Oleh
Nasbahry Couto
Sekarang ini lagi musim Pilkada, dimana-mana di pajang iklan/ poster calon kepala daerah disertai dengan tulisan- tulisan (font)-- yang menampilkan slogan-slogan untuk mempengaruhi massa pemilih di daerah masing-masing. Yang menarik adalah bagaimana para pengelola propaganda itu dalam hal menampilkan tokoh dan pemilihan font yang dipakai dalam slogan itu. Menurut penulis banyak yang tidak peduli dengan tipografi, sebanyak yang tidak peduli dengan cara menampilkan tokoh yang sering terlihat lucu dan konyol. Proyek seperti ini hanya di buat asal-asalan dan kemudian di pajang di pinggir jalan. Hal ini dapat dimengerti, karena duit masuk mengalir deras ke kas pemilik digital printing tanpa menggunakan jasa desainer DKV.
Artikel ini tidak hanya untuk desainer DKV, untuk melayout buku atau DESAIN WEB, tetapi juga penting bagi guru-guru di SD,SMP dan SMU yang ingin mengajarkan bagaimana membuat poster yang baik dengan pengetahuan menggunakan kombinasi beberapa jenis font secara kreatif dan indah di pandang mata untuk berbagai kegunaan, misalnya membuat kop surat, poster, kartu undangan, brosur maupun spanduk. Dan tentu saja sebaiknya harus menggunakan komputer. Walaupun hal ini bisa dikerjakan secara manual.
Sumber: https://dwikisetiyawan.wordpress.com/2009/03/31/spanduk-lucu-dan-inspiratif-caleg-pemilu-2009/
Sejak penggunaan komputer bukan lagi menjadi barang mewah, penggunaan tipografi secara bebas menjadi gejala yang umum. Dan juga, karena mudahnya mendapatkan font dari internet,
Gejala ini juga terlihat pada pemilihan font untuk penerbitan dan tulisan ilmiah di perguruan Tinggi. Misalnya font untuk body copy dan heading untuk penerbitan. Atau, misalnya apa dasar pemakaian Time New Roman sebagai standar tulisan ilmiah di PT dengan spasi 1,5 point. Bukankah ini terjadi sejak pemakaian Windows, dan hanya untuk keseragaman?
Tulisan di bawah ini mungkin tidak akan mengkaji hal teori persepsi untuk produk representasi (foto dan gambar) dan penulis hanya mencoba untuk membahas pemakaian dan persepsi mengenai font yang sering dipergunakan secara bebas.
Umumnya font di rancang untuk dua kepentingan,
pertama adalah untuk di lihat (tampilan), dan kedua adalah untuk cetakan. Font
untuk tampilan misalnya font untuk layar komputer, internet, blog, dan atau tampilan untuk display.
Perusahan Microsof misalnya telah merancang
font untuk window 7 (Cambria, calibri, Cambria Reguler adalah font serif
default di Microsoft Office 2007. Font Ini dirancang oleh Jelle Bosma, Steve
Matteson dan Robin Nicholas. Tujuan dari jenis huruf ini adalah untuk
memberikan gambaran yang lebih jelas di layar komputer. Tetapi tidak sempurna untuk di
cetak.
Yang lain adalah Georgia, Verdana dan Arial, Arial misalnya tidak konsisten (dalam cetakan) dan tidak memiliki keseimbangan ketimbang font Helvetica
(walaupun keduanya mirip). Jadi jika Anda ingin menggunakan font Arial, sebaiknya diurungkan, dan gunakanlah font yang mirip dengan arial seperti
Helvetika, atau Swiss untuk barang cetakan.
Pada font jenis kecil a, c, e, g, s,
dan t di Helvetica kemiringan ujung fontnya persis horisontal. Dalam Arial, kemiringan ujung font
umumnya sembarangan. Membaca Arial adalah seperti mencoba untuk makan malam
di meja restoran yang digoyang gempa. Jadi Anda jangan berbesar hati jika menggunakan font-font yang baik tampilannya di layar komputer, seperti times roman, cambria, verdana, atau arial, sebab font jenis ini fungsinya untuk tampilan bukan untuk cetakan (printed)
Ribuan
Font
Terdapat ribuan font yang
gratis maupun yang berbayar atau font komersial di komputer Anda. Jika font-font ini dipakai untuk mendesain, timbul pertanyaan, Apakah font-font itu baik dipakai untuk rancangan atau proyek Anda ? Jawabnya bisa ya, bisa tidak. Hal ini tergantung dari kepiawaian Anda dalam merancang, misalnya melayout buku atau display seperti poster.
Menurut ahli font, tidak ada yang benar dan salah dalam penggunaan font. Font apapun dapat dipakai, semua font dapat dipakai dalam merancang. Yang masalah adalah apakah font itu cocok atau tidak cocok untuk desain Anda. Hal ini memperlihatkan apakah anda peduli dengan tipografi atau tidak, apakah anda ahli dalam bidang DKV atau tidak. Penulis sendiri sudah berkali-kali merubah jenis font yang dipakai untuk tampilan blog ini jika ada yang dirasakan kurang.
Namun suatu hal yang pasti terjadi, kebanyakan orang akan kebingungan saat memastikan apakah font yang dipakai untuk rancangan atau proyeknya itu cocok atau tidak cocok, sebab terdapat ribuan font dalam komputernya.
Penulis sendiri memiliki koleksi lebih dari 9000
font, untuk kepentingan layout penerbitan. Yang berbayar memang adalah font
yang langka dan umumnya dipakai oleh perusahan besar yang mampu membeli font,
seperti font yang bernama Solano, atau Akzidenz Grotesk atau jenis-jenis font rancangan baru atau modern oleh ahli font, tidak akan ditemukan
yang gratis dan asli di internet.
Sistem font umumnya telah
terinstal di komputer Anda. Ada beberapa yang lebih baik kualitasnya daripada
yang lain. Jika anda ingin memakai font untuk barang cetakan font ini umumnya
menghadirkan tiga masalah utama.
Pertama: banyak sistem font yang tidak terlalu baik telah terinstal di komputer.
