekankan pentingnya pengamatan dalam studi komunikasi sebagai cara untuk dari menyelidiki hubungan sosial.
- Konstruksi Sosial, pada cabang ini menginvestigasi bagaimana pengetahuan manusia dikonstruksi melalui interaksi sosial.
- Sosial Linguistik, Ludwig Wittgenstein seorang filosof Jerman bahwa arti dari bahasa tergantung pada penggunaannya.
5. The Critical Tradition (Tradisi Kritis)
Komunikasi Sebagai Hasil dari Perefleksian Sebuah Wacana
Tradisi ini berangkat dari asumi teori-teori
kritis yang memperhatikan terdapatnya kesenjangan di dalam masyarakat. Proses
komunikasi dilihat dari sudut kritis. Bahwa komunikasi disatu sisi telah
ditandai dengan proses dominasi oleh kelompok yang kuat atas kelompok masyarakat
yang lemah. Pada sisi lain, aktifitas komunikasi mestinya menjadi proses
artikulasi bagi kepentingan kelompok masyarakat yang lemah. Tradisi ini dapat
menjelaskan baik lingkup komunikasi antar personal maupun komunikasi bermedia.
Tradisi ini tampak kental dengan pembelaan terhadap kalangan yang lemah.
Komunikasi diharapkan berperan dalam proses transformasi masyarakat yang lemah.
Dalam teori kritis secara konsisten terdapat
tiga ciri masyarakat kontemporer
a)
Kontrol bahasa untuk mengabadikan
ketidakseimbangan kekuatan.
b)
Peran media massa dalam
menumpulkan kepekaan terhadap penindasan.
c)
Blind ketergantungan pada metode
ilmiah dan penerimaan tidak kritis.
Beberapa figur penting dapat disebut seperti Noam Chomsky, Herbert Schiller, Ben Bagdikian, C. Wright Mills, dan sebagainya yang pemikiran mereka menyoroti tentang media. Varian dari Tradisi ini adalah :
- a) Marxisme, merupakan peletak dasar dari tradisi kritis ini . Marx mengajarkan bahwa ekonomi merupakan dasar dari segala struktur sosial.
- b) Kritik Politik ekonomi, pandangan ini merupakan revisi terhadap Marxisme yang dinilai terlalu menyederhanakan realitas kedalam dua kubu yaitu kalangan penguasa dan kalangan tertindas berdasarkan kepentingan ekonomi.
- c) Aliran Frankfurt, memperkenalkan bahwa aliran kritis mampu menawarkan suatu interkoneksi dan pengujian yang menyeluruh tentang perubahan bentuk dari masyarakat, kultur ekonomi, dan kesadaran.
- d) Posmodernisme, ditandai dengan sifat relativitas, tidak ada standarisasi nilai, menolak pengetahuan yang sudah jadi dan dianggap sebagai sesuatu yang sakral.
- e) Cultural studies, memusatkan pada perubahan sosial dari tempat yang menguntungkan dari kultur itu sendiri.
- f) Post strukturalis, yakni pandangan yang memandang realitas merupakan sesuatu yang komplek dan selalu dalam proses sedang menjadi.
- g) Post Colonial, mengacu pada semua kultur yang dipengaruhi oleh proses imperial dari masa penjajahan sampai saat ini.
Kelompok teori-teori dalam tradisi ini cenderung komunikasi sebagai suatu tatanan sosial yang menyangkut kekuasaan dan penindasan. Teori-teori kritis menanggapi permasalahan tentang ideologi, kekuasaan, dan dominasi. Wacana kritis meliputi ideologi, dialektika, penindasan, kebangkitan kesadaran, resistansi, dan emansipasi. Tradisi ini mendorong pendekatan kepada teori yang meliputi mengekalkan kekuasaan diri sendiri, nilai kebebasan antara kemerdekaan dan persamaan, dan pentingnya diskusi.
6. The Phenomenological Tradition (Tradisi Fenomenologi)
Komunikasi sebagai Pengalaman Diri Melalui Dialog
Tradisi fenomenologi ini berkonsentrasi pada
pengalaman pribadi termasuk bagian individu-individu yang ada saling memberikan
pengalaman satu sama lainnya. Komunikasi dipandang sebagai proses berbagi
pengalaman antar individu melalui dialog. Hubungan baik antar individu mendapat
kedudukan yang tinggi dalam tradisi ini. Dan hal ini pula yang kemudian
diadobsi secara teoritis untuk menanggapi permasalahan-permasalahan yang timbul
yang mengakibatkan terkikisnya hubungan yang sudah kuat.
