Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis blog ini

Kamis, 04 Juni 2015

Pasangan Font (Font Pairing) dan Persepsi

Oleh Nasbahry Couto

Sekarang ini lagi musim Pilkada, dimana-mana di pajang iklan/ poster calon kepala daerah disertai dengan tulisan- tulisan (font)-- yang menampilkan slogan-slogan untuk mempengaruhi massa pemilih di daerah masing-masing. Yang menarik adalah bagaimana para pengelola propaganda itu dalam hal  menampilkan tokoh dan pemilihan font yang dipakai dalam slogan itu. Menurut  penulis banyak yang tidak peduli dengan tipografi, sebanyak yang tidak peduli dengan cara menampilkan tokoh yang sering terlihat lucu dan konyol. Proyek seperti ini hanya di buat asal-asalan dan kemudian di pajang di pinggir jalan. Hal ini dapat dimengerti, karena duit masuk mengalir deras ke kas pemilik digital printing tanpa menggunakan jasa desainer DKV.
Artikel ini tidak hanya untuk desainer DKV, untuk melayout buku atau DESAIN WEB, tetapi juga penting bagi guru-guru di SD,SMP dan SMU yang ingin mengajarkan bagaimana membuat poster yang baik dengan pengetahuan menggunakan kombinasi beberapa jenis font secara kreatif dan indah di pandang mata untuk berbagai kegunaan, misalnya membuat kop surat, poster, kartu undangan, brosur maupun spanduk. Dan tentu saja sebaiknya harus menggunakan komputer. Walaupun hal ini bisa dikerjakan secara manual.

Sumber: https://dwikisetiyawan.wordpress.com/2009/03/31/spanduk-lucu-dan-inspiratif-caleg-pemilu-2009/ 


Sejak penggunaan komputer bukan lagi menjadi barang mewah, penggunaan tipografi secara bebas menjadi gejala yang umum. Dan juga, karena mudahnya mendapatkan font dari internet, 

Gejala ini juga terlihat pada pemilihan font untuk penerbitan dan tulisan ilmiah di perguruan Tinggi. Misalnya font untuk body copy dan heading untuk penerbitan. Atau, misalnya apa dasar pemakaian Time New Roman sebagai standar tulisan ilmiah di PT dengan spasi 1,5 point. Bukankah ini terjadi sejak pemakaian Windows, dan hanya untuk keseragaman?


Tulisan di bawah ini mungkin tidak akan mengkaji hal teori persepsi untuk produk representasi (foto dan gambar) dan penulis hanya mencoba untuk membahas pemakaian dan persepsi mengenai font yang sering dipergunakan secara bebas.


Makna yang dapat Muncul dari Font (huruf): Antara Persepsi dan Cetakan.


Umumnya font di rancang untuk dua kepentingan, pertama adalah untuk di lihat (tampilan), dan kedua adalah untuk cetakan. Font untuk tampilan misalnya font untuk layar komputer, internet, blog, dan atau tampilan untuk display.

Perusahan Microsof misalnya telah merancang font untuk window 7 (Cambria, calibri, Cambria Reguler adalah font serif default di Microsoft Office 2007. Font Ini dirancang oleh Jelle Bosma, Steve Matteson dan Robin Nicholas. Tujuan dari jenis huruf ini adalah untuk memberikan gambaran yang lebih jelas di layar komputer. Tetapi tidak sempurna untuk di cetak.

Yang lain adalah Georgia, Verdana dan Arial, Arial misalnya tidak konsisten (dalam cetakan) dan tidak memiliki keseimbangan ketimbang font Helvetica (walaupun keduanya mirip). Jadi jika Anda ingin menggunakan font Arial, sebaiknya diurungkan, dan gunakanlah font yang mirip dengan arial seperti Helvetika, atau Swiss  untuk barang cetakan. 

Pada font jenis kecil a, c, e, g, s, dan t di Helvetica kemiringan ujung fontnya persis horisontal. Dalam Arial, kemiringan ujung font umumnya sembarangan. Membaca Arial adalah seperti mencoba untuk makan malam di meja restoran yang digoyang gempa. Jadi Anda jangan berbesar hati jika menggunakan font-font yang baik tampilannya di layar komputer, seperti times roman, cambria, verdana, atau arial, sebab font jenis ini fungsinya untuk tampilan bukan untuk cetakan (printed)

Ribuan Font

Terdapat ribuan font yang gratis maupun yang berbayar atau font komersial di komputer Anda. Jika font-font ini dipakai untuk mendesain, timbul pertanyaan, Apakah font-font itu baik dipakai untuk rancangan atau proyek Anda ? Jawabnya bisa ya, bisa tidak. Hal ini tergantung dari kepiawaian Anda dalam merancang, misalnya melayout buku atau display seperti poster.  

Menurut ahli font, tidak ada yang benar dan salah dalam penggunaan font. Font apapun dapat dipakai, semua font  dapat dipakai dalam merancang. Yang masalah adalah apakah font itu cocok atau tidak cocok untuk desain Anda. Hal ini memperlihatkan apakah anda peduli dengan tipografi atau tidak, apakah anda ahli dalam bidang DKV atau tidak. Penulis sendiri sudah berkali-kali merubah jenis font yang dipakai untuk tampilan blog ini jika ada yang dirasakan kurang.

Namun suatu hal yang pasti terjadi, kebanyakan orang akan kebingungan saat memastikan apakah font yang dipakai untuk rancangan atau proyeknya itu cocok atau tidak cocok, sebab terdapat ribuan font dalam komputernya.

Penulis sendiri memiliki koleksi lebih dari 9000 font, untuk kepentingan layout penerbitan. Yang berbayar memang adalah font yang langka dan umumnya dipakai oleh perusahan besar yang mampu membeli font, seperti font yang bernama Solano, atau Akzidenz Grotesk atau jenis-jenis font rancangan baru atau modern oleh ahli font, tidak akan ditemukan yang gratis dan asli di internet.