Namun jika Anda menggunakan komputer Mac, tidak banyak masalah sebab fontnya telah terintegrasi. Dapat disimpulkan sistem font pada Windows adalah yang paling
mengerikan di planet ini, karena (1) banyak font duplikasi, atau ganti nama, (2)
font eksperimen atau font tiruan, (3) font-font lama seperti font windows 95, atau font grafis CorelDraw versi lama, dst. umumnya sudah kadaluarsa sebab tidak kompatible lagi dengan windows yang kita pakai. Hal itulah yang menyebabkan ribuan font bisa jadi ada dalam komputer kita, terutama jika anda suka menginstal font yang tidak diketahui asal-usulnya.
Kedua: Banyak sistem font telah dioptimalkan untuk keterbacaan di layar komputer, tetapi bukan untuk kesempurnaan cetakan.
Keterbacaan font ini ini berasal dari tuntutan desain, yang telah diperhalus
karena tadinya
mereka tidak terlihat
sempurna di layar (misalnya, Georgia,
Verdana, Cambria, dan Calibri), akibatnya font terlihat sekan-akan sempurna di layar, tetapi kikuk pada saat halaman
itu dicetak.
Bandingkan dua font di atas.
Dalam penampilan dasar, mereka seakan serupa. Tapi Georgia dioptimalkan untuk
terlihat sempurna di layar komputer; sebaliknya
Miller dioptimalkan untuk dicetak. Apakah Anda lihat perbedaannya?
Ketiga: Semua sistem font umumnya “overexposed”, artinya untuk dilihat (persepsi) terlihat seakan bagus di layar komputer, dan font ini tertanam pada
jutaan komputer, serta digunakan sepanjang waktu. Namun tidak setiap proyek
tipografi menuntut font baru. Anda dapat menggunakan font-font lama, misalnya font Helvetica yang sudah klasik, tetapi hati-hati ada juga yang tidak asli, karena telah di proses banyak tangan.
Keempat: jika anda mendesain dikomputer anda, kemudian mencetak di printer lain (misalnya di tempat fotocopy) --yang komputernya-- tidak memiliki jenis font yang Anda pakai di komputer Anda. Pekerjaan itu akan sia, sia. Sebab cetakan font akan berubah, walaupun naskah itu sudah anda matikan dengan mentransfernya ke.Pdf.
Pemakaian
font
Ada dua jenis
pemakaian font ini yang umum, misalnya untuk body copy dan untuk tampilan
(display), keduanya dapat menggunakan font yang berlainan dengan tujuan yang
berbeda-beda. Jika Anda kesulitan untuk mendapat font yang bagus, Google sudah menyediakan juga font yang gratis, yang sebenarnya dirancang dari font tiruan atau samasekali baru (news font), hal ini dapat diambil dari: https://www.google.com/fonts/#UsePlace:use
Beberapa font yang populer untuk body copy misalnya Avenir (Mac),
Baskerville (Mac), Bell MT, Californian FB, Calisto MT, Century Schoolbook dan Franklin
Gothic, yang cukup baik di pakai untuk body copy. Untuk pemakaian font kita bisa
mulai dari beberapa pertanyaan berikut ini.
- Jenis pembaca, siapa pembacanya misalnya anak-anak atau buku ilmiah, hal ini berkaitan de-ngan ekspresi huruf.
- Ekspresi huruf, jenis font tertentu oleh desainer untuk mengungkapkan kesan sebuah tempat, kesan bau atau kesan lembut, kasar, tajam, lucu, komersial, klasik dsb. apa pilihan hurufnya, apa alasannya?
- Kejelasan Persepsi, berapa besarnya, berapa point perbedaan antara huruf, warna huruf dan latar, jarak antara huruf, jarak pandang pengamat terhadap huruf.
- Lama pembacaan, misalnya buku dan majalah, jenis font yang dilihat dari kendaraan, yang dilihat pada display
Agar diperoleh rancangan
tipografi yang bermakna maka penulis menganjurkan untuk memahami lagi pelajaran
Metoda Desain untuk DKV, diantaranya
adalah
a. Menentukan tujuan
Seperti setiap proyek, penting untuk
menetapkan tujuan Anda dengan jelas sejak awal. Sebuah cara sederhana untuk
dapat mengikuti jalur yang benar adalah
dengan memasukkan semacam checklist kronologi dengan memasang kerangka waktu.
Yaitu dengan (1) tuliskan satu kata yang dapat meringkas konten (isi), (2) tuliskan
satu kata yang dapat meringkas kesan (impresi) yang akan dicapai oleh anda. Kedua kata
ini dapat bersama-sama memberikan
pengarahan pada saat membuat keputusan pemilihan font. Misalnya konten anda
adalah tentang olahraga, kesan serius atau panas, yang ingin dicapai. Anda dapat memilih dari tabel di bawah ini.
1
|
Relationship
|
Formal*
|
Casual*
|
||
2
|
Kesan yang ingin dicapai (impression)
|
Moderen*
|
|||
Tradisional*
|
|||||
Panas (warm*
|
|||||
dingin (cool) *
|
|||||
Serius*
|
|||||
friendly*
|
|||||
3
|
Body Teks atau Display
|
Body *
|
Display*
|
||
4
|
Jenis Font
|
Serif*
|
Sanserif*
|
Script*
|
|
*=Pilih salah satu atau dua
pasangan
b. Menentukan Jumlah Font
Salah satu pertimbangan lagi yang harus dipikirkan adalah berapa banyak font yang akan Anda gunakan. Sebagian besar waktu keputusan ini berasal dari besarnya kompleksitas proyek Anda.
Misalnya, jika Anda membuat sebuah poster, Anda mungkin tidak menggunakan banyak font, hal ini berbeda jika menentukan font sebuah situs web. Sangat penting untuk dicatat di sini, bahwa memilih jumlah font tidak hanya berarti memilih dua atau tiga jenis tipografi.
Di bawah ini adalah contoh satu jenis font, tetapi dalam family (keluarga) yang berbeda ( light, normal, bold (tebal), condenced (terkompresi), expand (teregang) dan italic (miring).
Sumber Howard, Joe (2013)
Fasilitas untuk merubah-rumah font juga ada dalam Windows 7, seperti yang terlihat pada gambar di bawah.