Inti tradisi fenomenologi adalah mengamati
kehidupan dalam keseharian dalam suasana yang alamiah. Tradisi fenomenologi
dapat menjelaskan tentang khalayak dalam berinteraksi dengan media. Demikian
pula bagaimana proses yang berlangsung dalam diri khalayak. Beberapa figur
penting disini adalah James Lull, Ien Ang, dan sebagainya. Kajian tentang
proses resepti (reception studies) yang berlangsung dalam diri khalayak
menjadi penting. Maka proses resepsi sangat ditentukan oleh factor nilai-nilai
yang hidup dalam diri khalayak tersebut. Pendekatan etnografi komunikasi menjadi
penting diterapkan dalam tradisi ini. Adapun varian dari tradisi Fenomonologi
ini, adalah berikut ini.
- Fenomonelogi Klasik, dipelopori oleh Edmund Husserl penemu Fenomenologi Modern Husserl percaya kebenaran hanya bisa didapatkan melalui pengarahan pengalaman, tapi kita harus bagaimana pengalaman kita bekerja. Dengan kata lain kesadaran akan pengalaman dari setiap individu.
- Fenomenologi Persepsi, berlawanan dengan Husser yang membatasi fenomenologi pada objektivitas.
- Fenomenologi Hermeneutik, aliran ini selalu dihubungkan dengan Martin Heidegger dengan landasan filosofis yang juga biasa disebut dengan Hermeneutic of dasein yang berarti suatu “interpretasi untuk menjadi”.
7.The Ethical Tradition (Tradisi Sosio Psikologi)
Komunikasi Sebagai Proses Interaksi Masyarakat yang Menguntungkan- Kita pembela kebenaran, akurasi, kejujuran, dan akal begitu penting bagi integritas komunikasi.
- Kita menerima tanggung jawab jangka pendek dan panjang tentang konsekuensi komunikasi kita sendiri dan mengharapkan hal yang sama dari orang lain.
- Kita berusaha keras untuk memahami dan menghormati komunikator lain sebelum mengevaluasi dan menanggapi pesan-pesan mereka.
Pertama, sosiopsikologi yang memandang
individu sebagai makhluk sosial. Tradisi Sosiopsikologi memberikan perhatiannya
antara lain pada perilaku individu, pengaruh, kepribadian dan sifat individu
atau bagaimana individu melakukan persepsi. Sosiopsikologi digunakan dalam
topik-topik tentang diri individu, pesan, percakapan, hubungan interpersonal, kelompok,
organisasi, media, budaya dan masyarakat.
Berangkat dari Ilmu Psikologi terutama aliran
behavioral. perhatian pada perubahan sikap (attitude). Hubungan media dan
khalayak tentunya akan menyebabkan terjadinya perubahan sikap. Media menjadi
stimulus dari luar diri khalayak yang akan menyebabkan terjadinya perubahan
sikap. Kasus lain seperti komunikasi persuasi. Pengaruh komunikator terhadap
perubahan sikap khalayak.
Teori-teori yang berangkat dari psikologi
sosial ini juga dapat menjelaskan tentang proses-proses yang berlangsung dalam
diri manusia dalam proses komunikasi yakni ketika proses membuat pesan dan
proses memahami pesan. Manusia dalam proses menghasilkan pesan melibatkan
proses yang berlangsung secara internal dalam diri manusia seperti proses
berfikir, pembuatan keputusan, sampai dengan proses menggunakan simbol.
Demikian pula dalam proses memahami pesan yang diterima, manusia juga
menggunakan proses psikologis seperti berpikir, memahami, menggunakan ingatan
jangka pendek dan panjang hingga membuat suatu pemaknaan. Pendekatan psikologi
sosial memberi perhatian terhadap aspek diri manusia. Beberapa konsep penting
disini dapat disebutkan seperti judgement, prejudice, anxienty, dan sebagainya. Adapun Varian dari Tradisi ini adalah berikut ini.
- Behavioral, adalah kepada hubungan apa yang kita katakan dan apa yang kita lakukan.
- Koginitif, cabang ini cukup banyak digunakan saat ini berpusat pada pola pemikiran cabang ini berkonsentrasi pada bagaimana individu memperoleh, menyimpan dan memproses informasi dengan cara yang arah tingkah laku yang keluar.
- Biological, cabang ini berupaya mempelajari manusia dari sisi biologikalnya.
H. Ringkasan Materi Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah keterampilan yang sangat penting
dalam kehidupan manusia, dimana dapat kita lihat komunikasi dapat terjadi pada
setiap gerak langkah manusia. Manusia adalah makhluk sosial yang tergantung
satu sama lain dan mandiri serta saling terkait dengan orang lain
dilingkungannya. Satu-satunya alat untuk dapat berhubungan dengan orang lain dilingkungannya adalah komunikasi
baik secara verbal maupun non
verbal ( bahasa tubuh dan
isyarat yang banyak dimengerti oleh suku bangsa).