Sistem font umumnya telah terinstal di komputer Anda. Ada beberapa yang lebih baik kualitasnya daripada yang lain. Jika anda ingin memakai font untuk barang cetakan font ini umumnya menghadirkan  tiga masalah utama.

Pertama: banyak sistem font yang tidak terlalu baik telah terinstal di komputer. Namun jika Anda menggunakan komputer Mac, tidak banyak masalah sebab fontnya telah terintegrasi. Dapat disimpulkan sistem font pada Windows adalah yang paling mengerikan di planet ini, karena (1) banyak font duplikasi, atau ganti nama, (2) font eksperimen atau font tiruan, (3) font-font lama seperti font windows 95, atau font grafis CorelDraw versi lama, dst. umumnya sudah kadaluarsa sebab tidak kompatible lagi dengan windows yang kita pakai. Hal itulah yang menyebabkan ribuan font bisa jadi ada dalam komputer kita, terutama jika anda suka menginstal font yang tidak diketahui asal-usulnya.

Kedua: Banyak sistem font telah dioptimalkan untuk keterbacaan di layar komputer, tetapi bukan untuk kesempurnaan cetakan. Keterbacaan font ini ini berasal dari tuntutan desain, yang telah diperhalus karena tadinya mereka tidak terlihat sempurna  di layar (misalnya, Georgia, Verdana, Cambria, dan Calibri), akibatnya font terlihat sekan-akan  sempurna di layar, tetapi kikuk pada saat halaman itu dicetak.


Bandingkan dua font di atas. Dalam penampilan dasar, mereka seakan serupa. Tapi Georgia dioptimalkan untuk terlihat sempurna di layar komputer; sebaliknya  Miller dioptimalkan untuk dicetak. Apakah Anda lihat perbedaannya?

Ketiga: Semua sistem font umumnya “overexposed”, artinya untuk dilihat (persepsi) terlihat seakan bagus di layar komputer, dan font ini tertanam pada jutaan komputer, serta digunakan sepanjang waktu. Namun tidak setiap proyek tipografi menuntut font baru. Anda dapat menggunakan font-font lama, misalnya font Helvetica yang sudah klasik, tetapi hati-hati ada juga yang tidak asli, karena telah di proses banyak tangan.

Keempat: jika anda mendesain dikomputer anda, kemudian mencetak di printer lain (misalnya di tempat fotocopy) --yang komputernya-- tidak memiliki jenis font yang Anda pakai di komputer Anda. Pekerjaan itu akan sia, sia. Sebab cetakan font akan berubah, walaupun naskah itu sudah anda matikan dengan mentransfernya ke.Pdf.

Pemakaian font
Ada dua jenis pemakaian font ini yang umum, misalnya untuk body copy dan untuk tampilan (display), keduanya dapat menggunakan font yang berlainan dengan tujuan yang berbeda-beda. Jika Anda kesulitan untuk mendapat font yang bagus, Google sudah menyediakan juga font yang gratis, yang sebenarnya dirancang dari font tiruan atau samasekali baru (news font), hal ini dapat diambil dari: https://www.google.com/fonts/#UsePlace:use

Beberapa font yang populer untuk body copy misalnya Avenir (Mac), Baskerville (Mac), Bell MT, Californian FB, Calisto MT, Century Schoolbook dan Franklin Gothic, yang cukup baik di pakai untuk body copy. Untuk pemakaian font kita bisa mulai dari beberapa pertanyaan berikut ini.
  • Jenis pembaca, siapa pembacanya misalnya anak-anak atau buku ilmiah, hal ini berkai­tan de-n­gan ekspresi huruf.
  • Ekspresi huruf, jenis font tertentu oleh desainer untuk mengungkapkan kesan sebuah tempat, kesan bau atau kesan lembut, kasar, tajam, lucu, komersial, klasik  dsb. apa pilihan hurufnya, apa alasannya?
  • Kejelasan Persepsi, berapa besarnya, berapa point perbedaan antara huruf, warna huruf dan latar, jarak antara huruf, jarak pandang pengamat terhadap huruf.
  • Lama pembacaan, misalnya buku dan majalah, jenis font yang dilihat dari kendaraan, yang dilihat pada display 
Merancang Tipografi yang Bermakna

Agar diperoleh rancangan tipografi yang bermakna maka penulis menganjurkan untuk memahami lagi pelajaran Metoda Desain untuk DKV, diantaranya adalah

a. Menentukan tujuan
Seperti setiap proyek, penting untuk menetapkan tujuan Anda dengan jelas sejak awal. Sebuah cara sederhana untuk dapat mengikuti  jalur yang benar adalah dengan memasukkan semacam checklist kronologi dengan memasang kerangka waktu. Yaitu dengan (1) tuliskan satu kata yang dapat meringkas konten (isi), (2) tuliskan satu kata yang dapat meringkas kesan (impresi) yang akan dicapai oleh anda. Kedua kata ini dapat bersama-sama  memberikan pengarahan pada saat membuat keputusan pemilihan font. Misalnya konten anda adalah tentang olahraga, kesan serius atau panas, yang ingin dicapai. Anda dapat memilih dari tabel di bawah ini.

1
Relationship
Formal*
Casual*
2
Kesan yang ingin dicapai (impression)
Moderen*
Tradisional*
Panas (warm*
dingin (cool) *
Serius*
friendly*
3
Body Teks atau Display
Body *
Display*
4
Jenis Font
Serif*
Sanserif*
Script*
*=Pilih salah satu atau dua pasangan

b. Menentukan Jumlah Font

Salah satu pertimbangan lagi yang harus dipikirkan adalah berapa banyak font yang akan Anda gunakan. Sebagian besar waktu keputusan ini berasal dari besarnya kompleksitas proyek Anda. 

