Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis blog ini

Jumat, 05 Mei 2023

MENGKONVERSIKAN VIDEO KE TEKS (TULISAN)

Oleh: Nasbahry Couto

PENGANTAR

Dengan munculnya TI  dan era digital maka semua yang pernah dikembangkan manusia  bisa ter-disrupsi (terganggu), mati bahkan punah. Menurut Dr. Primadi Tabrani  (yg Dosen penulis di ITB dulu di jurusan komunikasi). Sekitar tahun 70-an saat teknologi dan serbuan informasi  mulai merajai segala sesuatunya, maka kondisi itu bisa membuat manusia tidak berdaya  dan terjadilah atropi (kebekuan) pikiran manusia -- cerebral atrofi--atau hang (istilah komputer). Saat kini manusia lebih tersudut lagi,  semua yg ingin dikerjakan dan diketahui oleh oleh manusia sudah bisa dikelola oleh mesin dan komputer. Fungsi manusia dan kemanusiaan bisa jadi hilang atau tersingkir

Ada pikiran sebaliknya, bahwa mungkinkah ada manusia yang serba tahu dan sangat kuat? Yaitu tentang manusia super yg dapat  menguasai berbagai lmu. Itu hanya utopia. Superman seperti itu hanyalah khayalan tahun 60-an, yaitu di saat komputer belum ada. 

Pada masa kini pun orang tak ada yg menyamai kemampuan komputer dalam mengolah data. Dan mustahil manusia mampu menyimpan berbagai informasi di otaknya seperti komputer, karena bisa over loaded. Oleh karena itu menurut Primadi, walau komputer mengalahkan kemampuan manusia. Namun  dia hanya berfungsi sebagai alat bantu dan perpanjangan dari otak manusia misalnya big data yg ada di google atau internet. Mesin seperti pesawat dan mobil adalah perpanjangan anggota tubuh manusia.  Perpanjangan mulut sebagai alat kumunikasi seperi radio dan telpon serta hp. Jika ada orang yg mampu memanfaatkan semua perpanjangan ini secara efektif. Maka bukan berarti orang itu serba tahu atau superman. Justru seperti yg dikatakan Richard Dawkins dalam konsepnya tentang "meme", tak ada orang yg menciptakan ilmu di dunia ini. Ibarat makhluk hidup semua tercipta karena peniruan, tanaman;  manusia dan hewan adalah "mimesis" atau tiruan induknya, demikian juga ilmu pengetahuan menyebar melalui mimesis, imitasi.ilmu pengetahuan betkembang dan menyebar melalui peniruan. Dalam agama Islam diterangkan hanya Tuhan yg bisa disebut pencipta yg, lainnya mimesis.

Di tahun 70-an Dr. Primadi sudah menyebut agar tidak terjadi kebekuan atau atropi manusia haruslah kreatip atau sebagai pembelajar kreatif. Mampu berkelit dan  keluar dari kepungan informasi. Dan justru memainkan informasi itu dengan mudah. Namun masih ada saja manusia yg bingung dan berada dalam kepungan informasi dan terdisrupsi serta mengalami entropi. Mereka bukan saja mengurung diri dan memproteksi dari semua pengaruh luar, dan mengganggap kebenaran itu  hanya yang bersumber dari dirinya. Ini salah satu bentuk antropi kata Primadi. Namun sebagian manusia mampu beradaptasi dalam berbagai situasi kehidupan. Salah satu contoh adalah generasi baby boomers (kelahiran thn 1946-1964  dengan cepat pula memahami  perkembangan teknologi dan aplikasi praktisnya. Pada saat mereka kuliah dahulu,  umumnya tak mempelajari apa yg ada pada masa kini. Sebagai contoh mereka lulus dari PT akhir tahun 70an. Dan komputer itu sendiri  baru muncul tahun 84 dan dikembangkan akhir tahun 80an oleh Apel dan Machintos mengalami perkembangan luarbiasa awal thn 2000-an Dalam kenyataannya sebagian dari generasi boomer  ini betul2 gatek tapi sebagian lagi dapat mengikuti zaman. Mereka juga ada yang mampu beradaptasi secara lentur dan kreatip. Tidak putus2-nya belajar misalnya di bidang aplikasi (software) dan media (hardware).  Saat awal perkembangan komputer serta filosofi teknologi, mereka belajar menguasai wordstar, lotus, bhs.programer de base dsb. Pada tahun 91 pada tahun 92-93 hal itu sudah dianggap canggih walau semua aplikasi itu tak dikenali dan terpakai lagi oleh generasi sekarang.