Istilah komunikasi berasal dari kata Latin Communicare atau Communis yang
berarti sama atau menjadikan milik bersama. Kalau kita
berkomunikasi dengan orang lain, berarti
kita berusaha agar apa yang
disampaikan kepada orang lain tersebut menjadi miliknya.
Beberapa definisi komunikasi adalah
- Komunikasi adalah kegiatan pengoperan lambang yang mengandung arti/makna yang perlu dipahami bersama oleh pihak yang terlibat dalam kegiatan komunikasi (Astrid).
- Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang pikiran atau perasaan (Roben.J.G).
- Komunikasi adalah sebagai pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain (Davis, 1981).
- Komunikasi adalah berusaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain (Schram,W)
- Komunikasi adalah penyampaian dan memahami pesan dari satu orang kepada orang lain, komunikasi merupakan proses sosial (Modul PRT, Lembaga Administrasi).
Hewitt (1981), menjabarkan tujuan penggunaan
proses komunikasi secara spesifik sebagai berikut:
1. Mempelajari atau
mengajarkan sesuatu
2. Mempengaruhi perilaku
seseorang
3. Mengungkapkan perasaan
4. Menjelaskan perilaku
sendiri atau perilaku orang lain
5. Berhubungan dengan orang
lain
6. Menyelesaian sebuah
masalah
7. Mencapai sebuah tujuan
8. Menurunkan ketegangan dan
menyelesaian konflik
9. Menstimulasi minat pada
diri sendiri atau orang lain
PROSES KOMUNIKASI
Komunikasi merupakan suatu proses yang mempunyai
komponen dasar sebagai berikut :
Pengirim pesan, penerima
pesan dan pesan
Semua fungsi manajer melibatkan proses komunikasi. Proses komunikasi dapat dilihat pada skema dibawah ini
Diagram Proses Komunikasi sederhana
1.
Pengirim pesan (sender) dan isi pesan/materi
Pengirim pesan adalah orang yang
mempunyai ide untuk disampaikan kepada
seseorang dengan harapan dapat dipahami
oleh orang yang menerima pesan sesuai dengan yang dimaksudkannya. Pesan adalah
informasi yang akan disampaikan atau
diekspresikan oleh pengirim pesan. Pesan dapat verbal atau non verbal dan pesan
akan efektif bila diorganisir secara baik dan jelas.
Materi
pesan dapat berupa
a.
Informasi
b.
Ajakan
c.
Rencana kerja
d.
Pertanyaan dan sebagainya
2.
Simbol/ isyarat
Pada tahap
ini pengirim pesan membuat kode atau simbol sehingga pesannya dapat dipahami oleh orang lain. Biasanya seorang manajer
menyampaikan pesan dalam bentuk kata-kata, gerakan anggota badan, (tangan,
kepala, mata dan bagian muka lainnya). Tujuan
penyampaian pesan adalah untuk mengajak, membujuk, mengubah sikap,
perilaku atau menunjukkan arah tertentu.
3.
Media/penghubung
Adalah alat untuk penyampaian
pesan seperti ; TV, radio surat kabar,
papan pengumuman, telepon dan lainnya. Pemilihan media ini dapat
dipengaruhi oleh isi pesan yang akan
disampaikan, jumlah penerima pesan, situasi dsb.
4.
Mengartikan kode/isyarat
Setelah pesan diterima melalui indera (telinga, mata dan seterusnya)
maka si penerima pesan harus dapat mengartikan simbul/kode dari pesan tersebut, sehingga
dapat dimengerti /dipahaminya.
5.
Penerima pesan
Penerima pesan adalah orang yang
dapat memahami pesan dari
sipengirim meskipun dalam bentuk
code/isyarat tanpa mengurangi arti pesan yang dimaksud oleh pengirim
6.
Balikan (feedback)
Balikan adalah isyarat atau
tanggapan yang berisi kesan dari
penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Tanpa balikan seorang
pengirim pesan tidak akan tahu dampak pesannya terhadap sipenerima pesan Hal
ini penting bagi manajer atau pengirim
pesan untuk mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar
dan tepat. Balikan dapat disampaikan oleh penerima pesan atau orang lain yang
bukan penerima pesan. Balikan yang disampaikan oleh penerima pesan pada umumnya
merupakan balikan langsung yang
mengandung pemahaman atas pesan tersebut dan sekaligus merupakan apakah pesan
itu akan dilaksanakan atau tidak
Balikan yang diberikan oleh orang
lain didapat dari pengamatan pemberi
balikan terhadap perilaku maupun ucapan
penerima pesan. Pemberi balikan
menggambarkan perilaku penerima pesan
sebagai reaksi dari pesan yang diterimanya. Balikan bermanfaat untuk
memberikan informasi, saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan dan membantu
untuk menumbuhkan kepercayaan serta
keterbukaan diantara komunikan, juga balikan dapat memperjelas persepsi.