Anda perlu mempertimbangkan berapa banyak dan
apa varian font dan dan apa bobot Anda akan dipakai
(berat atau ringannya kesan font). Jika jumlah font Anda dapat ditentukan, hal ini
akan membantu Anda menentukan hierarki tipografi Anda.
c. Memahami Kandungan, Isi (Content)
Pentingnya isi informasi
(content) sebagai peran kunci ketika membuat keputusan
font, karena konten ini sering diabaikan. Pada hal
ini adalah subjek pokok yang akhirnya dibaca receiver. Walaupun body copy atau heading tebal besar diperlukan, namun konten yang akan disampaikan lebih penting lagi sebab ini
adalah titik pertama pertimbangan ketika memutuskan apa font yang akan dipakai. Ini
tidak berarti bahwa konten Anda harus benar-benar mendikte apa font yang akan digunakan, tetapi konten adalah apsek yang perlu
dipertimbangkan.
Misalnya contoh di bawah ini
adalah “teks” tentang “teori string”, melibatkan prinsip-prinsip yang kompleks yang berkaitan dengan
fisika. Di sebelah kiri, font yang digunakan adalah Pro Myriad, yaitu font Sans-Serif yang relatif baru. Myriad dikenal sebagai font yang sederhana, bersih alami yang digunakan oleh Apple.
Di sebelah kanan adalah teks yang sama tetapi
dalam Adobe Caslon Pro. Caslon
adalah serif font klasik yang berasal dari tahun 1600-an namun dapat menyampaikan
tingkat tinggi kecanggihan dan integritas. Jadi yang terakhir ini cocok untuk teks ini. Sebab penggunaan Myriad Pro tidak menyampaikan tingkat kecanggihan yang
dibutuhkan konten. Teks terlihat main-main dalam menyampaikan soft-topik kepada pembaca. Di sisi lain, Calson mengungkapkan tingkat kecanggihan
kepada pembaca, sebelum konten dibaca. Artinya Font ini mempersiapkan sebuah kesan kepada pembaca untuk teks dengan konten (isi) yang memiliki rasa kesempurnaan yang kuat.
Sumber Howard, Joe (2013)
Tone (Nada) dan Rasa Font
Setelah Anda telah menentukan konten Anda, hal
berikutnya yang perlu dipikirkan adalah nada atau rasa dari konten. Sebagian besar isi dan nada dapat sama, tetapi dalam beberapa kasus mereka bisa tidak sama. Apakah mereka sama
atau tidak, proses tetap harus diikuti. Hal ini adalah sebuah titik masalah baru yang perlu dipertimbangan yang dapat
berakibat pada tampilan dan kesan teks yang lebih baik atau buruk.
Misalnya contoh di atas ini
terlihat sangat nyata perbedaan itu. Kita dapat mengutip cerita anak-anak yang populer yang disebut 'The Hungry
Caterpillar' oleh Eric Carle,
yaitu sebuah cerita yang lucu. Font yang digunakan di
sebelah kiri adalah Helvetica Reguler,
sedangkan font di sebelah kanan adalah Burbank
Big Medium.
Ternyata versi Helvetica, mungkin mudah dibaca
tetapi penting juga dicatat bahwa dia tidak memiliki karakter
dalam konteks ke konten. Dan sangat jauh dari
kesan teks yang lucu. Di sebelah kanan,
penggunaan Burbank cocok baik dengan
nada teks yang lucu. Variasi halus dalam x-height, bersama dengan karakter lucu yang,
bekerja sama dengan konten.
Font Pairing (Pasangan font) dan
Penggunaan Font Secara Umum
Yang paling sulit dalam merancang pesan dengan tipografi
adalah untuk menentukan pasangan huruf. Misalnya untuk melayout buku, poster
atau hal-hal yang berkaitan dengan tipografi.
Pair (bhs.Inggris) artinya
pasangan, umumnya dalam desain tipografi font itu di rancang berpasangan, dan
ini ada hubungannya dengan konten dan nada yang kita cari. Misalnya mungkin Anda pernah mendengar bahwa jenis font Serif dan Sans
Serif-harus selalu dipasangkan bersama-sama, satu untuk judul, yang lain untuk
body copy.
Meskipun aturan ini tetap benar hampir
sepanjang waktu, ada cara lain untuk memasangkan font, dan itu bisa sangat
tepat untuk memasangkan dua Serif atau dua Sans Serif-bersama-sama. Mari
sekarang kita lihat dua cara utama pasangan font dan teknik masing-masing.
Oleh karena sekarang semuanya sudah dikemas
melalui sofware komputer, penentuan font pairing ini dapat Anda lihat di situs
Font Pairing,
untuk mengetahui font pair dan karakter huruf kita dapat menggunakan
sofware Daniel Will Harris di http://www.will-harris.com/fontpair-d-i.htm,
atau http://www.esperfonto.com/.
Diantara pasangan huruf (Pearing) yang populer adalah sebagai berikut ini.