Misalnya, jika Anda membuat sebuah poster, Anda mungkin tidak menggunakan banyak font, hal ini berbeda jika menentukan font sebuah situs web. Sangat penting untuk dicatat di sini, bahwa memilih jumlah font tidak hanya berarti memilih dua atau tiga jenis tipografi. 

Di bawah ini adalah contoh satu jenis font, tetapi dalam family (keluarga) yang berbeda ( light, normal, bold (tebal), condenced (terkompresi), expand (teregang) dan italic (miring).


    Sumber Howard, Joe (2013)

Fasilitas untuk merubah-rumah font juga ada dalam Windows 7, seperti yang terlihat pada gambar di bawah.



Anda perlu mempertimbangkan berapa banyak dan apa varian font dan dan apa bobot Anda akan dipakai (berat atau ringannya kesan font). Jika jumlah font Anda dapat ditentukan, hal ini akan membantu Anda menentukan hierarki tipografi Anda.


c. Memahami Kandungan, Isi (Content)

Pentingnya isi informasi (content) sebagai peran kunci ketika membuat keputusan font, karena konten ini sering diabaikan. Pada hal ini adalah subjek pokok yang akhirnya dibaca receiver. Walaupun body copy atau heading tebal besar diperlukan, namun konten yang akan disampaikan lebih penting lagi sebab ini adalah titik pertama pertimbangan ketika memutuskan apa font yang akan dipakai. Ini tidak berarti bahwa konten Anda harus benar-benar mendikte apa font yang akan digunakan, tetapi konten adalah apsek yang perlu dipertimbangkan.

Misalnya contoh di bawah ini adalah “teks tentang teori string, melibatkan prinsip-prinsip yang kompleks yang berkaitan dengan fisika. Di sebelah kiri, font yang digunakan adalah Pro Myriad, yaitu font Sans-Serif yang relatif baru. Myriad dikenal sebagai font yang sederhana, bersih alami yang digunakan oleh Apple.

Di sebelah kanan adalah teks yang sama tetapi dalam Adobe Caslon Pro. Caslon adalah serif font klasik yang berasal dari tahun 1600-an namun dapat menyampaikan tingkat tinggi kecanggihan dan integritas. Jadi yang terakhir ini cocok untuk teks ini. Sebab penggunaan Myriad Pro tidak menyampaikan tingkat kecanggihan yang dibutuhkan konten. Teks terlihat main-main dalam menyampaikan soft-topik kepada pembaca. Di sisi lain, Calson mengungkapkan tingkat kecanggihan kepada pembaca, sebelum konten dibaca. Artinya Font ini mempersiapkan sebuah kesan kepada pembaca untuk teks dengan konten (isi) yang memiliki rasa kesempurnaan yang kuat.


    Sumber Howard, Joe (2013)


Tone (Nada) dan Rasa Font
Setelah Anda telah menentukan konten Anda, hal berikutnya yang perlu dipikirkan adalah nada atau rasa dari konten. Sebagian besar isi dan nada dapat sama, tetapi dalam beberapa kasus mereka bisa tidak sama. Apakah mereka sama atau tidak, proses tetap harus diikuti. Hal ini adalah sebuah titik masalah baru yang perlu dipertimbangan yang dapat berakibat pada tampilan dan kesan teks yang lebih baik atau buruk.
  
     Sumber Howard, Joe (2013)

Misalnya contoh di atas ini terlihat sangat nyata perbedaan itu. Kita dapat mengutip cerita anak-anak yang populer yang disebut 'The Hungry Caterpillar' oleh Eric Carle, yaitu sebuah cerita yang lucu. Font yang digunakan di sebelah kiri adalah Helvetica Reguler, sedangkan font di sebelah kanan adalah Burbank Big Medium.

Ternyata versi Helvetica, mungkin mudah dibaca tetapi penting juga dicatat bahwa dia tidak memiliki karakter dalam konteks ke konten. Dan sangat jauh dari kesan teks yang lucu. Di sebelah kanan, penggunaan Burbank cocok baik dengan nada teks yang lucu. Variasi halus dalam x-height, bersama dengan karakter lucu yang, bekerja sama dengan konten. 

Font Pairing (Pasangan font) dan Penggunaan Font Secara Umum

Yang paling sulit dalam merancang pesan dengan tipografi adalah untuk menentukan pasangan huruf. Misalnya untuk melayout buku, poster atau hal-hal yang berkaitan dengan tipografi.
Pair (bhs.Inggris) artinya pasangan, umumnya dalam desain tipografi font itu di rancang berpasangan, dan ini ada hubungannya dengan konten dan nada yang kita cari. Misalnya mungkin  Anda pernah mendengar bahwa jenis font Serif dan Sans Serif-harus selalu dipasangkan bersama-sama, satu untuk judul, yang lain untuk body copy.

Meskipun aturan ini tetap benar hampir sepanjang waktu, ada cara lain untuk memasangkan font, dan itu bisa sangat tepat untuk memasangkan dua Serif atau dua Sans Serif-bersama-sama. Mari sekarang kita lihat dua cara utama pasangan font dan teknik masing-masing.

Oleh karena sekarang semuanya sudah dikemas melalui sofware komputer, penentuan font pairing ini dapat Anda lihat di situs Font Pairing, untuk mengetahui font pair dan karakter huruf kita dapat menggunakan sofware  Daniel Will Harris di http://www.will-harris.com/fontpair-d-i.htm, atau http://www.esperfonto.com/.


Diantara pasangan huruf (Pearing) yang populer adalah sebagai berikut ini.