7.
Gangguan
Gangguan bukan merupakan bagian
dari proses komunikasi akan tetapi
mempunyai pengaruh dalam proses
komunikasi, karena pada setiap situasi hampir selalu ada hal yang mengganggu kita.
Gangguan adalah hal yang merintangi atau menghambat komunikasi
sehingga penerima salah menafsirkan pesan yang diterimanya.
Dasar Komunikasi Antar-personal
Komunikasi mempunyai dasar sebagai berikut: Niat, Minat, Pandangan, Lekat,
Libat.
Niat menyangkut
- Apa yang akan disampaikan
- Siapa sasarannya
- Apa yang akan dicapai
- Kapan akan disampaikan
Minat, ada dua factor yang
mempengaruhi yaitu:
Faktor obyektif : merupakan rangsang yang kita terima
Faktor subyektif : merupakan faktor yang menyangkut diri si penerima stimulus
Pandangan, merupakan makna dari informasi yang disampaikan pada sasaran, menafsirkan informasi yang diterima tergantung pada pendidikan, pekerjaan, pengalaman dan kerangka pikir seseorang.
Lekat, merupakan informasi
yang disimpan oleh si penerima.
Libat, merupakan keterlibatan
panca indera sebanyak-banyaknya.
JENIS KOMUNIKASI
Pada dasarnya komunikasi
digunakan untuk menciptakan atau meningkatkan aktifitas hubungan antara manusia
atau kelompok
Jenis komunikasi terdiri dari:
1. Komunikasi verbal dengan
kata-kata
2. Komunikasi non verbal
disebut dengan bahasa tubuh
1.
Komunikasi Verbal mencakup aspek-aspek
berupa ;
- Vocabulary (perbendaharaan kata-kata). Komunikasi tidak akan efektif bila pesan disampaikan dengan kata-kata yang tidak dimengerti, karena itu olah kata menjadi penting dalam berkomunikasi.
- Racing (kecepatan). Komunikasi akan lebih efektif dan sukses bila kecepatan bicara dapat diatur dengan baik, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.
- Intonasi suara: akan mempengaruhi arti pesan secara dramatik sehingga pesan akan menjadi lain artinya bila diucapkan dengan intonasi suara yang berbeda. Intonasi suara yang tidak proposional merupakan hambatan dalam berkomunikasi.
- Humor: dapat meningkatkan kehidupan yang bahagia. Dugan (1989), memberikan catatan bahwa dengan tertawa dapat membantu menghilangkan stress dan nyeri. Tertawa mempunyai hubungan fisik dan psikis dan harus diingat bahwa humor adalah merupakan satu-satunya selingan dalam berkomunikasi.
- Singkat dan jelas. Komunikasi akan efektif bila disampaikan secara singkat dan jelas, langsung pada pokok permasalahannya sehingga lebih mudah dimengerti.
- Timing (waktu yang tepat) adalah hal kritis yang perlu diperhatikan karena berkomunikasi akan berarti bila seseorang bersedia untuk berkomunikasi, artinya dapat menyediakan waktu untuk mendengar atau memperhatikan apa yang disampaikan.
2.
Komunikasi Non Verbal
Komunikasi non verbal adalah
penyampaian pesan tanpa kata-kata dan
komunikasi non verbal memberikan arti
pada komunikasi verbal.Yang termasuk komunikasi non
verbal :
- a. Ekspresi wajah .Wajah merupakan sumber yang kaya dengan komunikasi, karena ekspresi wajah cerminan suasana emosi seseorang.
- b. Kontak mata, merupakan sinyal alamiah untuk berkomunikasi. Dengan mengadakan kontak mata selama berinterakasi atau tanya jawab berarti orang tersebut terlibat dan menghargai lawan bicaranya dengan kemauan untuk memperhatikan bukan sekedar mendengarkan. Melalui kontak mata juga memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengobservasi yang lainnya
- c. Sentuhan adalah bentuk komunikasi personal mengingat sentuhan lebih bersifat spontan dari pada komunikasi verbal. Beberapa pesan seperti perhatian yang sungguh-sungguh, dukungan emosional, kasih sayang atau simpati dapat dilakukan melalui sentuhan.
- d. Postur tubuh dan gaya berjalan. Cara seseorang berjalan, duduk, berdiri dan bergerak memperlihatkan ekspresi dirinya. Postur tubuh dan gaya berjalan merefleksikan emosi, konsep diri, dan tingkat kesehatannya.