Terutama untuk Body Copy dan Bisa sebagai Heading
|
Terutama untuk heading, display dan bisa sebagai Body Copy
|
Agfa Nadianne
|
Agfa Nadianne, Agfa
Wile
|
Agfa Wile Roman
|
Futura, Kabel, Impact,
Wide Latin
|
Albertus, Flareserif
821
|
Book Antiqua,
Garamond, Goudy Old Style, Shannon
|
American Typewriter
|
Cooper, Gill Sans, Vag
Rounded
|
Amerigo
|
Frutiger, Univers,
Kabel, Futura, Wide Latin
|
Antique Olive
|
Garth Graphic, Lucida
Bright, Souvenir
|
Arcadia
|
90's
|
Arial Narrow /
Helvetica Narrow
|
Bookman, Century
Schoolbook, Garth Graphic, Melior, Serifa, Times
|
Arial, Helvetica
|
Bookman, Century
Schoolbook, Garth Graphic, Melior, Times
|
Avant Garde, Century
Gothic, Geometric 706
|
Lubalin Graph,
Souvenir
|
Baskerville, New
Baskerville
|
Baskerville Italic,
Futura, Kabel, Univers, Monotype Old Style Bold Outline, Impact
|
Bell MT
|
Bell MT Bold, Gill
Sans
|
Bembo, Aldine 401,
Aetna
|
Gill Sans, Univers
|
Benguiat
|
Benguiat, Korinna
|
Berkeley Old Style
|
Berkeley Old Style,
Bernhard Gothic, Kabel, Cable, Geometric 231, Frutiger, Humanist 777, Univers
Extended, Lithos
|
Bernhard Gothic
|
Bembo, Bernhard Gothic
Light, Bodoni, Caslon, Cheltenham, Garamond Antiqua, Goudy Old Style,
Souvenir
|
Bernhard Modern
|
Bernhard Modern, Bernhard
Gothic, Kabel, Bodoni, Metro, Geometric 415
|
Bodoni Poster, Bodoni
Ultra
|
Bodoni
|
Bodoni
|
Elephant, Bernhard
Gothic, Bodoni Bold, Bodoni Poster, Futura, Kabel
|
Book Antiqua,
Palatino, Zapf Calligraphic
|
Eras Bold, Gill Sans
Bold, Kabel, Lucida Sans Bold Italic, Univers extended, Lithos
|
Bookman Old Style
|
Bookman, Station,
Kabel Bold, Shannon Extra Bold
|
Braggadocio
|
Futura
|
Brittanic Bold
|
|
Broadway
|
Berkeley OldStyle,
Times New Roman, Geometric 231, Kabel, Geometric 415, Futura
|
Calisto
|
Gill Sans, Bernhard
Gothic, Impact
|
Caslon
|
Caslon Bold Italic,
Gill Sans, Univers, Genera
|
Castellar
|
Centaur, Venetian 301,
Galliard
|
Centaur-MT,
Venetian-301
|
Centaur, Castellar,
Delphian
|
Century Schoolbook
|
Bold, Brittanic Bold,
Elephant, Impact, Headline Bold
|
Charlemagne
|
Galliard, Trump
Medieval, Kuenstler 480
|
Charter-ITC
|
Charter BT, Impact
|
Cheltenham,
Cheltenham-ITC
|
Cheltenham, Franklin
Gothic Heavy, Geometric 415, Gill Sans Bold, Shannon Extra Bold
|
City, Square Slabserif
711
|
City Bold, Lithos
|
Clarendon
|
Clarendon, Station
|
Clearface Gothic Bold
|
Bell MT
|
Colonna
|
Galliard
|
Cooper Black
|
Cooper, Souvenir
|
Cooper BT, Cooper
|
Cooper Black, Shannnon
Extra Bold, VAG Rounded Black, Arial Rounded, Lithos
|
Copperplate
|
Galliard, Baskerville,
Garamond, Revival 565, Berkeley OldStyle, Perpetua, Lapidary 333, Joanna,
Cheltenham
|
Coronet, Ribbon 131,
Monoline Script, Monotype Script
|
Arrus BT
|
Delphian
|
Centaur, Galliard
|
Desdemona
|
Korinna, Benguiat,
Perpetua, Lapidary 333
|
Edda, Eckmann
|
Korinna, Benguiat,
Perpetual, Lapidary 333
|
Elephant
|
Galliard
|
Ellington
|
Melior, Zapf
Elliptical
|
English157,
Palace-Script, Embassy, Nuptial
|
Eras Bold, Trump
Medieval, Kuenstler 480
|
Eras
|
|
Footlight MT
|
Footlight MT
|
Freehand 575, Freehand
591, Impress, Contemporary Brush,
|
Cooper, Souvenir,
Cheltenham
|
Friz Quadrata
|
Lithos
|
Frutiger, Humanist 777
|
Charter BT, Melior,
Zapf Elliptical, Amerigo, Times, Berkeley OldStyle, Imperial, Revival 565,
Berling
|
Futura Condensed
|
Charter BT
|
Futura
|
Futura, Baskerville,
Lithos, Serifa
|
Galliard-ITC
|
Elephant, Galliard Bold,
Galliard B-Italic, Kabel, Univers extended Black, Impact, Lithos
|
Garamond, Garamond
Antiqua ATT, Adobe Garamond, ITC Garamond
|
Bernhard Gothic,
Futura, Garamond Bold, Garamond Bold Italic, Frutiger, Humanist 777,
Copperplate, Charlemagne, Impact
|
Garth Graphic
|
Antique Olive, Gill
Sans, Lucida Sans, Univers
|
Gill Sans, Humanist 521
Condensed
|
American Typewriter,
Gill Sans, Bembo Humanist 521, Bembo, Caslon, Cheltenham, Cooper, Korinna,
Souvenir, Times New Roman, Book Antiqua, Bookman, Lithos
|
Gill Sans, Humanist
521
|
American Typewriter,
Gill Sans, Bembo Humanist 521, Bembo, Caslon, Cheltenham, Cooper, Korinna,
Souvenir, Times New Roman, Book Antiqua, Bookman
|
Goudy-Handtooled
|
Goudy Old Style
|
Goudy-Old-Style
|
Albertus, Berhnard
Gothic, Gill Sans, Kabel
|
Gradl
|
Korinna
|
Harrington
|
Korinna, . Cheltenham
|
Headline Bold
|
|
Humanist 970, Adsans
|
Cheltenham, Charter BT
|
Huxley Vertical
|
Amerigo, Arrus,
Bernhard Modern, Galliard, Joanna, Perpetua
|
Impact,
Placard-Bold-Helvetica-Inserat, Swiss-921, Swiss-911, Helvetica-Compressed
|
Agfa Wile Roman,
Baskerville, Calisto, Century Schoolbook, Charter, Galliard, Garamond,
Joanna, Trump Medieval
|
Imperial Roman
|
Black, Frutiger,
Humanist 777
|
Ironwood, Cottonwood,
Juniper, Mesquite, Ponderosa,
|
Ireland, Jupiter,
Woodtype, Cottage, Posse
|
Joanna