Adaptasi itu terus berlangsung sampai  ke aplikasi terkini abad ke 21 jh seperti ms work, exel, adobe indesign, corel draw, autocad, dsb. Bahkan teknik penulisan yg sudah serba otomatis,  otomatisasi membuat daftar literatur, sampai kepandaian membobol informasi berbayar di institusi referensi dunia dan yg memungkinkan berbagai informasi diperoleh. Dan kepandaian memahami penggunaan  berbagai program yg  multi-player dipakai saat bekerja, menulis buku, melukis, menggambar dan membuat animasi dan video. Suatu kemampuan yg mencengangkan dan yang mana talenta ini sebenarnya membutuhkan latihan bertahun-tahun.

Mereka yg mampu beradaptasi ini juga mengembangkan kemampuan menulis di dunia maya, membuat dan menyusun jaringan  blog, membuat link di dunia maya dan sebagainya. Bahkan mereka juga ada  dan tidak kalah dengan generasi Alfa (kelahiran 2013-2025) masa kini yg mungkin sepantar cucu atau piutnya.

Kesimpulannya bahwa sebagian  manusia pada masa kini hidupnya terkurung dan banyak mengurung diri dalam rumahnya. Berpikir negatif dan cemburu terhadap perkembangan yg ada. Mudah terusik kemapanannya oleh serbuan informasi di medsos. Terdisrupsi dan mengalami atropi karena ketidak mampuannya beradaptasi dengan teknologi yg berkembang. Oleh karena itu harus belajar dan beradaptasi. Walau yg dipelajari itu hal kecil.

MENGKONVERSIKAN FILE

Banyak guru, dosen atau mahasiswa dan siswa memiliki  rekaman video tapi kurang trampil  cara merubahnya menjadi teks tertulis yg diperlukan oleh mereka untuk membacanya tertulis dan atau untuk membuat laporan.Kalau disalin melalui mendengar tentu sulit dan lama.

Umumnya mereka menerima video dalam dua bentuk yang pertama yg dapat diketahui alamat situs atau linknya misalnya video dari Youtube,Tiktok,  Instagram dsb. Dan yg kedua file video yg tidak dikenal alamat situsnya, yaitu file copian, unduhan misalnya rekaman dari kuliah tatap muka dan daring, seminar atau zoom) dsb. Yg di tempatkann pada folder tertentu di hp atau laptop kita. Untuk jenis file pertama itu tidak sulit kita bisa menggunakan aplikasi  anthiago  untuk mengkonversikannya. Alamat situs anthiago ini  adalah

https://anthiago.com/transkrip/

setelah situs ini dibuka cukup  memasukkan alamat video you tube atau tiktok ke kolom yg tersedia dan dalam beberapa detik file youtube itu dapat dikonversikannya ke  teks (tulisan).

Untuk file jenis keua, sebetulnya juga mudah. Cari saja program aplikasi di play store atau internet yg berbayar bulanan atau tahunan dan konversi itu dapat dilakukan secara otomatis. Tapi tidak semua orang punya uang untuk konversi ini . Solusi lain adalah mereka dapat mengkonversikannya t⁷etapi dalam konversi dua tahap. Yaitu tahap I. Merubah file video (mp4) ke audio (mp3) selanjutnya pada tahap II menkonversikan file audio (mp3) itu tadi ke file teks biasa.

Di bawah ini adalah sedikit pengalaman penulis yg dapat di share tentang bagaimana merubah  file video (mp4) ke teks.

KONVERSI VIDEO DENGAN APLIKASI ANTHIAGO ATAU FILE VIDEO YG DIKETAHUI ALAMAT SITUSNYA

1. Buka alamat situs anthiago



2. Scoll ke bawah dan temukan kotak yg
akan diisi dg alamat situs file yg akan di konversi



3. Stel bahasa yg di gunakan dan isi kotak dengan alamat situs file




4. Konversikan fike video dan lihat serta copy hasil konversi



KONVERSI VIDEO DUA TAHAP DARI FILE VIDEO YG TANPA SITUS ( FILE YG TERSIMPAN DI KOMPUTER ATAU HP)
TAHAP I: MERUBAH FILE VIDEO (MP KE AUDIO


Pertama siapkan video yang akan  dikonversikan itu dan mengetahui dimana letak video tersebut. Sy menggunkan hp samsung galaxi A12. Letak file video itu adalah di lokasi di bawah ini.