- e. Sound (Suara). Rintihan, menarik nafas panjang, tangisan juga salah satu ungkapan perasaan dan pikiran seseorang yang dapat dijadikan komunikasi. Bila dikombinasikan dengan semua bentuk komunikasi non verbal lainnya sampai desis atau suara dapat menjadi pesan yang sangat jelas.
- f. Gerak isyarat, adalah yang dapat mempertegas pembicaraan . Menggunakan isyarat sebagai bagian total dari komunikasi seperti mengetuk-ngetukan kaki atau mengerakkan tangan selama berbicara menunjukkan seseorang dalam keadaan stress bingung atau sebagai upaya untuk menghilangkan stress
BENTUK KOMUNIKASI
Komunikasi
sebagai proses memiliki bentuk berikut ini.
1.
Bentuk Komunikasi
berdasarkan
a.
Komunikasi langsung
Komunikasi
langsung tanpa menggunakan alat.
Komunikasi berbentuk kata-kata,
gerakan-gerakan yang berarti khusus dan penggunaan isyarat,misalnya kita
berbicara langsung kepada seseorang dihadapan kita.
b. Komunikasi tidak langsung
Contoh : seorang gurumenerangkan melalui tulisan di papan tulis tanpa berkata
2.
Bentuk komunikasi
berdasarkan besarnya sasaran
a.
Komunikasi massa, yaitu komunikasi dengan sasarannya kelompok orang dalam jumlah
yang besar, umumnya tidak dikenal.
Komunikasi masa yang baik harus :
Pesan disusun dengan jelas, tidak rumit dan tidak bertele-tele
Bahasa yang mudah
dimengerti/dipahami
Bentuk gambar yang baik
Membentuk kelompok khusus,
misalnya kelompok pendengar (radio)
b. Komunikasi kelompok
Adalah
komunikasi yang sasarannya sekelompok orang yang umumnya dapat dihitung dan
dikenal dan merupakan komunikasi langsung dan timbal balik.
Para Dokter----- ® ------Pengunjung RS
c.
Komunikasi perorangan.
Adalah komunikasi dengan tatap muka dapat juga
melalui telepon.
Dokter----- ® ------Pasien
3.
Bentuk komunikasi
berdasarkan arah pesan
- Komunikasi satu arah
Pesan disampaikan oleh sumber kepada sasaran dan sasaran tidak dapat atau tidak mempunyai kesempatan untuk
memberikan umpan balik atau bertanya, misalnya radio.
Pesan disampaikan kepada
sasaran dan sasaran memberikan umpan
balik. Biasanya komunikasi kelompok atau
perorangan merupakan komunikasi timbal balik
HAMBATAN KOMUNIKASI
1. Hambatan dari Proses
Komunikasi
a) Hambatan dari pengirim pesan, misalnya pesan yang akan disampaikan belum jelas bagi dirinya atau pengirim pesan, hal ini dipengaruhi oleh perasaan atau situasi emosional.
b) Hambatan dalam penyandian/simbol.Hal ini dapat terjadi karena bahasa yang dipergunakan tidak jelas sehingga mempunyai arti lebih dari satu, simbol yang dipergunakan antara si pengirim dan penerima tidak sama atau bahasa yang dipergunakan terlalu sulit.
c) Hambatan media, adalah hambatan yang terjadi dalam penggunaan media komunikasi, misalnya gangguan suara radio dan aliran listrik sehingga tidak dapat mendengarkan pesan.
d) Hambatan dalam bahasa sandi. Hambatan terjadi dalam menafsirkan sandi oleh si penerima
e) Hambatan dari penerima pesan, misalnya kurangnya perhatian pada saat menerima /mendengarkan pesan, sikap prasangka tanggapan yang keliru dan tidak mencari informasi lebih lanjut.
f) Hambatan dalam memberikan balikan. Balikan yang diberikan tidak menggambarkan apa adanya
3. Hambatan Semantik.Kata-kata yang dipergunakan dalam komunikasi kadang-kadang mempunyai arti mendua yang berbeda, tidak jelas atau berbelit-belit antara pemberi pesan dan penerima
4. Hambatan Psikologis .Hambatan psikologis dan sosial kadang-kadang mengganggu komunikasi, misalnya; perbedaan nilai-nilai serta harapan yang berbeda antara pengirim dan penerima pesan.
SIMPULAN
Komunikasi dirumuskan sebagai suatu proses penyampaian
pesan/informasi diantara beberapa orang. Karenanya komunikasi melibatkan
seorang pengirim, pesan/informasi saluran dan penerima pesan yang
mungkin juga memberikan umpan balik kepada pengirim untuk menyatakan bahwa
pesan telah diterima. Komunikasi adalah suatu yang sangat penting dalam
kehidupan manusia karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan
satu sama lain. Dalam berkomunikasi seseorang harus memiliki dasar sebagai
berikut; niat, minat, pandangan, lekat, libat. Dalam proses komunikasi kita
juga harus ingat bahwa ada hambatan yaitu baik dari pengirim, saluran,
penerima dan umpan balik serta
hambatan fisik dan psikologis.