|
Joanna, Bernhard
Gothic, Gill Sans, Humanist 521, Impact, Huxley Vertical, Kabel, Metro
|
Kabel-ITC, Cabel,
Geometric-231
|
Amerigo, Arrus,
Bernhard Modern, Berkeley OldStyle, Baskerville, Bodoni, Bookman, Cheltenham,
Galliard, Goudy Old Style, Book Antiqua, Joanna, Lithos
|
Kino
|
Centaur, Venetian 301,
Trump Medieval
|
Korinna-ITC
|
Benguiat, Desdemona,
Edda, Gill Sans, Gradl, Harrington, Korinna, Kabel, Bernhard Gothic, Shannon,
Lucida Sans, Lithos
|
Letter Gothic, Letter
Sans
|
Letter Sans
|
Lithos, Lithographc
|
Book Antiqua, Berkeley
OldStyle, Galliard, City, Korinna, Futura, Kabel, Cheltenham
|
Lubalin Graph
|
Century Gothic,
Lubalin Graph
|
Lucida Bright
|
Antique Olive, Eras,
Lucida Sans, Lucida Bright, Lithos
|
Lucida Calligraphy
Italic
|
Lucida Calligraphy
Italic
|
Lucida Sans
|
Book Antiqua, Garth
Graphic, Lucida Bright, Trump Mediaeval, Lithos
|
Lucida-Handwriting-italic
|
Cheltenham, Serifa
|
Lucida-Sans-Typewriter-Regular
|
Garth Graphic
|
Marigold
|
Centaur
|
Melior,
Zapf-Elliptical, Utopia
|
Microstyle, Melior,
Univers, Ellington Extra Bold
|
Metro, Geometric-415
|
Times New Roman,
Metro, Bernhard Modern, Garamond
|
Microstyle, Eurostile
|
Microstyle, Melior
|
Minion
|
Gill Sans, Univers,
Geometric 415
|
Mistral, Staccato-222
|
Amerigo BT, Arrus BT,
|
Monotype Corsiva, Zapf
Chancery
|
Goudy OldStyle
|
Monotype Engravers
|
Amerigo, Galliard,
Trump Medieval, Kuenstler 480, Centaur, Perpetua, Lapidary 333
|
Monotype Oldstyle Bold
Outline
|
Baskerville, Times New
Roman
|
Joanna
|
Joanna, Bernhard
Gothic, Gill Sans, Humanist 521, Impact, Huxley Vertical, Kabel, Metro
|
Kabel-ITC, Cabel,
Geometric-231
|
Amerigo, Arrus,
Bernhard Modern, Berkeley OldStyle, Baskerville, Bodoni, Bookman, Cheltenham,
Galliard, Goudy Old Style, Book Antiqua, Joanna, Lithos
|
Kino
|
Centaur, Venetian 301,
Trump Medieval
|
Korinna-ITC
|
Benguiat, Desdemona,
Edda, Gill Sans, Gradl, Harrington, Korinna, Kabel, Bernhard Gothic, Shannon,
Lucida Sans, Lithos
|
Letter Gothic, Letter
Sans
|
Letter Sans
|
Lithos, Lithographc
|
Book Antiqua, Berkeley
OldStyle, Galliard, City, Korinna, Futura, Kabel, Cheltenham
|
Lubalin Graph
|
Century Gothic,
Lubalin Graph
|
Lucida Bright
|
Antique Olive, Eras,
Lucida Sans, Lucida Bright, Lithos
|
Lucida Calligraphy
Italic
|
Lucida Calligraphy
Italic
|
Lucida Sans
|
Book Antiqua, Garth
Graphic, Lucida Bright, Trump Mediaeval, Lithos
|
Lucida-Handwriting-italic
|
Cheltenham, Serifa
|
Lucida-Sans-Typewriter-Regular
|
Garth Graphic
|
Marigold
|
Centaur
|
Melior,
Zapf-Elliptical, Utopia
|
Microstyle, Melior,
Univers, Ellington Extra Bold
|
Metro, Geometric-415
|
Times New Roman,
Metro, Bernhard Modern, Garamond
|
Microstyle, Eurostile
|
Microstyle, Melior
|
Minion
|
Gill Sans, Univers,
Geometric 415
|
Mistral, Staccato-222
|
Amerigo BT, Arrus BT,
|
Monotype Corsiva, Zapf
Chancery
|
Goudy OldStyle
|
Monotype Engravers
|
Amerigo, Galliard,
Trump Medieval, Kuenstler 480, Centaur, Perpetua, Lapidary 333
|
Monotype Oldstyle Bold
Outline
|
Baskerville, Times New
Roman
|
Neuland, Informal 011
|
Berkeley OldStyle,
Charter BT, Galliard, Melior, Zapf Elliptical, Times New Roman, Trump
Medieval, Revival 565, Berling, Cheltenham
|
New Berolina, Pepita
|
Benguiat, Galliard,
Perpetua, Lapidary 333, Korinna
|
New Caledonia
|
New Caledonia Bold
|
Optima, Omega, Zapf
Humanist
|
Melior, Zapf
Elliptical, Baskerville, Goudy Old Style
|
OzHandicraft BT
|
Cheltehham
|
Parade
|
Bernhard Gothic, Futura,
Geometric 415, Metro, Kabel, Cheltenham
|
Parisian
|
Galliard, Geometric
415, Metro, Kabel, Cable, Geometric 231, Bernhard Modern, Perpetua, Lapidary
333, Joanna
|
Perpetua, Lapidary-333
|
Perpetua, Lapidary
333, Parisian, Monotype Engravers, Geometric 415, Metro, Bernhard Gothic,
Harrington, Desdemona, Edda
|
Photina
|
Melior, Zapf
Elliptical
|
Playbill
|
Impact, Headline Bold,
Placard Bold
|
Revival 565, Berling
|
Copperplate, Neuland,
Informal 011, Bernhard Gothic, Futura, Frutiger, Humanist 777, Charlemagne, Impact
|
Rockwell, Memphis,
Geometric-Slabserif-712, Geometric-Slabserif-703
|
Serifa, Futura, Joanna
|
Serifa
|
Serifa, Rockwell Extra
Bold, Futura, Univers
|
Shannon ATT
|
Shannon, Albertus
(heads), Bookman, Cheltenham, Cooper, Americana, Souvenir, Korinna
|
Snell Roundhand Bold
|
Centaur, Galliard
|
Souvenir
|
Souvenir Bold, Bold,
Geometric 415, Bernhard Gothic, Antique Olive, Shannon Extra Bold, Gill Sans
Bold, Lithos
|
Stencil
|
Clarendon, Cheltenham
|
Stop
|
Charter BT, Amerigo
BT, Serifa, Melior, Zapf Elliptical
|
Tekton, Technical
|
Cheltenham
|
Times New Roman
|
Arial, Bernhard
Gothic, Broadway, Futura, Gill Sans, Bold, Geometric 415, Metro, Monotype
OldStyle Bold Outline, Neuland, Informal 011, Kabel, Impact, Frutiger,
Humanist 777
|
Trajan
|
Galliard, Centaur