Gbr.1 lokasi file

Klik folder ini (lingkaran merah). Setelah itu terbuka  folder2 di bawah dan klik folder video



Gbr. 2 folder video di hp samsung

Setelah folder video di buka maka lihat file video yg akan dikonversikan.

Setelah file yg akan di konversikan diketahui tempatnya. Maka sekarang ke tahap -2 yaitu memilih aplikasi yg akan di pakai disini terdapat dua tahap. Pertama konversikan file video mp4 ke mp3. Atau bisa juga mengkonversikan langsung satu tahap saja dari file video mp4 ke file teks. Tapi lebih mudah dua tahap. Konvrsikan lebih dulu file video  yg mp4 itu ke file audio mp3. Baru kemudian file mp3 itu dikonversikan ke teks. Caranya adalah sebagai berikut.
Cari aplikasi gratis online di crome atau google ketik

"merubah file video ke mp3"

Akan muncul pilihan aplikasi yg tersedia di google misalnya sbb: situs convertio.com dan vifeoedit.com. keduanya bisa dipakai sebagai coverter mp4 (video) ke mp3 (audio). Dalam hal ino kita pilih cobertio sbb:


Gbr 3. Aplikasi konvertio dan box file untuk perintah pencarian file yg akan dikonversi

Selanjutnya

• Pilih file di box file
• Pilih video


Gbr 4.Klik folder video (mp4)  di hp untuk mencari file yg akan dikonversi ke mp3 (audio)

Setelah video di klik maka pilih video yg akan di konversikan misalnya video yg menjelaskan penyakit diabetes.



Gbr. 5 file video (mp4) yg akan dikonversi ttg diabetes

• Tekan konversi setelah itu akan terjadi konversi

Gbr.6 Klik konversi

• Konversi itu kemudian di download
Dalam folder terlihat  file mp3 yg sudah jadi audio (gbr 7)


Gbr.7. File video (mp4) yg sudah dikonversi ke mp3

TAHAP II MERUBAH FILE AUDIO (MP3) ke TEKS YG BISA DI BACA

Sesudah ini kita akan merubah file mp3 ini menjadi teks. Langkanya kita kembali mencari aplikasi yg akan.merubah mp3 ini menjadi file teks sebagai berikut:
Ketik di google

  " mp4 ke mp3"
Dan kemudian pilih aplikasi yg ingin dipakai antara lain


Gbr. 8. Mencari file konversi file  audio ke teks yg disukai

Setelah dipilih jalankan langkah seperti sebelumnya antara lain
  • Memasukkan file mp3  ke konverter gratis online yg dipilih
  • Mengklik konvert
  • Menunggu proses
  • Memdownload hasil konverter


Gbr.9 Pada Convwrter App. Tombol of harus di on kan dahulu

Gbr. 10. Proses uploading file

Gbr. 11. Proses converting


Gbr. 12. Kemudian unduh

Sebenarnya banyak aplikasi lain dapat kita pakai. Tetapi sebagai contoh konversi. Program ini cukup memadai. Dan jangan lupa untuk mengedit lagi hasil konversi sebab  hasil konversi ke tek kadang ada kata yg terputus dan berbeda sehingga kita dapat hasil yg sempurna.

SELAMAT BELAJAR SEMOGA BERMINAT DAN JIKA TERTARIĶ BISA JALURVJAPRI  KE WA ATAU KE FACE BOOK🙏🙏

Kita dapat membandingkan fie aslinyķa yg video fengan hasil konversi ke teks lihat file aslinya sebagai berikut

File video asli




Hasil konversi ke teks ( harus di edit lagi sebab sering salah kata akibat salah koversi)

DIABETES TIPE II

Penyakit ini lebih berbahaya daripada COVID-19, mengerikan dan belum ada obatnya. Penyakit ini menyebakan kebutaan, merusak ginjal, merusak jantung, merusak syaraf, kadang menyebakan penferita harus memotong kakinya. 500 juta orang di seluruh dunia dijangkiti penyakit ini dan diramalkan akan terus bertambah.