Tujuan
komunikasi
adalah berhubungan dan mengajak dengan orang lain untuk mengerti
apa yang kita sampaikan dalam mencapai
tujuan. Keterampilan berkomunikasi diperlukan dalam bekerja sama dengan orang
lain. Ada dua jenis komunikasi, yaitu
verbal dan non verbal, komunikasi verbal meliputi kata-kata yang diucapkan atau tertulis, sedangkan komunikasi non verbal
meliputi bahasa tubuh. Menurut bentuk komunikasi, ada yang disebut komunikasi
satu arah dan komunikasi dua arah.
Komunikasi satu arah berarti sebuah
pesan dikirim dari pengirim ke penerima
tanpa ada umpan balik. Komunikasi dua arah terjadi bila pengiriman pesan dilakukan dan
mendapatkan umpan balik. Komunikasi
berdasarkan besarnya sasaran
terdiri dari komunikasi massa, komunikasi kelompok, dan komunikasi
perorangan. Sedangkan komunikasi berdasarkan arah pesan terbagi atas; komunikasi satu arah dan
komunikasi timbal balik.
[1]
Lihat
[2]
Lihat Wikipedia
[3]
Sumber: http://mirayashmine.wordpress.com/2011/01/10/tujuh-tradisi-dalam-teori-komunikasi/by mirantyas in Teori
Komunikasi
Sumber
Sumber
- Effendy, Onong Uchjana, Komunikasi Teori dan Praktek,
Bandung: Remaja Pengantar Ilmu Komunikasi,
Jakarta:Grasindo.Rosdakarya
- Cangara, Hafidz,2005, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta:PT
RajaGrafindo Persada
- Littlejohn, Stephen W. 2001. Theories of Human
Communication. USA: Wadsworth Publishing.
- Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung:
Rosda.
- Ruben, Brent D,Stewart, Lea P, 2005, Communication and Human
Behaviour,USA:Alyn and Bacon
- Sendjaja,Sasa Djuarsa,1994,Pengantar Komunikasi,Jakarta:Universitas
Terbuka.
- Wiryanto, 2005,
Contoh Kelebihan dan Kekurangan Media Komunikasi
1.TELEVISI ( TV )
Kelebihan :
Lihat sumber:http://faizal.student.umm.ac.id/2010/05/04/kelebihan-dan-kekurangan-media-iklan/
1.MEDIA ELEKTRONIK
1.TELEVISI ( TV )
Kelebihan :
Dapat dinikmati oleh siapa saja. Dapat menjangkau daerah yang luas. Waktu siarannya sudah tertentu. Memiliki daya penyampaian dan pengaruh yang kuat karena dapat memberikan kombinasi antara suara dengan gambar ( yang bergerak ). Memudahkan para audiensnya untuk memahami yang diiklankan. Tidak memerlukan keahlian dan kemampuan membacaseperti pada media cetak. Dengan gambar-gambar, semua orang sudah cukup mengerti maknanya.
Kekurangan :
Biaya relatif tinggi. Hanya dapat dinikmati sebentar (pesan berlalu sangat cepat). Khalayak yang selektif (tidak setajam media lainnya kemungkinan menjangkau segmen tidak tepat karena pemborosan geografis). Kesulitan teknis. Tidak semua tempatdapat dicapai gelombang penyiaran televisi. Tidak semua orang memiliki pesawat televisi melihat harganya yang relatif mahal.
1.RADIO
Kelebihan :
Kelebihan :
Biayanya relatif rendah (dalam artian hardware-nya serta dalam produksi siarannya) Dapat diterima oleh siapa saja. Dapat menjangkau daerah yang cukup luas. Bersifat AuditifLebih leluasa dalam penyampaian pesan-pesannya tanpa banyak varian-variannya. 2.Menimbulkan audio imaginatif. Efek yang ditimbulkan lebih dahsyat dari pada efek visual. Daya tembus yang besar tidak mengenal rintangan. Radio yang menggunakan gelombang SW, MW, mempunyai kemampuan penetrasi area yang luas sehingga pesan yang disampaikan dapat mengatasi jarak, ruang dan waktu. Merupakan sarana yang cepat dalam menyebarluaskan informasi . Radio dapat diterima dan didengar di areal tanpa listrik atau tidak selalu membutuhkan daya listrik. Praktis (portable dapat di bawa kemana-mana) dan audience selectivity. Mengatasi buta huruf artinya para pendengar radio tidak dituntut untuk bisa membaca.