Terutama untuk Body Copy dan Bisa sebagai Heading
Terutama untuk heading, display dan bisa sebagai Body Copy 
Agfa Nadianne
Agfa Nadianne, Agfa Wile
Agfa Wile Roman
Futura, Kabel, Impact, Wide Latin
Albertus, Flareserif 821
Book Antiqua, Garamond, Goudy Old Style, Shannon
American Typewriter
Cooper, Gill Sans, Vag Rounded
Amerigo
Frutiger, Univers, Kabel, Futura, Wide Latin
Antique Olive
Garth Graphic, Lucida Bright, Souvenir
Arcadia
90's
Arial Narrow / Helvetica Narrow
Bookman, Century Schoolbook, Garth Graphic, Melior, Serifa, Times
Arial, Helvetica
Bookman, Century Schoolbook, Garth Graphic, Melior, Times
Avant Garde, Century Gothic, Geometric 706
Lubalin Graph, Souvenir
Baskerville, New Baskerville
Baskerville Italic, Futura, Kabel, Univers, Monotype Old Style Bold Outline, Impact
Bell MT
Bell MT Bold, Gill Sans
Bembo, Aldine 401, Aetna
Gill Sans, Univers
Benguiat
Benguiat, Korinna
Berkeley Old Style
Berkeley Old Style, Bernhard Gothic, Kabel, Cable, Geometric 231, Frutiger, Humanist 777, Univers Extended, Lithos
Bernhard Gothic
Bembo, Bernhard Gothic Light, Bodoni, Caslon, Cheltenham, Garamond Antiqua, Goudy Old Style, Souvenir
Bernhard Modern
Bernhard Modern, Bernhard Gothic, Kabel, Bodoni, Metro, Geometric 415
Bodoni Poster, Bodoni Ultra
Bodoni
Bodoni
Elephant, Bernhard Gothic, Bodoni Bold, Bodoni Poster, Futura, Kabel
Book Antiqua, Palatino, Zapf Calligraphic
Eras Bold, Gill Sans Bold, Kabel, Lucida Sans Bold Italic, Univers extended, Lithos
Bookman Old Style
Bookman, Station, Kabel Bold, Shannon Extra Bold
Braggadocio
Futura
Brittanic Bold


Broadway
Berkeley OldStyle, Times New Roman, Geometric 231, Kabel, Geometric 415, Futura
Calisto
Gill Sans, Bernhard Gothic, Impact
Caslon
Caslon Bold Italic, Gill Sans, Univers, Genera
Castellar
Centaur, Venetian 301, Galliard
Centaur-MT, Venetian-301
Centaur, Castellar, Delphian
Century Schoolbook
Bold, Brittanic Bold, Elephant, Impact, Headline Bold
Charlemagne
Galliard, Trump Medieval, Kuenstler 480
Charter-ITC
Charter BT, Impact
Cheltenham, Cheltenham-ITC
Cheltenham, Franklin Gothic Heavy, Geometric 415, Gill Sans Bold, Shannon Extra Bold
City, Square Slabserif 711
City Bold, Lithos
Clarendon
Clarendon, Station
Clearface Gothic Bold
Bell MT
Colonna
Galliard
Cooper Black
Cooper, Souvenir
Cooper BT, Cooper
Cooper Black, Shannnon Extra Bold, VAG Rounded Black, Arial Rounded, Lithos
Copperplate
Galliard, Baskerville, Garamond, Revival 565, Berkeley OldStyle, Perpetua, Lapidary 333, Joanna, Cheltenham
Coronet, Ribbon 131, Monoline Script, Monotype Script
Arrus BT
Delphian
Centaur, Galliard
Desdemona
Korinna, Benguiat, Perpetua, Lapidary 333
Edda, Eckmann
Korinna, Benguiat, Perpetual, Lapidary 333
Elephant
Galliard
Ellington
Melior, Zapf Elliptical
English157, Palace-Script, Embassy, Nuptial


Eras Bold, Trump Medieval, Kuenstler 480
Eras
Footlight MT 
Footlight MT
Freehand 575, Freehand 591, Impress, Contemporary Brush,
Cooper, Souvenir, Cheltenham
Friz Quadrata
Lithos
Frutiger, Humanist 777
Charter BT, Melior, Zapf Elliptical, Amerigo, Times, Berkeley OldStyle, Imperial, Revival 565, Berling
Futura Condensed
Charter BT
Futura
Futura, Baskerville, Lithos, Serifa
Galliard-ITC
Elephant, Galliard Bold, Galliard B-Italic, Kabel, Univers extended Black, Impact, Lithos
Garamond, Garamond Antiqua ATT, Adobe Garamond, ITC Garamond
Bernhard Gothic, Futura, Garamond Bold, Garamond Bold Italic, Frutiger, Humanist 777, Copperplate, Charlemagne, Impact
Garth Graphic
Antique Olive, Gill Sans, Lucida Sans, Univers
Gill Sans, Humanist 521 Condensed
American Typewriter, Gill Sans, Bembo Humanist 521, Bembo, Caslon, Cheltenham, Cooper, Korinna, Souvenir, Times New Roman, Book Antiqua, Bookman, Lithos
Gill Sans, Humanist 521
American Typewriter, Gill Sans, Bembo Humanist 521, Bembo, Caslon, Cheltenham, Cooper, Korinna, Souvenir, Times New Roman, Book Antiqua, Bookman
Goudy-Handtooled
Goudy Old Style
Goudy-Old-Style
Albertus, Berhnard Gothic, Gill Sans, Kabel
Gradl
Korinna
Harrington
Korinna, . Cheltenham
Headline Bold