|
Trump Medieval,
Kuenstler 480
|
Eras, Lucida Sans Bold
Italic, Trump Mediaeval, Impact, Charlemagne, Kino, Humanist 777, Wide Latin
|
Umbra
|
Futura, Gill Sans
|
Univers Zurich
Condensed
|
Baskerveille, Berkeley
OldStyle, Bodoni, Calisto, Caslon, Melior, Galliard, Serifa, Times, Trump
Mediaeval, Garth Graphic, Charter BT, Stop, Garamond,
|
Univers Extended,
Zurich Extended
|
Baskerveille, Berkeley
OldStyle, Bodoni, Calisto, Caslon, Melior, Galliard, Serifa, Times, Trump
Mediaeval, Garth Graphic, Charter BT, Stop, Garamond,
|
Univers, Zurich
|
Baskerville, Berkeley
OldStyle, Bodoni, Calisto, Caslon, Melior, Galliard, Serifa, Times, Trump
Mediaeval, Garth Graphic, Charter BT, Stop, Garamond,
|
VAG Rounded, Arial
Rounded
|
Amertican Typewriter,
VAG Rounded, Arial, Cheltenham
|
Wide Latin
|
Trump Medieval,
Amerigo, Agfa Wile Roman, Galliard, Times, Bell MT, New Caledonia
|
Sumber:
Daniel Will Harris, Font Pairing, http://www.will-harris.com/fontpair-d-i.htm
Catatan:
yang ditandai dengan warna merah adalah font yang aman dipakai sebagai body copy maupun sebagai heading. Yang bertanda bold adalah untuk heading.
yang ditandai dengan warna merah adalah font yang aman dipakai sebagai body copy maupun sebagai heading. Yang bertanda bold adalah untuk heading.
Pairing dengan Harmoni
Kesesuaian antara font menyiratkan ada semacam
kesepakatan bahwa dua font memiliki kesamaan yang umum. Pairing dengan keharmonisan boleh jadi sering
diabaikan desainer, terutama karena sebagian besar desainer cenderung memilih kontras, misalnya heading jenis font sanserif, dan body copy adalah jenis font serif.
Namun jika pairing dengan
harmoni dapat diakukan dengan benar, dengan memasangkan dua
font serupa, akibatnya dapat menghasilkan tampilan yang sangat bersih, halus dan
profesional.
(1) Pairing dengan Concord
(harmoni) dengan jenis huruf (typeface) yang sama
Salah satu teknik yang baik dalam memasang agar font memperoleh kerukunan/harmoni adalah untuk menggabungkan dua font yang sama
font-familynya. Anda sering dapat mencapai hasil yang baik dengan memilih font
serif dan sans-serif yang termasuk ke dalam jenis huruf yang sama. Meskipun ini
sering dapat dilakukan, namun cara lain adalah dengan memilih salah satu font dan membuat kontras
halus melalui versi demi-bold atau semi-condensed untuk judul.
(2) Pairing dengan Concord
(harmoni) dengan Font yang Mirip
Memilih dua
font serupa agar harmonis dapat
diperoleh dengan memasangkan dua font-kategori yang
sama bersama-sama (misalnya dari dua jenis serif).
Sumber Howard, Joe (2013)
Ketika memilih dua font dari kategori yang
sama, perhatikan
bobot dan bentuknya untuk memastikan ada
kesamaan dalam satu dan perbedaan yang lain. (mis bobot yang sama dengan bentuk
kontras). Mari
kita mulai dengan contoh kiri. Kedua font Sans-Serif dan memiliki sifat bentuk yang
sama, yang memungkinkan mereka bekerja sama dengan baik. Tapi kita masih perlu ada titik perbedaan diantaranya, yaitu dengan menggunakan
Bold PT Sans agar terlihat dominan di antara keduanya.
Sekarang ke contoh kedua. Keduanya font serif,
yang dapat memberikan
titik kesamaan. Ketika kedua jenis
font jenis serif ini disatukan, muncul kebutuhan adanya sebuah font agar mendominasi
yang lain, baik melalui bobotnya atau bentuknya, atau keduanya. Droid Serif adalah font yang agak ringan, mengesankan kontras yang
jelas dari
bold Cambria. Pertimbangan lain di sini adalah lebar kerning Cambria dan penekanan ketebalan yang jelas, yang
membantu membedakan dirinya dari body copy. Dari kedua contoh ini, dimana dua font dari jenis
huruf yang sama dipasangkan bersama,
adalah sebuah praktik yang relatif umum pasangan font oleh desainer. Hasilnya
adalah salah satu cara terbersih dari
pasangan font
yang mungkin
dilaksanakan.
Contoh Penggunaan dua jenis font untuk cover buku (pairing dengan kontras) oleh Penulis
Pairing dengan Kontras
Jika Anda memasangkan Sebaliknya Anda harus
memilih dua klasifikasi font yang berbeda. Hal ini dapat dicapai dengan
beberapa cara yang berbeda, yang paling umum adalah untuk menggabungkan serif
dengan sans-serif. Anda dapat menemukan kontras melalui kualitas font yang
berbeda, seperti ukuran, gaya, berat, klasifikasi dan lain-lain.
• Kontras Style
Gaya font yang umum dikenal sebagai klasifikasi, seperti Monospace, Script, Slab-Serif, modern dan lain-lain. Ketika pasangan Sebaliknya Anda ingin memilih dua yang saling melengkapi.
• Kontras Ukuran
Tidak banyak untuk mengatakan di sini, menggabungkan font ukuran besar dengan yang kecil.
• Kontras Bobot atau Berat
Kontras bobot ini cukup banyak secara umum dipraktikkan, dan kebanyakan orang melakukannya tanpa berpikir. Menggunakan bobot adalah cara yang baik untuk mengembangkan hirarki visual melalui kedua judul dan sub-judul.