Kekurangan :
Waktunya terbatas. Tidak mengemukakan gambar. Pendengar sering kurang mendengarkan secara penuh karena diselingi melakukan pekerjaan lain. Noise Faktor (khusus gelombang MW dan SW) Sulit untuk menyampaikan pesan-pesan yang kompleks Alternatif audiance dalam pemilihan stasiun lebih banyak ( persaingan yang ketat ) Sekilas dengar atau bersifat auditif saja sedangkan televii lebih lengkap. Tidak dapat di gunakan untuk menyampaikan acara yang abstrak dan komples (rumit) Radio adalah termasuk media yang time organized, sehingga untuk penataan program acaranya mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut: Untuk penyampaian pesan yang bersifat informatif maka maximum durasinya adalah 15 menit. Untuk acara yang bersifat entertainment bisa sampai 30 s.d 45 menit.
2. MEDIA CETAK
KORAN ( SURAT KABAR )
Kelebihan :
KORAN ( SURAT KABAR )
Kelebihan :
Biasanya relatif tidak mahal. Fleksibel (lebih luwes dalam menentukan jadwal publikasi iklan dan surat kabar yang mempublikasikan (apakah lokal, regional ataukah nasional) berkaitan dengan khalayak yang dijadikan sasaran iklan). Dapat dinikmati lebih lama. Market coverage ; surat kabar mampu menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai cakupan wilayahnya. Comparison shooping ; surat kabar sering digunakan sebagai bahan acuan atau referensi konsumen dalam membeli barang atau jasa. Positive consumer attitude ; aktualitas informasi yang sampaikan digunakan juga sebagai acuan pembaca.
Kekurangan :
Mudah diabaikan. Cepat basi. Short life span ; meski jangkauannya luas dan massal serta dapat didokumentasikan, pembaca surat kabar hanya butuh waktu kurang lebih 15 menit hingga 30 menit untuk membacanya serta umumnya hanya sekali saja membacanya. Selain itu usia informasinya hanya 24 jam setelah itu sudah dianggap basi. Clutter ; Jika isi dan tata letaknya kacau akan mempengaruhi pemaknaan dan pemahaman isi pesan iklan oleh pembacanya. Limited coverage of certains group ; beberapa kelompok tertentu tidak bisa dijangkau oleh surat kabar, misal kelompok masyarakat menengah ke bawah atau masyarakat usia di bawah 15 tahun. Products that don’t fit ; beberapa produk tidak dapat diiklankan dengan menggunakan surat kabar karena memerlukan demonstrasi atau memerlukan pertimbangan tertentu. Contoh iklan BH atau iklan peralatan olah raga. Dan Jenis bahan yang digunakan biasanya mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima tidak lengkap.
2. MAJALAH
Kelebihan :
Kelebihan :
Dapat dinikamti lebih lama (long life span) Pembacaannya lebih selektif. Dapat mengemukakan gambar yang menarik (Kualitas Visual). Khalayak sasaran; salah satu keunggulan majalah jika dibandingkan dengan media lainnya adalah kemampuannya menjangkau segmen pasar tertentu yang terspesialisasi. Penerimaan khalayak; kemampuan mengangkat produk-produk yang diiklankan sejajar dengan persepsi khalayak sasaran terhadap prestige majalah yang bersangkutan.
Kekurangan :
Biaya lebih relatif tinggi (mahal). Fleksibilitasnya rendah (terbatas). Distribusi Banyak majalah yang peredarannya lambat sehingga hanya menumpuk di rak-rak toko. Ada juga majalah yang tidak memiliki jaringan distribusi yang tepat. Di beberapa daerah tertentu yang daya belinya tinggi namun sulit dijangkau, majalah sering tidak ada. Dan Jenis bahan yang digunakan biasanya mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima tidak lengkap.
3. MEDIA LUAR RUANG ( OUTDOOR )
BILLBOARD
Kelebihan :
BILLBOARD
Kelebihan :
Relatif Murah Media luar ruang / billboard sesungguhnya memerlukan pembiayaan yang relatif murah karena berlaku selama 1 tahun untuk sekali kontrak/pembayaran. Penjadwalan Fleksibel Penjadwalan / penempatan media luar ruang relatif fleksibel karena dapat ditempatkan pada lokasi-lokasi yang dianggap paling tepat untuk suatu produk yang akan diiklankan. Mengingatkan produk secara terus-menerus Billboard yang dipasang pada lokasi-lokasi strategis seperti perempatan jalan memiliki terpaan secara terus-menerus bagi pengguna jalan yang melewatinya. Mengajak langsung membeli Dengan ukuran yang besar dan pencahayaan yang sempurna billboard bahkan dapat menarik setiap pengguna jalan. Dampak yang jauh adalah mampu mempengaruhi langsung untuk mencoba atau membeli produk yang diiklankan dalam billboard. Potensi Kreatif Media luar ruang memiliki fleksibilitas pengembangan kreatifitas sesuai dengan kemampuan praktisi-praktisi kreatif.