Saya yakin saudara sudah bisa menebak apa nama penyakit ini. Ya, diabetes atau kencing malis, kususnya tipa yang kedua. Jangan skip fie ini, karena mungkin bisa melaloskan anda dari penyakit yang mengerikan ini. Sementara anda sedang makan siang, maka makan anda terutama karbohidrat, akan diubah menjadi glukosas, dan kemudian beredar-edar di dalam pembulu darah anda. Ini tentu tidak baik, glukosa itu harus segera dimasukan ke dalam sel anda.

Karena glukosaa itu adalah bensin bagi sel anda. Sayangnya glukosa itu tidak bisa masuk sendiri ke dalam sel dia perlu bantuan. Sementara gula dalam pembuluh darah anda masih beredar-edar, anda tiba pula pisang goreng tiga biji. Kini gula dalam darah anda semakin tinggi, lalu tubuh panik dan segera mengirim pasukan kusus yang akan menambah insulin.
Dan insulin segera berangkat ke darah tetapi, bayangkan insulin anda itu seperti robot dengan dua buah tangan. Lalu dengan satu tangan dia tingkatkan glukosa, satu tangan yang lain dia membuka pintu sel anda. Lalu dengan giat dia memasukan glukoda ke dalam sel anda, lalu kemudian dia tutup pintunya. Selesai sudah pekerjaannya, gula di dalam darah anda kembali turun, tubuh pun lega. Anda pun lega, langsung pergi ke mall, pesan pizza, soft drink, tambah, eskrim tidak lupa bungkus cheese cake untuk snack nanti malam di rumah. Gak apalah, kan ada insulin sampai satu hari anda sedang makan donut dengan  temen-menisama milisiek. Lalu kemudian gula anda tiba-tiba melancat tinggi, tubuh panik lagi, kini insulin, insulin segera menuju ke ppmbuluh darah anda. Lalu kemudian satu tangan dia genggam glukosa, satu tangan dia membuka pintu sel.
Eh mana kenopnya? Lolos, karena tertutup sama lemak yang terbang, sel-sel anda gendut-gendut, karena tempukan lemak yang put yang anda makan setiap hari. Lalu dengan sedih, insulin terpaksa melepaskan glukosa dari genggamannya dan mengatakan maaf, saya tidak berhasil menemukan tempat untuk menghasilkan insulin dan terus beredar di pembuluh darah. Lalu pulang dg sedih, insulin dengan sedih dan kecewa istilah kerennya adalah insulin resistence. Sementara gula dalam darah anda tidak bisa masuk ke dalam sel, anda tambah bakmi dua mangkok, gula dalam darah anda semakin menggila.

Ujung-ujungnya, doktor mengatakan selamat ya anda sudah menjadi penderita, kecing manis, penyakit orang kaya. Saya ingin tanya, kalau sudah demikian, siapa yang salah? Insulin tentu tidak.
Kesalahan itu ada pada mulut kita yang tidak berhenti makan. Kesalahan itu ada pada kita suka makan,  solusinya sederhana. Satu, belajar puasa, lakukan intermittent fasting, tonton video saya tentang intermittent fasting, saat anda puasa tubuh anda akan membakar lemak-lemak jahat yang menutupi sel-sel di tubuh anda.
Yang kedua, makan makanan yang utuh, jauhi, jangput, makan ini dan jangan makan ini.Makan ini dan jangan makan ini. Makan ini dan jangan makan ini.
Yang ketiga, hindari gula putih, dan semua makanan yang ditambahkan gula  putih atau eat sugar, hindari semua makanan yang dibungkus dengan plastik oleh manusia di supermarket.
Yang keempat, hindari makanan yang terdiri dari tiga sekawan yang mengnerikan ini, yaitu gula, tepung, dan susu seperti ini, dan ini dan ini dan teman-temannya.
Kelima, ini yang paling penting, anda harus berolahraga tiap hari, jalan kaki minimum 30 menit, maka tubuh akan membakar lemak-lemak di dalam sel-anda, maka sel di dalam tubuh anda akan imut-imut lagi, dan insulin akan dengan mudah membuka pintu sel-anda.
Yang keenam jangan lupa follow channel ini. Sehat ini sederhana, bukan?

catatan:

Seluruh tulisan di artikel ini sudah dikerjakan hanya dengan hp yaitu  hp Samsung Galaxy A12.  termasuk editing teks, eduting gambar gambar dsb. Dan tidak lagi memakai laptop atau PC jadi bekerja bisa dimana saja.






Tidak ada komentar:

Sering dilihat, yang lain mungkin penting