Humanist 970, Adsans
Cheltenham, Charter BT
Huxley Vertical
Amerigo, Arrus, Bernhard Modern, Galliard, Joanna, Perpetua
Impact, Placard-Bold-Helvetica-Inserat, Swiss-921, Swiss-911, Helvetica-Compressed
Agfa Wile Roman, Baskerville, Calisto, Century Schoolbook, Charter, Galliard, Garamond, Joanna, Trump Medieval
Imperial Roman
Black, Frutiger, Humanist 777
Ironwood, Cottonwood, Juniper, Mesquite, Ponderosa,
Ireland, Jupiter, Woodtype, Cottage, Posse
Joanna
Joanna, Bernhard Gothic, Gill Sans, Humanist 521, Impact, Huxley Vertical, Kabel, Metro
Kabel-ITC, Cabel, Geometric-231
Amerigo, Arrus, Bernhard Modern, Berkeley OldStyle, Baskerville, Bodoni, Bookman, Cheltenham, Galliard, Goudy Old Style, Book Antiqua, Joanna, Lithos
Kino
Centaur, Venetian 301, Trump Medieval
Korinna-ITC
Benguiat, Desdemona, Edda, Gill Sans, Gradl, Harrington, Korinna, Kabel, Bernhard Gothic, Shannon, Lucida Sans, Lithos
Letter Gothic, Letter Sans
Letter Sans
Lithos, Lithographc
Book Antiqua, Berkeley OldStyle, Galliard, City, Korinna, Futura, Kabel, Cheltenham
Lubalin Graph
Century Gothic, Lubalin Graph
Lucida Bright
Antique Olive, Eras, Lucida Sans, Lucida Bright, Lithos
Lucida Calligraphy Italic
Lucida Calligraphy Italic
Lucida Sans
Book Antiqua, Garth Graphic, Lucida Bright, Trump Mediaeval, Lithos
Lucida-Handwriting-italic
Cheltenham, Serifa
Lucida-Sans-Typewriter-Regular
Garth Graphic
Marigold
Centaur
Melior, Zapf-Elliptical, Utopia
Microstyle, Melior, Univers, Ellington Extra Bold
Metro, Geometric-415
Times New Roman, Metro, Bernhard Modern, Garamond
Microstyle, Eurostile
Microstyle, Melior
Minion
Gill Sans, Univers, Geometric 415
Mistral, Staccato-222
Amerigo BT, Arrus BT,
Monotype Corsiva, Zapf Chancery
Goudy OldStyle
Monotype Engravers
Amerigo, Galliard, Trump Medieval, Kuenstler 480, Centaur, Perpetua, Lapidary 333
Monotype Oldstyle Bold Outline
Baskerville, Times New Roman
Joanna
Joanna, Bernhard Gothic, Gill Sans, Humanist 521, Impact, Huxley Vertical, Kabel, Metro
Kabel-ITC, Cabel, Geometric-231
Amerigo, Arrus, Bernhard Modern, Berkeley OldStyle, Baskerville, Bodoni, Bookman, Cheltenham, Galliard, Goudy Old Style, Book Antiqua, Joanna, Lithos
Kino
Centaur, Venetian 301, Trump Medieval
Korinna-ITC
Benguiat, Desdemona, Edda, Gill Sans, Gradl, Harrington, Korinna, Kabel, Bernhard Gothic, Shannon, Lucida Sans, Lithos
Letter Gothic, Letter Sans
Letter Sans
Lithos, Lithographc
Book Antiqua, Berkeley OldStyle, Galliard, City, Korinna, Futura, Kabel, Cheltenham
Lubalin Graph
Century Gothic, Lubalin Graph
Lucida Bright
Antique Olive, Eras, Lucida Sans, Lucida Bright, Lithos
Lucida Calligraphy Italic
Lucida Calligraphy Italic
Lucida Sans
Book Antiqua, Garth Graphic, Lucida Bright, Trump Mediaeval, Lithos
Lucida-Handwriting-italic
Cheltenham, Serifa
Lucida-Sans-Typewriter-Regular
Garth Graphic
Marigold
Centaur
Melior, Zapf-Elliptical, Utopia
Microstyle, Melior, Univers, Ellington Extra Bold
Metro, Geometric-415
Times New Roman, Metro, Bernhard Modern, Garamond
Microstyle, Eurostile
Microstyle, Melior
Minion
Gill Sans, Univers, Geometric 415
Mistral, Staccato-222
Amerigo BT, Arrus BT,
Monotype Corsiva, Zapf Chancery
Goudy OldStyle
Monotype Engravers
Amerigo, Galliard, Trump Medieval, Kuenstler 480, Centaur, Perpetua, Lapidary 333
Monotype Oldstyle Bold Outline
Baskerville, Times New Roman
Neuland, Informal 011
Berkeley OldStyle, Charter BT, Galliard, Melior, Zapf Elliptical, Times New Roman, Trump Medieval, Revival 565, Berling, Cheltenham
New Berolina, Pepita
Benguiat, Galliard, Perpetua, Lapidary 333, Korinna
New Caledonia
New Caledonia Bold
Optima, Omega, Zapf Humanist
Melior, Zapf Elliptical, Baskerville, Goudy Old Style
OzHandicraft BT
Cheltehham
Parade
Bernhard Gothic, Futura, Geometric 415, Metro, Kabel, Cheltenham
Parisian
Galliard, Geometric 415, Metro, Kabel, Cable, Geometric 231, Bernhard Modern, Perpetua, Lapidary 333, Joanna
Perpetua, Lapidary-333
Perpetua, Lapidary 333, Parisian, Monotype Engravers, Geometric 415, Metro, Bernhard Gothic, Harrington, Desdemona, Edda
Photina
Melior, Zapf Elliptical
Playbill
Impact, Headline Bold, Placard Bold
Revival 565, Berling
Copperplate, Neuland, Informal 011, Bernhard Gothic, Futura, Frutiger, Humanist 777, Charlemagne, Impact
Rockwell, Memphis, Geometric-Slabserif-712, Geometric-Slabserif-703
Serifa, Futura, Joanna
Serifa
Serifa, Rockwell Extra Bold, Futura, Univers
Shannon ATT
Shannon, Albertus (heads), Bookman, Cheltenham, Cooper, Americana, Souvenir, Korinna
Snell Roundhand Bold
Centaur, Galliard
Souvenir
Souvenir Bold, Bold, Geometric 415, Bernhard Gothic, Antique Olive, Shannon Extra Bold, Gill Sans Bold, Lithos
Stencil
Clarendon, Cheltenham
Stop
Charter BT, Amerigo BT, Serifa, Melior, Zapf Elliptical
Tekton, Technical
Cheltenham
Times New Roman
Arial, Bernhard Gothic, Broadway, Futura, Gill Sans, Bold, Geometric 415, Metro, Monotype OldStyle Bold Outline, Neuland, Informal 011, Kabel, Impact, Frutiger, Humanist 777
Trajan
Galliard, Centaur
Trump Medieval, Kuenstler 480
Eras, Lucida Sans Bold Italic, Trump Mediaeval, Impact, Charlemagne, Kino, Humanist 777, Wide Latin
Umbra
Futura, Gill Sans
Univers Zurich Condensed
Baskerveille, Berkeley OldStyle, Bodoni, Calisto, Caslon, Melior, Galliard, Serifa, Times, Trump Mediaeval, Garth Graphic, Charter BT, Stop, Garamond,
Univers Extended, Zurich Extended
Baskerveille, Berkeley OldStyle, Bodoni, Calisto, Caslon, Melior, Galliard, Serifa, Times, Trump Mediaeval, Garth Graphic, Charter BT, Stop, Garamond,
Univers, Zurich
Baskerville, Berkeley OldStyle, Bodoni, Calisto, Caslon, Melior, Galliard, Serifa, Times, Trump Mediaeval, Garth Graphic, Charter BT, Stop, Garamond,
VAG Rounded, Arial Rounded
Amertican Typewriter, VAG Rounded, Arial, Cheltenham
Wide Latin
Trump Medieval, Amerigo, Agfa Wile Roman, Galliard, Times, Bell MT, New Caledonia
Sumber: Daniel Will Harris, Font Pairing,  http://www.will-harris.com/fontpair-d-i.htm
Catatan:
yang ditandai dengan warna merah adalah font yang aman dipakai sebagai body copy maupun sebagai heading. Yang bertanda bold adalah untuk heading.