Kekurangan :
Pesan Terbatas Karena waktu baca / penglihatan yang sekelebat, pesan-pesan pada media luar ruang dibuat sangat terbatas atau singkat. Tidak efektif bagi pengendara mobil Pengendara mobil yang membutuhkan konsentrasi penuh, kadang-kadang mengesampingkan berbagai hal yang ia lewati, termasuk billboard yang mengiklankan produk tertentu, apalagi membaca secara jelas. Kendaraan umum yang penuh sesak Dalam kota-kota besar seperti Jakarta, di mana kendaraan umum adalah sarana transportasi bagi sebagian besar masyarakat, menyebabkan kondisi yang penuh sesak dan menyulitkan untuk sekedar melihat ke luar kendaraan. Sasaran Pengrusakan Media-media luar ruang rentan terhadap pengrusakan dari masyarakat yang tidak menyenangi adanya media iklan yang dipasang.
POSTER
Kelebihan :
Kelebihan :
Khalayak dapat mengatur tempo dalam membaca. Ia dapat mengulang bacaannya kembali dan mengatur cara membaca. Media yang dapat di tinjau ulang, pembaca dapat dengan tenang, membaca dengan teliti iklannya dan dapat membaca kembali bagian-bagian menurut kehendaknya. Karena sifatnya yang tercetak pesan-pesannya bersifat permanen dan kekuatan utamanya adalah dapat dijadikan bukti. Membuat informasi yang cukup lengkap. Saat pembaca tidak paham pada satu bagian dari isinya, pembaca dapat menanyakan pada orang lain.
Kekurangan :
Untuk menikmatinya diperlukan kemampuan membaca dan atensi atau perhatian, karena tidak bersifat auditif dan visual, ia memintakan pula kemampuan imajinasi pembaca untuk menikmati dan memahaminya. Membutuhkan proses penyusunan dan penyebaran yang kompleks dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Jenis bahan yang digunakan biasanya mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima tidak lengkap.
SPANDUK
Kelebihan :
Kelebihan :
Khalayak dapat mengatur tempo dalam membaca. Ia dapat mengulang bacaannya kembali dan mengatur cara membaca. Media yang dapat di tinjau ulang, pembaca dapat dengan tenang, membaca dengan teliti iklannya dan dapat membaca kembali bagian-bagian menurut kehendaknya. Karena sifatnya yang tercetak pesan-pesannya bersifat permanen dan kekuatan utamanya adalah dapat dijadikan bukti. Media ini tahan lama dan dapat dilihat dari jarak jauh. Saat pembaca tidak paham pada satu bagian dari isinya, pembaca dapat menanyakan pada orang lain.
Kekurangan :
Untuk menikmatinya diperlukan kemampuan membaca dan atensi atau perhatian, karena tidak bersifat auditif dan visual, ia memintakan pula kemampuan imajinasi pembaca untuk menikmati dan memahaminya. Membutuhkan proses penyusunan dan penyebaran yang kompleks dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Dan Jenis bahan yang digunakan biasanya mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima tidak lengkap.
FLYER
Kelebihan :
Kelebihan :
Dari segi biaya relatif murah Media ini dan berisi informasi yang lengkap, serta mudah dibawa. Dapat memberi gambarankan gambaran yang ditawarkan perusahaan. Khalayak dapat mengatur tempo dalam membaca. Ia dapat mengulang bacaannya kembali dan mengatur cara membaca. Media yang dapat di tinjau ulang, pembaca dapat dengan tenang, membaca dengan teliti iklannya dan dapat membaca kembali bagian-bagian menurut kehendaknya. Karena sifatnya yang tercetak pesan-pesannya bersifat permanen dan kekuatan utamanya adalah dapat dijadikan bukti. Saat pembaca tidak paham pada satu bagian dari isinya, pembaca dapat menanyakan pada orang lain. Penyerapan informasi lebih menyeluruh, karena ada kesempatan bagi komunikan untuk mempertimbangkan secara kritis apa makna informasi yang di baca.
Kekurangan :
Untuk menikmatinya diperlukan kemampuan membaca dan atensi atau perhatian. Karena tidak bersifat auditif dan visual, ia memintakan pula kemampuan imajinasi pembaca untuk menikmati dan memahaminya. Membutuhkan proses penyusunan dan penyebaran yang kompleks dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Dan Jenis bahan yang digunakan biasanya mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima tidak lengkap. Orang cenderung mengabaikan informasi yang diberikan apabila bentuk flyer kurang menarik.