•Kontras Bentuk
Kontras dengan bentuk adalah salah satu yang menarik. Jika Anda memasangkan dua font yang sama bersama-sama, memastikan ada kontras dalam proporsi. Ini bisa apa saja dari kerning, ke x-height. Dua contoh di bawah ini menunjukkan penggunaan pasangan Serif dan Sans-Serif font sebagai judul.
Sumber Howard, Joe (2013)
Dapat kita pertimbangkan contoh yang di sebelah kiri. Rockwell dan PT Sans bekerja
sama dengan baik karena kejelasan mereka dan bentuk yang sama. Meskipun kontras
Blok-Serif (Rockwell) dan Sans-Serif (PT Sans) yang jelas, ada kontras halus
lain seperti perbedaan alami dalam bobot dari dua font. Dalam hal ini, kita
tidak perlu menggunakan font Rockwell dari serif berat yang mendominasi halaman. Sebuah serif yang diperbesar hampir
selalu dapat
mendominasi Sans-Serif secara visual.
Contoh font pairing dengan kontras, kesan: dingin, serius, dan tajam. sumber:https://www.pinterest.com/pin/382594930818149015/
Sekarang mari kita lihat contoh di sebelah
kanan. Clarendon adalah jenis huruf yang sangat dominan, itulah sebabnya
mengapa kita memilih untuk Clarendon light (terang) sebagai bodi copy. Kita
bisa melihat bahwa bahkan dalam bentuk
Clarendon
light, Clarendon adalah font yang secara visual terlihat sangat berat. Untuk
mengatasi ini, dan agar terdapat hirarki visual yang tepat untuk teks, maka dominasi sans-serif dapat digunakan, misalnya font Franklin Gothic, yang harus digunakan
adalah Demi-Bold.
Tapi itu bukan hanya tentang menciptakan kontras, dua font perlu berbagi
beberapa kesamaan. Kedua font Clarendon dan Franklin Gothic terlihat memiliki karakter lebar dan kerning yang
berbeda, dan dapat dipertanyakan kenapa
mereka dapat bekerja
sama dengan baik.
Memahami dan Bekerja secara otomatis melalui fasilitas
font pairing di internet
Untuk bekerja otomatis, kita
dapat menggunakan fasilitas Font Pairing di internet. Yaitu untuk mengetahui font pair dan karakter huruf
dari sofware Daniel Will Harris di
http://www.esperfonto.com/,
Caranya adalah sebagai
berikut buka http://www.esperfonto.com/, kemudian centang atau klik kotak kesan font yang
kita inginkan, misalnya kesan serius,
kemudian klik “Search Font”, maka akan
keluar tampilan berikut ini, yang sekaligus menampilkan font pairingnya.
Variasi lainnya adalah dengan mengetikkan font yang kita kenal di
typeface Name (Optional), misalnya “book Antiqua”,
kemudian klik “search font”
maka akan keluar kesan atau impresi dari font book antiqua secara umum , misalnya bahwa font book antiqua itu memberi kesan :
Businesslike
Classic
Elegant
Fancy
Serious
Stylish
Traditional
sekaligus memberi informasi bahwa font ini bisa dipakai untuk body copy dan display, dan pasangan huruf dari book antiqua adalah
Eras Bold, Gill Sans Bold, Kabel, Lucida Sans Bold Italic, Optima, Univers / Zurich extended, Genera Extended, Lithos
Cara kedua adalah dengan masuk ke situs di bawah ini
pada situs ini kita tidak usah payah-payah mencari jenis font untuk buku (heading dan body copy, sebab sudah disediakan dalam situs ini, dan setelah diketahui namanya kita tinggal mencarinya di internet untuk download dan memasukkannya ke komputer kita.
Sumber-Sumber Font Gratis dan Terbaru di Internet
Disamping sumber-sumber font
yang tersedia di komputer, kita dapat memakai font-font terbaru yang tersedia
di internet untuk desain yang kita buat. Umumnya font-font itu
diklassifikasikan sesuai dengan pemakaiannya misalnya:
a) Font jenis Sans-serif
b)
Font jenis Serif,
c)
Font untuk Display,
misalnya untuk Poster, Headlines dan Titles
d)
Font untuk Skrip
dan Kaligrafi Indah
Diantara sumber-sumber font
tahun 2014, misalnya yang dapat diakses di situs ini yang penulis anggap
terbaik
1.
1001 Fonts, di http://www.1001fonts.com/
2.
Dafont, di http://www.dafont.com/
3.
Font free, di http://www.wantedfonts.com/
4.
Khusus untuk font heading
Sebaiknya lihat di: http://www.youthedesigner.com/graphic-design-resources/35-free-big-bold-and-beautiful-headline-fonts/
5. Untuk tahun 2018 sudah banyak situs yang membahas ini, khusus untuk pembuatan buku lihat di https://www.thebookdesigner.com/2015/08/5-favorite-free-fonts/
5. Untuk tahun 2018 sudah banyak situs yang membahas ini, khusus untuk pembuatan buku lihat di https://www.thebookdesigner.com/2015/08/5-favorite-free-fonts/
Sumber:http://www.thirtyhandmadedays.com/2013/08/how_to_pair_fonts_together/
Manajemen Font
Font-font yang ada di komputer sebenarnya dapat dikelola, misalnya di tambah (dinstal), non-instal, atau untuk melihat persamaan antara font. Software untuk pengelolaan font ini ada yang tersedia secara gratis dan ada yang berbayar. Diantaranya adalah berikut ini.