Pairing dengan Harmoni

Kesesuaian antara font menyiratkan ada semacam kesepakatan bahwa dua font memiliki kesamaan yang umum. Pairing dengan keharmonisan boleh jadi sering diabaikan desainer, terutama karena sebagian besar desainer cenderung memilih kontras, misalnya heading jenis font sanserif, dan body copy adalah jenis font serif.
Namun jika pairing dengan harmoni dapat diakukan dengan benar, dengan memasangkan dua font serupa, akibatnya dapat menghasilkan tampilan yang sangat bersih, halus dan profesional.

(1) Pairing dengan Concord (harmoni) dengan jenis huruf (typeface) yang sama
Salah satu teknik yang baik dalam memasang agar font memperoleh  kerukunan/harmoni  adalah untuk menggabungkan dua font yang sama font-familynya. Anda sering dapat mencapai hasil yang baik dengan memilih font serif dan sans-serif yang termasuk ke dalam jenis huruf yang sama. Meskipun ini sering dapat dilakukan, namun cara lain adalah dengan memilih salah satu font dan membuat kontras halus melalui versi demi-bold atau semi-condensed untuk judul.

(2) Pairing dengan Concord (harmoni) dengan Font  yang Mirip
Memilih dua font serupa agar harmonis dapat diperoleh dengan memasangkan dua font-kategori yang sama bersama-sama (misalnya dari dua jenis serif).


      Sumber Howard, Joe (2013)

Ketika memilih dua font dari kategori yang sama, perhatikan bobot dan bentuknya untuk memastikan ada kesamaan dalam satu dan perbedaan yang lain. (mis bobot yang sama dengan bentuk kontras). Mari kita mulai dengan contoh kiri. Kedua font Sans-Serif dan memiliki sifat bentuk yang sama, yang memungkinkan mereka bekerja sama dengan baik. Tapi kita masih perlu ada titik perbedaan diantaranya, yaitu dengan menggunakan Bold PT Sans agar terlihat dominan di antara keduanya.

Sekarang ke contoh kedua. Keduanya font serif, yang dapat memberikan titik kesamaan. Ketika kedua jenis font jenis serif ini disatukan, muncul kebutuhan adanya sebuah font agar mendominasi yang lain, baik melalui bobotnya atau bentuknya, atau keduanya. Droid Serif adalah font yang agak ringan, mengesankan kontras yang jelas dari bold Cambria. Pertimbangan lain di sini adalah lebar kerning Cambria dan penekanan ketebalan yang jelas, yang membantu membedakan dirinya dari body copy. Dari kedua contoh ini, dimana dua font dari jenis huruf yang sama dipasangkan bersama, adalah sebuah praktik yang relatif umum pasangan font oleh desainer. Hasilnya adalah salah satu cara terbersih dari pasangan font yang mungkin dilaksanakan.

Contoh Penggunaan dua jenis font untuk cover buku (pairing dengan kontras) oleh Penulis


Pairing dengan Kontras

Jika Anda memasangkan Sebaliknya Anda harus memilih dua klasifikasi font yang berbeda. Hal ini dapat dicapai dengan beberapa cara yang berbeda, yang paling umum adalah untuk menggabungkan serif dengan sans-serif. Anda dapat menemukan kontras melalui kualitas font yang berbeda, seperti ukuran, gaya, berat, klasifikasi dan lain-lain.

 Kontras Style
Gaya font yang umum dikenal sebagai klasifikasi, seperti Monospace, Script, Slab-Serif, modern dan lain-lain. Ketika pasangan Sebaliknya Anda ingin memilih dua yang saling melengkapi.
 Kontras Ukuran
Tidak banyak untuk mengatakan di sini, menggabungkan font ukuran besar dengan yang kecil.
 Kontras Bobot atau Berat
Kontras bobot ini cukup banyak secara umum dipraktikkan, dan kebanyakan orang melakukannya tanpa berpikir. Menggunakan bobot adalah cara yang baik untuk mengembangkan hirarki visual melalui kedua judul dan sub-judul.
Kontras Bentuk
Kontras dengan bentuk adalah salah satu yang menarik. Jika Anda memasangkan dua font yang sama bersama-sama, memastikan ada kontras dalam proporsi. Ini bisa apa saja dari kerning, ke x-height. Dua contoh di bawah ini menunjukkan penggunaan pasangan Serif dan Sans-Serif font sebagai judul.
    Sumber Howard, Joe (2013)

Dapat kita pertimbangkan contoh yang di sebelah kiri. Rockwell dan PT Sans bekerja sama dengan baik karena kejelasan mereka dan bentuk yang sama. Meskipun kontras Blok-Serif (Rockwell) dan Sans-Serif (PT Sans) yang jelas, ada kontras halus lain seperti perbedaan alami dalam bobot dari dua font. Dalam hal ini, kita tidak perlu menggunakan font Rockwell dari serif berat yang mendominasi halaman. Sebuah serif yang diperbesar hampir selalu dapat mendominasi Sans-Serif secara visual.



Contoh font pairing dengan kontras, kesan: dingin, serius, dan tajam. sumber:https://www.pinterest.com/pin/382594930818149015/

Sekarang mari kita lihat contoh di sebelah kanan. Clarendon adalah jenis huruf yang sangat dominan, itulah sebabnya mengapa kita memilih untuk Clarendon light (terang) sebagai bodi copy. Kita bisa melihat bahwa bahkan dalam bentuk Clarendon light, Clarendon adalah font yang secara visual terlihat sangat berat. Untuk mengatasi ini, dan agar terdapat hirarki visual yang tepat untuk teks, maka dominasi sans-serif dapat digunakan, misalnya font Franklin Gothic, yang harus digunakan adalah Demi-Bold. Tapi itu bukan hanya tentang menciptakan kontras, dua font perlu berbagi beberapa kesamaan. Kedua font Clarendon dan Franklin Gothic terlihat memiliki karakter lebar dan kerning yang berbeda, dan dapat dipertanyakan kenapa mereka dapat bekerja sama dengan baik.

Memahami dan Bekerja secara otomatis melalui fasilitas font pairing di internet

Untuk bekerja otomatis, kita dapat menggunakan fasilitas Font Pairing di internet. Yaitu untuk mengetahui font pair dan karakter huruf dari sofware  Daniel Will Harris di
 http://www.esperfonto.com/

Caranya adalah sebagai berikut buka http://www.esperfonto.com/, kemudian centang atau klik kotak kesan font yang kita inginkan, misalnya kesan serius


kemudian klik “Search Font”, maka akan keluar tampilan berikut ini, yang sekaligus menampilkan font pairingnya.


Variasi lainnya adalah dengan mengetikkan font yang kita kenal di typeface Name (Optional), misalnya “book Antiqua”, 

kemudian klik “search font” maka akan keluar  kesan atau impresi dari font book antiqua secara umum , misalnya bahwa font book antiqua itu memberi kesan :

Businesslike
Classic
Elegant
Fancy
Serious
Stylish
Traditional


sekaligus memberi informasi bahwa font ini bisa dipakai untuk body copy dan display, dan pasangan huruf dari book antiqua adalah


Eras Bold, Gill Sans Bold, Kabel, Lucida Sans Bold Italic, Optima, Univers / Zurich extended, Genera Extended, Lithos



Sumber-Sumber Font Gratis dan Terbaru di Internet

Disamping sumber-sumber font yang tersedia di komputer, kita dapat memakai font-font terbaru yang tersedia di internet untuk desain yang kita buat. Umumnya font-font itu diklassifikasikan sesuai dengan pemakaiannya misalnya:

a)     Font jenis Sans-serif
b)     Font jenis Serif,
c)     Font untuk Display, misalnya untuk Poster, Headlines dan Titles
d)     Font untuk Skrip dan Kaligrafi Indah

Diantara sumber-sumber font tahun 2014, misalnya yang dapat diakses di situs ini yang penulis anggap terbaik
1.     1001 Fonts, di http://www.1001fonts.com/
2.     Dafont, di http://www.dafont.com/
3.     Font free, di http://www.wantedfonts.com/

Dibawah ini diperlihatkan ringkasan psikologi persepsi dan prinsip dasar pemakaian font yang dipergunakan 



Sumber:http://www.thirtyhandmadedays.com/2013/08/how_to_pair_fonts_together/


Manajemen Font

Font-font yang ada di komputer sebenarnya dapat dikelola, misalnya di tambah (dinstal), non-instal, atau untuk melihat persamaan antara font. Software untuk pengelolaan font ini ada yang tersedia secara gratis dan ada yang berbayar. Diantaranya adalah berikut ini.
  1. The Font Thing, adalah untuk melihat dan menginstal font, situsnya ada di   http://the-font-thing.en.softonic.com (gratis)
  2. Typograf, Software ini penting.untuk melihat persamaan (similarity), perbandingan (compare) diantara font yang terinstal  di komputer.  Dapat dilihat di situs http://download.cnet.com/Typograf/3000-2316_4-10015432.html (gratis)
  3. Yang lebih canggih adalah manajemen font yang disediakan oleh Window, yaitu FontExpert 2014, tetapi sayang software ini adalah trial, dan berbayar. di http://download.cnet.com/FontExpert-2014/3000-2316_4-10039182.html
  4. Untuk melihat beberapa sofware yang lain secara komprehensif lihat di : http://www.smashingmagazine.com/2008/09/05/25-font-management-tools-reviewed/
Terserah anda sofware mana yangakan anda pakai untuk manajemen font, tetapi penulis akhir-akhir ini suka menggunakan sofware Font Xplorer Lite, karena ringan dan praktis untuk melihat  font yang terinstal di komputer, sebelum menggunakan di Windows. Ada saja font yang terlihat  di sofware ini, tetapi di Windows tidak nampak, ini tanda font itu tidak kompatible dengan Windows yang kita pakai.