- The Font Thing, adalah untuk melihat dan menginstal font, situsnya ada di http://the-font-thing.en.softonic.com (gratis)
- Typograf, Software ini penting.untuk melihat persamaan (similarity), perbandingan (compare) diantara font yang terinstal di komputer. Dapat dilihat di situs http://download.cnet.com/Typograf/3000-2316_4-10015432.html (gratis)
- Yang lebih canggih adalah manajemen font yang disediakan oleh Window, yaitu FontExpert 2014, tetapi sayang software ini adalah trial, dan berbayar. di http://download.cnet.com/FontExpert-2014/3000-2316_4-10039182.html
- Untuk melihat beberapa sofware yang lain secara komprehensif lihat di : http://www.smashingmagazine.com/2008/09/05/25-font-management-tools-reviewed/
Terserah anda sofware mana yangakan anda pakai untuk manajemen font, tetapi penulis akhir-akhir ini suka menggunakan sofware Font Xplorer Lite, karena ringan dan praktis untuk melihat font yang terinstal di komputer, sebelum menggunakan di Windows. Ada saja font yang terlihat di sofware ini, tetapi di Windows tidak nampak, ini tanda font itu tidak kompatible dengan Windows yang kita pakai.
Ada saatnya dimana kita memikirkan efisiensi pemakaian kertas untuk layout sebuah buku. Maka timbul pertanyaan.
- Mana font yang memenuhi syarat, untuk barang cetakan dan bebas dari masalah hak cipta font (sudah milik umum)
- Jenis font body copy (yaitu font san serif) yang memenuhi syarat, yaitu cukup kecil, tidak membuang banyak ruang dalam kertas, dan keterbacaannya masih jelas, jika dibandingkan dengan jenis time News Roman, 11 pt.
Dimana penentuan ukuran ini tergantung jenis huruf sehingga semua kelihatan mirip dalam besarannya. Hasilnya adalah berikut ini.
Font Palatino Roman Th, 10, pt adalah jenis font dapat menghemat kertas, sebab hanya menggunakan sekitar 234 halaman B5sedangkan yang terbanyak membutuhkan kertas adalah Century Scholl SSi (269 hal) untuk naskah yang sama. (lihat tabel di bawah).
Artinya, jika Anda menggunakan font Palatino Roman Th, 10 pt untuk body copy, Anda hanya membutuhkan 234 hal dari kertas ukuran B5. Tetapi jika menggunakan font century school ssi, membutuhkan 260 hal, untuk naskah yang sama. Biasanya pengambilan putusan ini beruku hubungan dengan harga buku. Dengan catatan perwajahan dan layout buku yang masih baik. Sebab ada juga penerbit yang tidak mempedulikn layout buku, sehingga font dari naskah di jejal ke dalam halaman buku. Pimpinan percetakan atau penerbit seperti ini adalah pimpinan yang tidak menghargai desain.
Anda dapat mengadakan percobaan sendiri, dan dengan adanya daftar ini, Anda tinggal menentukan font pairing (pasangannya) , yaitu font untuk heading dan sub heading.
Font dengan bold/ warna merah (ditebalkan) adalah font yang tidak banyak masalah untuk body copy.
Nama Font
|
Pt
|
Hal
|
selisih
|
Jenis F
|
Franklin
Gothic
|
10
|
234
|
0
|
serif
|
Palatino
Roman Th
|
10
|
234
|
0
|
serif
|
Gill-Sans MT
|
10,5
|
239
|
5
|
|
Miller Text
|
10
|
240
|
6
|
|
Optima
|
10
|
240
|
6
|
|
Myriad Pro
Semi Ext
|
10
|
241
|
7
|
sans s
|
Franklin
Gothic
|
10,5
|
241
|
7
|
|
Goudy Old
Style
|
10,5
|
241
|
7
|
serif
|
Zapf-Elliptical
|
10
|
242
|
8
|
sans s
|
Calisto MT
|
10
|
242
|
8
|
serif
|
Calisto MT
|
10
|
242
|
8
|
|
Californian
FB
|
10,5
|
242
|
8
|
|
Helvetica
|
10,5
|
242
|
8
|
sans s
|
Hofler Text
|
10,5
|
243
|
9
|
|
Myriad Pro
Semi Bold
|
10,5
|
243
|
9
|
sans s
|
American
Typewriter
|
9,5
|
243
|
9
|
serif
|
Source San
Pro
|
10
|
244
|
10
|
sans s
|
Garamond
|
11
|
245
|
11
|
serif
|
Calisto MT
|
10,5
|
246
|
12
|
serif
|
Baskerville
Old Face MT
|
11
|
246
|
12
|
serif
|
Gill-Sans
|
11
|
247
|
13
|
|
Bell MT
|
11
|
248
|
14
|
serif
|
Times New
Roman
|
11
|
248
|
14
|
serif
|
Caslon
|
10,5
|
249
|
15
|
serif
|
Helvetica
|
11
|
250
|
16
|
sans s
|
Goudy Old
Style
|
11
|
251
|
17
|
serif
|
ZapHumanis
|
10,5
|
251
|
17
|
sans s
|
Myriad Pro
Semi Ext
|
10,5
|
251
|
17
|
sans s
|
Miller Text
|
10,5
|
252
|
18
|
semi s
|
Bodony
|
11
|
253
|
19
|
serif
|
Korina
regular
|
10
|
253
|
19
|
sans s
|
Century
Shcoolbook
|
11
|
253
|
19
|
semi s
|
Bodony
|
11
|
253
|
19
|
semi s
|
Zapf-Elliptical
|
10,5
|
254
|
20
|
sans s
|
Cheltham
Normal
|
10,5
|
254
|
20
|
semi s
|
Baskerville
Normal
|
11
|
257
|
23
|
serif
|
Minion Pro
|
10,5
|
259
|
25
|
serif
|
Century
school ssi
|
11
|
260
|
26
|
semi s
|
Book
Antiqua
|
11
|
269
|
35
|
serif
|
Catatan Akhir
Artikel ini sama dengan tanya jawab seorang dokter dengan pasien di internet, sebab tanya jawab itu bukanlah untuk mengobati penyakit pasien. Penyakit yang parah hanya diketahui jika pasien konsultasi langsung atau menggunakan jasa seorang dokter. Oleh sebab itu pekerjaan yang profesional, hanya bisa dikerjakan oleh ahlinya. Termasuk juga pekerjaan-pekerjaan DKV. Jadi jika Anda memiliki pekerjaan yang tampilannya dapat terlihat profesional, gunakanlah jasa Desainer DKV.
Lihat juga: 50 desain tipography amazing tahun 2015
1 komentar:
makasih infonya, bermanfaat bgt. kalo ane mau download font keren di mana ya?
Posting Komentar