Pilihan Font untuk Efisiensi Pemakaian Kertas
 
Ada saatnya dimana kita memikirkan efisiensi pemakaian kertas untuk layout sebuah buku. Maka timbul pertanyaan.
  1. Mana font yang memenuhi syarat, untuk barang cetakan dan bebas dari masalah hak cipta font (sudah milik umum)
  2. Jenis font body copy (yaitu font san serif) yang memenuhi syarat, yaitu cukup kecil, tidak membuang banyak ruang dalam kertas, dan keterbacaannya masih jelas, jika dibandingkan dengan jenis time News Roman, 11 pt.
Untuk menjawab pertanyaan itu, penulis mengadakan percobaan dan penelitian kecil, pertama penulis  mencoba menggunakan beberapa font  body copy yang memenuhi syarat (warna merah) yang baik untuk barang cetakan. Kedua mencoba menggunakan untuk layout buku  ukuran B5, sekitar 270, halaman, yang bergerak dari ukuran 9 pt, 9,5 pt, 10, 10,5 pt, 11 pt. 
Dimana penentuan ukuran ini tergantung jenis huruf sehingga semua kelihatan mirip dalam besarannya. Hasilnya adalah berikut ini.

Font Palatino Roman Th, 10, pt adalah jenis font dapat menghemat kertas, sebab hanya menggunakan  sekitar 234 halaman B5sedangkan yang terbanyak membutuhkan kertas adalah Century Scholl SSi (269 hal) untuk naskah yang sama. (lihat tabel di bawah). 

Artinya, jika Anda menggunakan font Palatino Roman Th, 10 pt untuk body copy, Anda hanya membutuhkan  234 hal dari kertas ukuran B5. Tetapi jika menggunakan font century school ssi, membutuhkan 260 hal, untuk naskah yang sama. Biasanya pengambilan putusan ini beruku hubungan dengan harga buku. Dengan catatan perwajahan dan layout buku yang masih baik. Sebab ada juga penerbit yang tidak mempedulikn layout buku, sehingga font dari naskah di jejal ke dalam halaman buku. Pimpinan percetakan atau penerbit seperti ini adalah pimpinan yang tidak menghargai desain.

Anda dapat mengadakan percobaan sendiri, dan dengan adanya daftar ini, Anda tinggal menentukan font pairing (pasangannya) , yaitu font untuk heading dan sub heading.

Font dengan bold/ warna merah (ditebalkan) adalah font yang tidak banyak masalah untuk body copy.


Nama Font
Pt
 Hal
selisih
 Jenis F





Franklin Gothic
10
234
0
serif
Palatino Roman Th
10
234
0
serif
Gill-Sans MT
10,5
239
5

Miller Text
10
240
6

Optima
10
240
6

Myriad Pro Semi Ext
10
241
7
sans s
Franklin Gothic
10,5
241
7

Goudy Old Style
10,5
241
7
serif
Zapf-Elliptical
10
242
8
sans s
Calisto MT
10
242
8
serif
Calisto MT
10
242
8

Californian FB
10,5
242
8

Helvetica
10,5
242
8
sans s
Hofler Text
10,5
243
9

Myriad Pro Semi Bold
10,5
243
9
sans s
American Typewriter
9,5
243
9
serif
Source San Pro
10
244
10
sans s
Garamond
11
245
11
serif
Calisto MT
10,5
246
12
serif
Baskerville Old Face MT
11
246
12
serif
Gill-Sans
11
247
13

Bell MT
11
248
14
serif
Times New Roman
11
248
14
serif
Caslon
10,5
249
15
serif
Helvetica
11
250
16
sans s
Goudy Old Style
11
251
17
serif
ZapHumanis
10,5
251
17
sans s
Myriad Pro Semi Ext
10,5
251
17
sans s
Miller Text
10,5
252
18
semi s
Bodony
11
253
19
serif
Korina regular
10
253
19
sans s
Century Shcoolbook
11
253
19
semi s
Bodony
11
253
19
semi s
Zapf-Elliptical
10,5
254
20
sans s
Cheltham Normal
10,5
254
20
semi s
Baskerville Normal
11
257
23
serif
Minion Pro
10,5
259
25
serif
Century school ssi
11
260
26
semi s
Book Antiqua
11
269
35
serif

Catatan Akhir 
Artikel ini sama dengan tanya jawab seorang dokter dengan pasien di internet, sebab tanya jawab itu bukanlah untuk mengobati penyakit pasien. Penyakit yang parah hanya diketahui jika pasien konsultasi langsung atau menggunakan jasa seorang dokter. Oleh sebab itu pekerjaan yang profesional, hanya bisa dikerjakan oleh ahlinya. Termasuk juga pekerjaan-pekerjaan DKV. Jadi jika Anda memiliki pekerjaan yang tampilannya dapat terlihat profesional, gunakanlah jasa Desainer DKV.

Posting Komentar

Sering dilihat, yang lain mungkin penting